Penulis: Aulia Elsa | Editor: Aufia

Bund, tanda-tanda hamil muda memang terkadang sulit dikenali. Lucunya, terkadang ada yang tidak sadar kalau sedang hamil. Apalagi bagi Bunda yang baru pertama kali mengandung!

Bahkan malah ada yang menganggapnya sebagai tanda datang bulan. Maklum Bund, karena ciri-ciri hamil muda dan pra menstruasi agak mirip. Padahal kalau Bunda bisa lebih teliti dan lebih memahaminya, ada perbedaan mencolok diantara keduanya.

Uniknya, tanda kehamilan yang muncul antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda, loh Bund! Namun, biasanya tanda yang muncul mulai dari perubahan emosi, fisik sampai kebiasaan. 

Penasaran kan, kira-kira apa saja ciri-ciri hamil muda yang bisa dirasakan saat kandungan memasuki usia 2 minggu? Nah, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya di bawah ini ya! Jangan sampai ada yang terlewat!

1. Mudah Lelah

Selain mengalami perubahan hormon, saat hamil tubuh juga akan memproduksi lebih banyak darah. Gunanya untuk membawa nutrisi bagi janin dalam kandungan. Oleh karena itu, secara tidak langsung gula darah dan tekanan darah juga semakin menurun.

Makanya Bunda akan mudah lelah dan sering lemah di saat awal kehamilan. Nah, biar nggak terlalu capek, Bunda perlu lebih banyak istirahat!

2. Mengalami Keputihan

Saat hamil, biasanya Bunda juga akan mengalami keputihan lebih banyak dari biasanya. Tak perlu khawatir Bund, kondisi ini normal dialami para Bunda yang sedang hamil muda, kokJika sedang mengalami keputihan, Bunda cukup bersihkan area organ intim secara rutin agar tidak menimbulkan infeksi.

Baca Juga: Catat Bund! Ini Perbedaan Keputihan Mau Haid dan Tanda Hamil

3. Morning Sickness

Morning sickness atau mual bisa jadi salah satu ciri-ciri hamil 2 minggu yang sering dialami banyak perempuan. Kondisi ini bisa berlangsung dari awal kehamilan sampai minggu kedua belas. Namun, ada juga yang sampai akhir trimester kedua, tergantung dari perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh.

Untuk mengatasi morning sickness ini Bunda bisa menghindari makanan beraroma tertentu yang menyebabkan mual. Dan jangan lupa, sering-sering mengkonsumsi air putih ya!

4. Penciuman Sensitif

Di masa awal kehamilan, biasanya indra penciuman juga menjadi lebih sensitif, Bund. Hal ini dikarenakan pengaruh hormon estrogen yang dapat meningkatkan kemampuan indra penciuman. Kondisi ini juga yang memicu morning sickness, namun tidak berlaku bagi Bunda yang mengalami anosmia (orang yang mengalami kehilangan kemampuan indra penciuman).

5. Nafsu Makan Berubah

ciri-ciri hamil 2 minggu

Memasuki usia kehamilan 2 minggu, biasanya nafsu makan akan berubah. Indera pengecap juga jadi lebih sensitif terhadap berbagai jenis makanan.

Biasanya makanan yang umami seperti makanan pedas atau beraroma khas bisa membuat Bunda kehilangan nafsu makan. Namun ada juga yang justru mengalami lonjakan nafsu makan. Hal ini tergantung dari perubahan hormon yang terjadi.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 1 dan 2 Bulan

6. Perut Mengalami Kram

perubahan miss v setelah berhubungan

Saat awal kehamilan, Bunda akan mengalami kram perut dengan frekuensi kram yang lebih sering. Bahkan tidak jarang kalau kram dibarengi dengan kontraksi setiap 5-20 menit sekali. Kalau dirasa kramnya cukup parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan agar bisa ditangani dengan baik!

7. Sering Buang Air Kecil

Hormon juga mempengaruhi frekuensi buang air kecil. Selain itu kondisi ini juga disebabkan karena rahim yang membesar menekan kandung kencing. Jadi kalau Bunda sedang promil dan sering kebelet buang air kecil, ada baiknya segera cek kehamilan. 

8. Payudara Terasa Sakit

ciri-ciri hamil 2 minggu

Payudara terasa sakit saat promil? Bisa jadi Bunda sedang mengalami fase awal kehamilan (hamil muda). Kondisi ini terjadi karena tubuh mulai mempersiapkan payudara untuk menyusui. Kemudian selama trimester pertama puting susu dan areola payudara akan terlihat lebih gelap. 

Nah, kalau Bunda sudah dinyatakan positif hamil, Bunda harus melakukan perawatan payudara dan persiapan menyusui. Misalnya menjaga kebersihan puting dan memperbanyak info tentang laktasi. Supaya nanti setelah melahirkan, produksi asi melimpah.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Ini Perbedaan Nyeri Payudara Saat PMS dan Tanda Kehamilan

9. Libido Meningkat

tanda orgasme pada wanita

Tahu nggak Bund, perubahan hormon sebelum periode ovulasi juga dapat meningkatkan libido. Kondisi ini akan terjadi selama masa subur dalam siklus Bunda. Nah, kalau Bunda mengalami peningkatan gairah untuk berhubungan seksual, bisa jadi Bunda mendekati masa ovulasi.

10. Nyeri Panggul

ciri-ciri hamil 2 minggu

Nyeri ovulasi atau nyeri di awal kehamilan rasanya mirip seperti nyeri haid. Bedanya nyeri panggul saat kandungan memasuki usia dua minggu tidak berlangsung lama. 

Nyeri ovulasi terjadi saat ovarium melepaskan sel telur. Biasanya Bunda hanya akan merasakan sakit atau nyeri di satu sisi perut sana. Namun, tidak semua wanita mengalaminya ya Bund!

Baca Juga: Mau Cek Kehamilan? Inilah 8 Merk Test Pack Terakurat yang Bisa Dicoba!

Itulah beberapa ciri-ciri hamil 2 minggu yang jarang Bunda sadari. Setelah membacanya, diharapkan Bunda bisa lebih memahami tanda-tanda awal kehamilan agar Bunda bisa mempersiapkan dan menjaganya. Semoga bermanfaat ya, Bund!

Sumber