Penulis: Siti Ruli | Editor: Aufia

Bunda ingin membangun rumah, namun masih bingung dengan desain atau denahnya? Tak perlu khawatir, Bund! Catatan Bunda telah mengumpulkan 7 denah rumah minimalis dengan 3 kamar tidur. Pas banget untuk keluarga kecil dengan 1 atau 2 anak.

Tak hanya untuk lahan yang luas, denah-denah berikut juga bisa diaplikasikan ke lahan yang sempit atau lahan memanjang, loh Bund! Konsep yang diusung pun beragam, mulai dari open plan hingga kamar-kamar luas. Bahkan ada juga desain yang menyertakan taman dalam rumah dan teras besar. Unik banget kan, Bund! 

Penasaran dengan desain dan denah rumahnya? Langsung aja kepoin inspirasi denah rumah 3 kamar tidur yang bisa Bunda tiru berikut ini!

1. Denah Rumah Type 45 dengan 3 Kamar Tidur

denah rumah 3 kamar tidur Siapa bilang konsep hunian asri tidak bisa diaplikasikan di lahan memanjang? Melihat denah di atas, meskipun bagian depan digunakan untuk carport dan dapur, namun Bunda masih bisa membangun ruang terbuka hijau (taman) di dalam rumah. Dengan ini, hunian bisa mendapatkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang bagus baik dari taman maupun dari halaman depan.

2. Rumah Type 36 dengan 3 Kamar Tidur

Lahan terbatas juga tak menjadi kendala untuk memiliki hunian dengan 3 kamar tidur! Bunda bisa memilih desain rumah minimalis type 36. Supaya hunian terlihat lebih lapang dan luas, ada trik dan tips khusus Bund! Salah satunya dengan menerapkan konsep ruang terbuka (open plan).

Mau tahu seperti apa? Bunda bisa merancang ruang tamu yang menyatu dengan dapur dan ruang makan tanpa dinding pembatas. Sebagai gantinya, Bunda bisa memanfaatkan karpet lantai atau lampu gantung di masing-masing ruang.

Secara visual, kedua furniture tersebut dapat dijadikan obyek pemisah ruangan. Nah, biar ruangan tetap kece, Bunda harus memperhatikan motif dan warna karpetnya, ya!

3.Denah Rumah 3 Kamar Tidur dengan Teras dan Taman

Jika Bunda memiliki lahan yang cukup luas, tak ada salahnya mengaplikasikan desain rumah ber-teras. Bingung bagaimana konsepnya? Nah, untuk memberikan kesan unik, Bunda bisa memilih konsep teras tinggi dengan 6 anak tangga.

Teras rumah bisa didesain dengan tanaman hias dan beanbag untuk bersantai. Pastinya rumah akan terlihat lebih hidup dan elegan. Jangan lupa Bund, sebagai pengaman, Bunda bisa memanfaatkan railing pagar teras dan railing tangga. 

4. Denah Rumah Sederhana dan Fungsional

Desain sederhana memang sedang digandrungi banyak orang. Salah satunya, desain rumah seperti gambar di atas,Bund! Ruang tamu, ruang makan dan dapur dijadikan satu ruangan dengan konsep open plan. Sementara itu 3 kamar tidur dibuat berjejer.

Tentunya ini akan sangat menguntungkan bagi Bunda yang buah hatinya baru belajar. Jika terjadi sesuatu (misal anak teriak karena mimpi buruk), Bunda dapat dengan mudah mengeceknya. Adanya teras di masing-masing kamar, makin membuatnya terlihat menarik.

5. Denah Rumah dengan Kamar Anak Sama Luas

Memiliki dua anak membuat Bunda harus adil dalam segala hal! Salah satunya ketika membuat kamar tidur, pastinya harus dengan luas yang sama. Itulah sebabnya desain seperti gambar di atas bisa jadi pilihan. Desain ini masih memanfaatkan konsep open plan, loh Bund! Tanpa sekat antara ruang makan dan ruang tamu agar kesan luas tetap terasa. 

6. Desain 3 Kamar dengan 1 Kamar Luas

desain denah rumah 3 kamar tidur

Sama seperti desain rumah pada umumnya, biasanya kamar Bunda dan suami dibuat lebih luas. Dengan kamar mandi pribadi dan tak lupa walk-in closet untuk menyimpan baju dan semua aksesoris termasuk perhiasan. Wow, seneng ya Bund, kalau punya kamar tidur kece badai seperti di atas! Dan hunian akan terlihat makin elegan ketika dipadukan dengan ruang tamu luas dan teras kecil di depan rumah.

7. Rumah 3 Kamar dengan Luas Lahan 140 Meter Persegi

Bunda berencana membangun hunian yang lebih luas? Nah, desain di atas bisa dijadikan inspirasi. Selain terdapat 3 kamar tidur, desain rumah tersebut juga dilengkapi dengan teras luas, dapur serta ruang makan chic. Yang berbeda dari desain-desain sebelumnya, hunian ini dilengkapi dengan ruang kerja, Bund! 

Itulah trend desain dan denah rumah dengan 3 kamar tidur yang sedang populer. Kira-kira desain mana yang mencuri perhatian Bunda?

Baca Juga: