Penulis: Farichatul | Editor: Aufia

Tempat tidur adalah salah satu ruang yang harus ada di dalam sebuah rumah. Tidak hanya harus ada, kamar tidur juga harus dibuat senyaman mungkin. Karena tempat tidur adalah tempat beristirahat setelah seharian berada di luar rumah. 

Berikut ini beberapa inspirasi tempat tidur minimalis dan nyaman yang bisa Bunda terapkan di rumah, apartemen atau kos-kosan. 

 1. Desain Kamar Minimalis dan Naturalis Dengan Aksen Kayu

desain kamar tidur minimalis

Bunda bisa membuat kamar tidur terasa lebih luas dengan aksen warna natural seperti coklat atau putih. Selain memberikan kesan luas, warna-warna tersebut juga bisa menambah kesan alami, bersi, rapi dan menyegarkan. Apalagi kalau ditambah dengan tanaman hias kehijauan seperti palem atau kaktus, tentu kesegaran di kamar akan lebih terasa.

2. Kamar Tidur Dengan Laci Bawah

desain kamar tidur minimalis

Membeli kamar tidur yang dilengkapi laci di bawahnya adalah salah satu cara untuk menghemat ruang. Tentu hal ini akan dibutuhkan apalagi jika keluarga Bunda tinggal di apartemen atau rumah minimalis. Laci di bawah kasur ini bisa dipakai untuk meletakkan beberapa barang mulai dari buku, baju hingga sepatu. 

3. Kamar Tidur Dengan Model Tatami

desain kamar tidur minimalis

Tempat tidur ala jepang belakangan ini sedang banyak diminati karena menawarkan arsitektur yang terkesan alami, sederhana, rapi sekaligus menyegarkan. Salah satunya seperti gambar kamar tidur di atas. Meskipun ukuran kamar tidak terlalu luas, namun tampak lega karena kamar didesain dengan warna natural, menggunakan kasur lantai sederhana dan tanaman hias yang menyegarkan. 

4. Kamar Tidur Sederhana Alami 1

Bunda tidak perlu khawatir. Meskipun punya budget terbatas, Bunda tetap bisa mendesain kamar tidur dengan rapi dan cantik seperti di atas. Cukup gunakan kasur busa ukuran 2 meter kali 1,4 meter dan sprei berwarna coklat untuk memberikan kesan alami di kasur. Jangan lupa tambahkan laci dan tanaman hias kecil untuk melengkapi kesan kesegaran yang alami.

5. Kamar Tidur Sederhana Alami 2

Tinggal di rumah yang terkesan tradisional bukan halangan untuk membuat kamar tidur minimalis yang cantik. Bahkan apabila kamar tidur ditata dengan benar, justru akan membuat kesan vintage alami yang menyegarkan. 

6. Kamar Tidur Kost Ala Korea

desain kamar tidur minimalis

Kamar kost juga bisa menjadi tempat eksperimen desain kamar loh Bund. Buat kamar kost Bunda terkesan lebih cozy dengan warna-warna natural seperti coklat, putih, cream atau abu-abu. Jangan lupa ganti desain kamar secara rutin supaya tidak mudah bosan. 

7. Desain Kamar Tidur Apartemen Minimalis 

desain kamar tidur minimalis

Selain kamar kost, biasanya kamar apartemen juga menjadi problem tersendiri karena ukurannya yang kecil. Namun, itu bukan berarti Bunda tidak bisa membuat kamar apartemen jadi kamar yang nyaman.

Selain menggunakan warna-warna natural untuk memberi kesan luas, Bunda juga bisa menambahkan tanaman-tanaman hias seperti bambu kecil untuk membantu proses oksidasi dan menyerap toksin-toksin yang ada di dalam ruangan. 

8. Kamar Tidur Kost Alami Dengan Bedroom Mat

Selain warna putih dan coklat, warna lain yang bisa Bunda pakai untuk memberikan kesan alami adalah warna hijau. Kamar dengan akses warna hijau di dalamnya akan terasa menyegarkan, menenangkan sekaligus menyenangkan walaupun seringkali juga memberikan kesan penuh. 

9. Desain Kamar Tidur Minimalis

Desain kamar tidur yang satu ini cukup sederhana ya  Bund. hanya ada satu tempat tidur, almari dan satu cermin. Tempat tidur yang kecil atau besar akan tetap tampak cantik bila terlihat bersih dan rapi. 

10. Kamar Kost Dengan Bedroom Mat

Inspirasi desain kamar tidur yang terakhir adalah kamar kost dengan bedroom mat. Jika Bunda lihat, kamar di atas tersusun cukup padat dengan tempat tidur laci, almari kecil dan meja belajar. Desain tempat tidur seperti ini sangat cocok untuk dipakai para anak kost yang punya banyak barang.

Cukup banyak juga kan Bund desain kamar tidur minimalis yang bisa Bunda curi idenya. Nah, kira-kira Bunda pilih desain yang mana untuk hunian Bunda?

Baca Juga: