Penulis: Siti Rulli | Editor: Aufia

Kemandulan atau infertilitas merupakan gangguan kesuburan pada seseorang yang membuatnya sulit mendapatkan anak. Kondisi ini bisa dialami baik wanita maupun pria. Kemandulan pada wanita dapat disebabkan karena berbagai faktor, dari riwayat penyakit turunan hingga gejala kelainan hormon.

Sebenarnya tidak ada tanda-tanda kemandulan secara pasti. Satu-satunya cara untuk mengetahui kemandulan pada wanita adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Namun, beberapa gejala bisa meningkatkan risiko kemandulan.

Sehingga, jika mengalami gejala tersebut bisa langsung periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut agar kedepannya bisa memulai promil dan memiliki momongan.

Lantas, apa saja ciri-ciri mandul pada wanita yang harus diwaspadai? Yuk, simak!

8 Ciri-Ciri Mandul pada Wanita

1. Nyeri Ketika Berhubungan Intim

Beberapa wanita kerap meyakinkan diri sendiri bahwa nyeri ketika berhubungan intim merupakan hal yang normal. Padahal kondisi tersebut bisa jadi salah satu pertanda kemandulan pada wanita.

Kondisi yang dalam dunia medis disebut dyspareunia ini kerap muncul sebagai gejala penyakit yang berhubungan dengan kesuburan wanita. Beberapa diantaranya adalah endometriosis (kista coklat), infeksi vagina, masalah hormon, mioma rahim, serta fibroid rahim

2. Terjadi Masalah Pada Siklus Haid

Siklus haid yang normal umumnya berlangsung antara 21-35 hari. Siklus haid yang terlalu lama (lebih dari 35 hari), siklus yang terlalu pendek (kurang dari 21 hari), ataupun haid tidak teratur bisa menjadi ciri-ciri mandul pada wanita.

Melansir dari laman Healthline, kondisi ini bisa dipicu oleh beberapa hal. Bisa karena stress, ketidakseimbangan hormon, hingga adanya sindrom ovarium polikistik (PCOS). Ketiga hal tersebut bisa pengaruhi kesuburan wanita.

3. Masalah Pada Berat Badan

Pola hidup yang buruk juga dapat berkontribusi pada infertilitas, lho Bund! Kegemukan atau obesitas bisa memengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menyatakan bahwa wanita yang obesitas akan mengalami penurunan ovulasi.

Bukan hanya obesitas saja, terlalu kurus; penderita anoreksia; serta wanita yang menjalankan diet super ketat juga beresiko mengalami kemandulan. So, selalu terapkan pola hidup sehat, ya! Supaya berat badan tetap ideal.

4. Penyakit Endometriosis

8 Ciri-Ciri Mandul pada Wanita, Salah Satunya Endometriosis - Endometriosis

Sudah tahu apa itu Endometriosis? Endometriosis atau kista coklat merupakan salah satu penyakit reproduksi wanita dimana jaringan endometrium yang seharusnya melapisi dinding rahim justru tumbuh di luar rahim.

Peradangan akibat endometriosis ini bisa menurunkan kualitas sel telur dan merusak sperma. Sehingga dapat mengganggu kesuburan dan menghalangi pembuahan.

Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala berikut:

    • Nyeri yang hebat pada perut bagian bawah terutama saat PMS dan haid
    • Volume darah yang berlebihan saat haid
    • Nyeri panggul saat haid
    • Nyeri setelah berhubungan intim
    • Perdarahan di luar siklus haid
    • Miss V sakit ketika buang air kecil
    • Sulit BAB
    • Perut kembung, sembelit, diare, dan mudah lelah ketika haid

Kista Endometriosis tidak dapat disembuhkan secara menyeluruh namun bisa ditangani sesuai tingkat keparahannya. Penanganannya mulai dari konsumsi painkiller, konsumsi obat hormonal, hingga pembedahan. Oleh karena itu, segera hubungi dokter jika merasakan gejala di atas, agar segera mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

5. Darah Haid Memiliki Warna Pucat Atau Gelap

8 Ciri-Ciri Mandul pada Wanita, Salah Satunya Endometriosis - Darah Berwarna lebih gelap atau muda

Normalnya, darah haid berwarna merah terang pada hari-hari awal. Hal ini merupakan tanda bahwa darah tersebut masih segar. Kemudian warna darah akan menggelap seiring berjalannya periode haid.

Bunda perlu waspada jika darah haid terlihat lebih pucat, karena kondisi ini bisa jadi salah satu ciri infertilitas. Sementara itu, jika darah pada hari pertama haid berwarna gelap seperti endapan, bisa jadi hal tersebut merupakan gejala endometriosis. Sebaiknya, segera konsultasi ke dokter kandungan jika warna dan tekstur darah haid tidak seperti biasanya.

6. Adanya Kelainan Hormon

Dalam beberapa kasus, ketidakseimbangan hormon bisa memengaruhi kesuburan wanita, lho Bund! Umumnya kondisi ini ditandai dengan berbagai gejala berikut:

    • Keluarnya cairan atau nanah pada area puting.
    • Rambut mulai menipis.
    • Tangan dan kaki terasa dingin.
    • Muncul jerawat parah.
    • Berat badan naik atau turun tanpa sebab.
    • Kehilangan hasrat berhubungan intim.
    • Tumbuh jenggot atau kumis

7. Infeksi Saluran Reproduksi

8 Ciri-Ciri Mandul pada Wanita, Salah Satunya Endometriosis - Infeksi Saluran Reproduksi

Memang, kemandulan tidak selalu ditandai dengan infeksi saluran reproduksi. Namun, infeksi yang menyerang organ genital ini dapat merusak tuba falopi dan rahim.

Beberapa infeksi saluran reproduksi yang bisa tingkatkan risiko kemandulan antara lain:

    • Infeksi saluran kemih
    • Chlamydia (penyakit menular seksual karena infeksi bakteri Chlamydia trachomatis)
    • Gonore (penyakit menular seksual karena infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae)

8. Adanya Riwayat Penyakit Tertentu

8 Ciri-Ciri Mandul pada Wanita, Salah Satunya Endometriosis - Riwayat Penyakit Tertentu

Tidak hanya endometriosis saja yang bisa memengaruhi kesuburan. Risiko kemandulan bisa jadi lebih besar jika seorang wanita pernah didiagnosa memiliki penyakit berikut:

    • Kegagalan autoimun pada sistem reproduksi, misalnya PCOS
    • Riwayat penyakit kanker
    • Kerusakan pada indung telur (ovarium)
    • Menopause dini

Itu dia 8 ciri-ciri mandul pada wanita yang wajib Bunda waspadai. Tapi perlu diingat Bund, meski memiliki iri diatas, bukan berarti tidak bisa hamil. Dengan perawatan yang tepat, kemungkinan hamil masih terbuka.

So, segera periksa ke dokter jika Bunda mengalami gejala di atas atau merasa ada yang tidak beres dengan siklus haid. Tujuannya supaya mendapat diagnosa dan penanganan yang tepat.

Baca Juga:

Sumber