Muslim man praying

Penulis: Vinna | Editor: Handa

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan puasa selama satu bulan penuh. Datangnya bulan Ramadhan ini sangat dinantikan bagi setiap muslim di dunia. Oleh karenanya, tiap kali memasuki bulan Ramadhan umat Islam sangat bersyukur dan bergembira.

Pasalnya, ia masih diberi umur panjang untuk bisa bertetemu kembali dengan bulan yang penuh rahmat ini. Salah satu bentuk syukur yang dilakukan yaitu dengan membaca doa, termasuk doa menyambut bulan Ramadan. Berikut bacaan doa menyambut bulan Ramadhan yang perlu Bunda ketahui.

1. Doa Memohon untuk Bertemu dengan Bulan Ramadhan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا في رَجَبٍ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنا رَمَضَانَ

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya`ban dan beri kami kesempatan untuk mencapai bulan Ramadan.” (HR Imam Ahmad: 2346 dan 2387).

Bulan Ramadhan yang hanya ditemui 1 tahun sekali tentu sangat berharga dan istimewa bagi umat Islam yang menjalankannya. Untuk kembali bertemu dengan bulan Ramadan, Bunda dapat membaca doa ini agar dipertemukan lagi dengan bulan suci penuh kemuliaan tersebut.

2. Doa Meminta Keamanan dan Keselamatan

اللهم أهله علينا بالأمن والإيمان والسلامة والإسلام، ربي وربك الله،

Artinya: “Ya Allah, biarkan bulan ini muncul pada kami dengan keamanan dan Iman; dengan keselamatan dan Islam. Tuhanmu dan Tuhanku adalah Allah.” (HR Imam At-Tirmidzi).

Setiap manusia termasuk Bunda tentu menginginkan keamanan, keimanan, keselamatan, dan islam di bulan Ramadan. Membaca salah satu doa menyambut bulan Ramadan ini sangat disarankan untuk Bunda yang menginginkan keamanan, keimanan, keselamatan, dan Islam di bulan yang istimewa.

3. Doa Memohon Kebaikan di Bulan Ramadhan

اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ العَظِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الشَّهْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْقَدَرِ، وَمِنْ شَرِّ الْمحَشْرِ

Artinya: “Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.” (HR Imam Ahmad.).

Secara lengkap hadis Imam Ahmad berbunyi:

وأخرج أحمد: أنه صلى الله عليه وسلم كَانَ يقول إِذَا رَأَى الْهِلاَلَ: اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ العَظِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الشَّهْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْقَدَرِ، وَمِنْ شَرِّ الْمحَشْرِ

Artinya: “Rasulullah shalallahu alaihi wassalam jika melihat bulan berdoa, ‘Allāhu akbaru, lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil ‘azhīmi. Allāhumma innī as’aluka khaira hādzas syahri, wa a‘ūdzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari,'” (HR Imam Ahmad).

Hadis-hadis tersebut merupakan hadis riwayat Imam Ahmad setelah Rasulullah shalallahu alaihi wassalam melihat hilal. Dengan membaca doa ini Insya Allah, Allah subhanahu wa ta’ala akan memberi  Bunda kebaikan, perlindungan di bulan Ramadan dan juga dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.

4. Doa Meminta Keselamatan di Bulan Ramadhan

اَللّٰهُمَّ سَلّمْنِيْ لِرَمَضانَ وَسَلّمْ رَمَضانَ لِيْ وَسَلّمْه لِي مُتَقَبَّلا

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadan.” (HR Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailam).

Penyakit dan uzur atau halangan memang tidak terlepas dari kehidupan dan dapat mengenai siapapun termasuk Bunda sewaktu-waktu, khususnya di bulan Ramadan. Dengan membaca doa ini semoga Bunda dijauhkan dari berbagai penyakit, uzur, dan maksiat sehingga dapat beribadah dengan khusyuk di bulan penuh ampunan.

Itulah doa-doa yang bisa Bunda panjatkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Bunda juga bisa mengajarkan doa-doa ini kepada buah hati agar si kecil juga memanjatkan doa dalam menyambut bulan suci yang penuh berkah ini.

Baca juga: