Penulis: Diana | Editor: Aufia

Bunda dan Ayah pasti sudah tau bahwa Islam sangatlah melarang umatnya untuk menjadi orang munafik. Siapakah orang munafik itu? Orang munafik adalah orang yang memperlihatkan sesuatu yang sejalan dengan kebenaran di hadapan banyak manusia, yang padahal kondisi batin atau perbuatannya tidak sejalan dengan yang ditunjukkan.

Atau biasa lebih mudahnya orang munafik dikenal dengan penuh kepura-puraan dikarenakan apa yang mereka ucapkan tidak sesuai dengan yang ada di hatinya. Dengan begitulah, Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW sangat tidak menyukai orang-orang munafik dikarenakan mereka penuh dengan dusta dan bahkan suka berkhianat.

Maka dari itu, sebaiknya Bunda mengetahui ya apa saja ciri-ciri orang munafik yang bisa Bunda simak di rangkuman Catatan Bunda ini ya.

Ciri Orang Munafik Berdasarkan Hadits

Seseorang bisa disebut sebagai sosok yang munafik berdasarkan beberapa ciri. Adapun inilah ciri orang munafik yang dikutip dari sebuah hadits Rasulullah SAW. 

Dari Abdullah bin Amr RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa tertanam dalam dirinya empat hal, maka dirinya adalah benar-benar orang munafik sejati, dan barangsiapa dalam dirinya terdapat salah satu juga dari empat hal itu, maka dirinya juga tertanam kemunafikan sehingga ia meninggalkannya, (yaitu) 1) Apabila berbicara, dia berdusta (2) Apabila membuat kesepakatan ia mengkhianati (3)  Apabila berjanji ia mengingkari (4) apabila berdebat ia tidak jujur.”

Jika dilihat dari ciri-ciri orang munafik tersebut, maka setiap umat Muslim seharusnya berhati-hati ketika bersikap sehingga Bunda bisa menjauhkan sifat atau orang munafik di sekitar.

Ciri-Ciri Orang Munafik Berdasarkan Al-Qur’an

Jika tadi dilihat ciri-cirinya berdasarkan hadits, maka sekarang berdasarkan Al-Qur’an yang dijabarkan menjadi lebih luas ya Bund. Yuk simak.

1. Suka Berdusta

Apapun yang dilakukan dan diucapkannya pasti mengandung kebohongan. Adapun dalam surat Al-Munafikun, Allah berfirman:

“Apabila orang-orang munafik datang kepadamu, mereka berkata: “Kami mengakui, bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasul Allah.” dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya kamu benar-benar Rasulnya; dan Allah mengetahui bahwa sesungguhnya orang-orang munafik itu benar-benar seorang pendusta.”

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan rasulullah dalam hadits, yaitu  “Tanda orang munafik ada tiga yang salah satunya adalah jika berbicara, dia berdusta.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Sering Ingkar Janji

Untuk ciri orang munafik selanjutnya adalah orang-orang yang sering mengingkari janji mereka dan tidak menepatinya. Allah SWT sangat tidak menyukai dan membenci hal tersebut. Hal inilah yang dijelaskan juga dalam Al-Qur’an, yaitu:

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah. Apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpahmu itu, adapun setelah meneguhkannya, sedangkan kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.” (Qs. An-Nahl: 91) 

Orang munafik juga biasanya melakukan sumpah palsu, sebagaimana dijelaskan oleh Allah Allah dalam Surat AL-Munafiqun ayat 2, artinya:

Mereka itu menjadikan sumpah mereka sebagai perisai, lalu mereka menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Sesungguhnya amat buruklah apa yang telah mereka kerjakan.

3. Berkhianat

Sisi lain, orang munafik juga suka berkhianat, jadi ketika dia diberikan amanah atau kepercayaan tertentu. Mereka dengan mudah untuk mengingkari dan menghancurkannya. Padahal, Allah SWT sudah menjelaskan bahwa jika seorang Muslim telah diberikan amanat, maka wajib untuknya untuk menyampaikannya. 

Hal ini disampaikan oleh Allah dalam surat An-Nisa ayat 58, yang artinya:

“Sesungguhnya Allah menyuruh kalian menyampaikan amanat kepada yang berhak untuk menerimanya…”

4. Menipu

Ciri orang munafik selanjutnya adalah melakukan tipu daya. Mereka sering menampakkan kebaikan di hadapan orang lain, namun kenyataannya hatinya busuk. Biasanya mereka melakukan hal tersebut hanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan saja. 

Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an ayat 8 – 10 yang mempunyai arti:

“Dan di antara manusia ada yang berkata, “ Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka bukanlah orang-orang yang beriman. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari. Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah menambah penyakitnya itu, dan mereka mendapatkan azab yang pedih, karena mereka berdusta.”

Tak hanya itu, orang munafik juga hendak menipu Allah. Sebagaimana dalam surat An-Nisa ayat 142:

“Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud ria (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.” (QS. An-Nisa: 142)

5. Pintar Berbicara

Inilah salah satu sifat orang munafik yang harus diwaspadai karena mungkin kita akan terkecoh untuk membedakannya. Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh yang paling aku khawatirkan atas kalian semua sepeninggalku adalah orang munafik yang pintar berbicara.” (HR At-Tabrani)

6. Malas beribadah

Umat islam yang malas beribadah tentu bisa dikategorikan juga sebagai orang munafik. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an yaitu Surat An-Nisa’ ayat 142 yang berbunyi: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka berdiri dengan malas.”

7. Mempercepat Sholat

Selain melakukan ibadah dengan malas-malasan, orang-orang munafik juga sering mempercepat sholat mereka baik dalam segi gerakan dan doa. Padahal setiap muslim diharuskan melakukan sholat dengan khusyuk. 

Sebagaimana firman ALlah SWT, yaitu “Peliharalah semua sholat(mu), dan (peliharalah) sholat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusyu’.” (Qs. Al-Baqarah: 238)

Jadi perlu diingat ya Bunda bahwa orang yang mempercepat sholatnya juga termausk dalam golongan orang yang munafik. Rasulullah SAW bersabda, “Itulah sholat orang munafik, Itulah sholat orang munafik, Itulah sholat orang munafik. (Yaitu) dia menunggu matahari sampai hampir terbenam kemudian dia berdiri (untuk sholat ashar), lalu mempercepat (tanpa ada rasa khusyuk sedikitpun) empat rakaat, tanpa mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali.” (HR Muslim).

Walaupun begitu, jangan sampai juga kita mengkhusukan sholat tetapi kenyataannya tidak. Inilah yang sering disebut dengan khusyuk nifak dimana para sahabat biasanya berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon perlindungan dari khusyuknya nifak.” Ada yang bertanya, “Apa yang dimaksud khusyuk nifak?” Jawabnya, “Tubuh yang terlihat khusyu’ namun ternyata hati tidak.”

8. Riya

Ciri orang munafik lainnya adalah mereka yang suka berbuat riya dengan ditandai sifat yang suka pamer dalam beribadah, dimana jika tidak ada orang lain ibadahnya akan malas-malasan atau bahkan melakukan kejahatan.

Allah SWT berfirman dalam Alquran surat An-Nisa’ ayat 142 yang artinya:

Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allahlah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.”

Allah SWT juga berfirman dalam QS. Al-Ma’mun ayat 4-7 yang artinya:

Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna, sedikit berzikir.

Jadi, itulah ya Bunda beberapa ciri orang munafik yang harus Bunda waspai oleh setiap muslim karena sangat dibenci oleh Allah SWT dan rasulullah yaa. Selain itu, orang munafik juga akan mendpaatkan azab yang pedih, sebagaimana dijelaskan dalam AL-Qur’an, yaitu:

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka”. (QS. An-Nisa: 145)

Itulah ciri-ciri orang munafik dalam ajaran Islam. Semoga kita terhindar dari sifat munafik, ya Bund! Aamiin.

Baca Juga: