Penulis: Irma | Editor: Handa

Doa merupakan kumpulan kalimat yang dipanjatkan kepada Tuhan. Aktivitas berdoa sendiri bisa dilakukan di tempat ibadah, di rumah, atau di mana pun Bunda berada. Tidak pula ada ketentuan waktu kapan Bunda harus berdoa. Baik itu pada pagi hari, siang, maupun malam hari Bunda bisa memanjatkan doa.

Berdoa akan membuat Bunda dekat dengan Sang Pencipta. Salah satu doa yang perlu Bunda panjatkan adalah doa selamat. Setiap agama mengajarkan umatnya untuk berdoa meminta keselamatan pada Tuhan, termasuk ajaran Agama Katolik. Nah, berikut ini doa memohon selamat menurut ajara Agama Katolik yang perlu Bunda ajarkan pada anak.

Doa Selamat Agama Katolik

Tuhan, Ya Allah yang Maha agung, Ya Bapa, aku mengucapkan syukur dan terima kasih dengan kuasamu aku terlindungi dengan baik ketika aku tertidur. Aku berterima kasih sebab Yesus yang telah di utus untuk senantisa menjadi sahabat sehingga Ia selalu berada didekatku dan menemaniku.

Aku mengucap terima kasih kepada Roh Kudus sebab telah diutus untuk memberikan bimbingan padaku. Berkatilah aku dengan bisikan-Mu agar saudaraku, teman-temanku, orangtuaku, diberikan perlindungan agar berbuat kebaikan. Mohon berikanlah bantuan kepada yang sakit dan tengah memiliki kesusahan.

Aku memohon bimbingan-Mu agar hari ini aku mampu berbuat kebaikan. Dapat menyelesaikan tugas dan kewajiban dengan baik penuh dengan keselamatan. Semoga Bunda Maria memberikan perlindungan agar mendampingiku di sepanjang hari ini. Doa kami memohon utusan Yesus. Aamin.

Doa Pagi Memohon Keselamatan Agama Katolik

Tuhan, Bapa Kami, Selamat pagi. Terima kasih atas perlindungan-Mu aku bisa bangun di pagi hari dalam keadaan sehat. Aku bersyukur atas perlindunganmu. Terima kasih Roh Kudus yang telah Engkau utus untuk senantiasa membimbing hidupku.

Di pagi hari yang penuh dengan berkah ini, aku memohon perlindungan kesalamatan-Mu untuk sepanjang hariku. Mohon berikanlah berkah dan keselamatan pula untuk orang tuaku, saudara-saudaraku, kawan-kawanku, di sepanjang hari ini.

Aku berdoa kepada Bapa agar aku senantiasa sopan kepada orang-orang sekitarku. Semoga Tuhan membimbingku untuk mengerjakan tugasku hari ini agar selesai dan menghasilkan yang terbaik. Mohon utus Santo-Santa sebagai pelindung, para malaikat, dan Bunda Maria untuk menemaniku. Tuhan, Doaku ini kuserahkan pada-Mu Bapa, Tuhan Kami, demi Kristus yang agung. Aamin.

Doa Selamat dalam Masa Pandemi Agama Katolik

Tuhan, Ya Bapa Kami, tiada penyakit yang tanpa izin dari hadirat-Mu. Bapa menyembuhkan dengan kalimat yang Bapa kehendaki. Betapa disayangkan, di bumi telah muncul penyakit yang serius. Menimpa banyak negara dan membuat kekacauan.

Ya Tuhan, Bapa Kristus, aku berdoa memohon keberuntungan dan keselamatan dalam krisis Kesehatan ini. Aku mohon untuk melindungi keluarga dan kawan-kawanku dan wabah penyakit ini.

Aku yakin berkah dan rahmat-Mu, penyakit ini akan berhenti. Tuhan, beri kami keselamatan hingga penghujung hari. Berikan keselamatan dan Kesehatan pada hamba-hamba-Mu ini, Tuhan. Aamin

Sebelum berdoa, dianjurkan untuk memberikan ucapan syukur. Selain dengan tujuan berterima kasih atas rahmat Tuhan, dengan ucapan syukur diharapkan Bunda akan lebih khusyu ketika berdoa. Semoga keselamatan senantiasa melingkupi kehidupan Bunda dan kita semua. Aamin.

Baca juga: