Penulis: Irma | Editor: Aufia

Bunda pasti sudah sering mendengar tentang Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Yup; MUI merupakan sebuah lembaga yang bertugas mengawal, mengayomi, dan mengedukasi umat Muslim di Indonesia. Sesuai dengan tugas-tugasnya, MUI berperan sebagai pemberi fatwa bagi seluruh umat Islam di Indonesia, baik ketika diminta secara langsung maupun tidak.

Namun, banyak yang menganggap bahwa terkadang MUI mengeluarkan fatwa yang kontroversial. Misalnya fatwa MUI tentang daftar game haram di Indonesia.

Daftar Game Haram di Indonesia Menurut Fatwa MUI

Kebanyakan game yang diharamkan merupakan game kekerasan yang tidak cocok untuk digunakan oleh anak-anak. Karena dinilai mampu mengganggu psikologis anak dan mengubah kepribadian baik menjadi buruk.

Mau tau game apa saja yang masuk kategori Haram menurut Fatwa MUI? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

1. Mobile Legends: Bang Bang 

Hati-Hati, Berikut 6 Daftar Game Haram di Indonesia Menurut Fatwa MUI - Mobile Legend Bang Bang

Penilaian ini dikeluarkan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama atau MPU, yang biasa dikenal sebagai MUI yang bercabang di Aceh. Hal yang dijadikan landasan diharamkannya game Mobile Legends, karena dinilai punya potensi untuk mengubah kepribadian dari seseorang. Poin lainnya adalah bisa mengganggu kesehatan. 

2. Ragnarok M: Eternal Love 

Permainan yang satu ini dinilai menggemaskan dengan segala visualisasi yang ditampilkan. Namun, kenapa diharamkan ya? 

Permainan ini dinilai dapat mengganggu kesehatan, Bund. Meskipun cara bermain cenderung tidak menampilkan kekerasan. Tetapi, Ragnarok M: Eternal Love dinilai bisa mengubah kepribadian. 

3. Game Fortnite

Hati-Hati, Berikut 6 Daftar Game Haram di Indonesia Menurut Fatwa MUI - Game Fortnite

Si kecil suka bermain warnet, Bund? Biasanya, Game Fortnite ini adalah permainan yang sering dijumpai di warnet-warnet.

Permainan yang dirilis pada tahun 2017 ini memang mengandalkan ketangkasan dan kekerasan, Bund. Meskipun tidak dinyatakan secara resmi, Fatwa MUI sudah menyatakan bahwa permainan ini didominasi oleh kekerasan. 

Aksi kekerasan tersebut seperti adegan menembak, membunuh lawan dengan pisau, hingga adegan pemukulan.

4. Game PUBG (Playerunknown’s Battleground)

Hati-Hati, Berikut 6 Daftar Game Haram di Indonesia Menurut Fatwa MUI - Game PUBG

Permainan yang sering disebut dengan nama ‘Papji’ ini banyak digandrungi oleh gamers di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Sayangnya, permainan ini termasuk yang diharamkan menurut fatwa MUI. Alasannya karena sifatnya yang destruktif, melalui penyerangan tembakan secara berkala yang dinilai dapat mengubah karakter dari orang-orang yang memainkannya.

Sesuai dengan pernyataan Ali, Seorang Wakil Ketua MPU Aceh, yang berhasil dikutip dari okezon, bahwa “Fatwa MUI menyebutkan jika PUBG permainan yang dilarang atau diharamkan, karena memicu kekerasan dan bisa mengubah perilaku seseorang.

5. Grand Theft Auto (GTA) V

Biasanya dikenal dengan nama GTA, permainan ini ternyata diharamkan oleh MUI, Bund. Permainan yang bertemakan komplotan kriminal ini dinilai terlalu banyak melibatkan kekerasan, yang tidak cocok untuk usia anak-anak.

Games yang diproduksi oleh perusahaan Rockstar Games ini masuk ke dalam daftar permainan dengan pendapatan tertinggi, Bund. Meskipun begitu, kriminalitas yang ada pada permainan ini tidak cocok untuk dimainkan oleh anak-anak oleh karenanya diharamkan. 

6. Game Catur

Kalau permainan yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga Bunda. Berbeda dari permainan yang sudah disebutkan di atas, permainan catur tidak mengandalkan kekerasan. Tapi, ternyata dilarang oleh fatwa MUI, lho Bund. Wah kenapa ya?

Permainan catur ini ada yang bersifat tradisional atau offline, dan ada juga yang online. Model yang manapun permainan catur dilarang oleh MUI karena dinilai membuat siapapun pemainnya lupa akan waktu. Sehingga lalai dalam berkegiatan sehari-hari.

Dikutip dari Ustad Somad dari CNN Indonesia, “Sesuai dengan riwayat Imam An-Nawawi (kalangan mazhab syafi’i): Bermain catur sifatnya, makruh. Namun jika dapat melalaikan shalat, maka hukumnya haram.”

Nah, itulah 6 game yang masuk kategori haram dalam fatwa MUI. Bunda pernah memainkannya?

Baca Juga:

Sumber