Penulis: Diana | Editor: Aufia

Setiap manusia tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa, baik dosa kecil maupun besar. Maka, ada baiknya kita sebagai manusia selalu memanjatkan doa agar dosa-dosa kita bisa diampuni oleh Allah SWT.

Allah SWT sebagai Tuhan alam semesta yang maha pengampun, lagi maha penyayang dan menerima taubat apapun itu, selagi manusia benar-benar menyesali dosa yang telah diperbuat. Jadi, Bunda tak perlu ragu untuk selalu memanjatkan ampunan dosa kepada Allah ya!

Bunda bisa mengamalkan bacaan doa penghapus dosa sebagai amalan rutin setiap harinya agar hati selalu dekat dengan Allah. Tetapi ada yang perlu diingat bahwa bertobat harus sungguh-sungguh dan tidak mengulanginya lagi ya.

Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya dan memaafkan kesalahan-kesalahan” [QS. Asy-Syura: 25]

Apa saja doa penghapus dosa yang bisa kita amalkan? Merangkum dari berbagai sumber, berikut doa penghapus dosa yang bisa Bunda terapkan sebagai amalan setiap hari.

Bacaan Doa Penghapus Dosa Besar

1. Taubat Nasuha dan Istighfar Sebanyak-banyaknya

Taubat dengan menyesali perbuatan dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya kembali. Itulah taubat yang disukai Allah. Kalimat istighfar adalah kalimat yang paling disukai Allah dan mempunyai arti yang besar, loh Bunda! Yaitu bisa membuat orang yang penuh dosa menjadi bersih. Rasulullah SAW bersabda:

Wahai anak Adam, seadainya dosamu menjulang tingi ke langit, lalu kamu banyak membaca istighfar dan banyak memohon ampunan kepada-ku, Niscaya akan aku ampuni dosa-dosa-mu.” [H.R. Tirmidzi No. 127]

Dan Berikut lafadz kalimat istighfar:

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ

Lafadz: Astaghfirullahal’adzim

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah

2. Membaca Tahlil atau Tauhid

Tahlil adalah salah satu bentuk bacaan untuk pengakuan akan keesaan Allah. Kalimat tersebut merupakan syiar tauhid terpenting dalam Islam. Dengan membaca kalimat tahlil sambil berpasrah atas kehendaknya, Insya Allah, Allah SWT akan menghapuskan dosa-dosa kita.

Berikut lafadz kalimat tahlih atau tauhid:

لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ

Lafadz: La ilaha illallah

Artinya: “Tiada tuhan selain Allah“.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

Barangsiapa yang mengucapkan ‘La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir’ sebanyak 100 kali akan mendapatkan ganjaran seperti membebaskan 10 budak. Dan 100 kebaikan juga akan dicatat atasnya, serta 100 dosa akan dihapuskan dari catatan amalnya. Dan ucapannya juga akan menjadi perisai baginya dari Syaitan mulai dari hari itu sampai malam hari. Serta tidak ada seorangpun yang dapat mengalahkan amal kebaikannya kecuali orang-orang yang melakukan amal yang lebih baik darinya.” [HR. Bukhari]

Sangat mudah sekali kan Bund untuk diucapkan? Sayangnya, seringkali lupa untuk mengamalkannya. Jadi mulai hari ini, jangan lupa untuk mengamalkannya sebagai dzikir sehari-hari, ya Bund!

3. Melantunkan Kalimat Tasbih

Doa penghapus dosa selanjutnya merupakan bacaan tasbih yang sering diucapkan dalam kehidupan kita sehari-hari yang ternyata mempunyai dampak yang luar biasa juga loh untuk hidup kita.

Kalimat “Subhanallah (سبحان الله)” yang bermakna Maha Suci Allah dapat diucapkan sebagai tasbih. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

Rasulullah bertanya: “Apakah salah satu di antara kalian ada yang tidak mampu mengusahakan seribu kebajikan setiap hari?”

Seorang hadirin kembali bertanya kepada beliau: “Bagaimana mungkin ada di antara kita yang bisa melakukan seribu kebajikan?”

Kemudian Rasulullah menjawab: “Dia merupakan orang yang bertasbih seratus kali, maka akan dituliskan untuknya sebanyak seribu kebajikan atau dihapuskan darinya seribu keburukan.” [HR. Muslim]

4. Membaca Dzikir setelah Sholat

Tahukah Bunda, jika membaca dzikir setelah melakukan sholat dapat menjadi doa untuk menghapus dosa, sekalipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan? Oleh karena itu, jangan terburu-buru untuk beranjak dari sajadah selesai sholat. Pastikan Bunda membaca dzikir terlebih dahulu.

Adapun dzikir-dzikir penghapus dosa yang direkomendasikan oleh Rasulullah adalah sebagai berikut:

Rasulullah bersabda: Barang siapa mengucapkan tasbih (‘Subhanallah’) di setiap akhir sholat sebanyak 33 kali, mengucapkan Alhamdulillah sebanyak 33 kali, bertakbir mengucapkan Allahu Akbar sebanyak 33 kali,

Serta sebagai penyempurna untuk bilangan 100, Ia mengucapkan ‘la ilaha illahah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sya’in qadir (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatunya)

Baginya, segala puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa segala sesuatu, maka Aku akan mengampuni dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan. [HR. Muslim]

5. Membaca Dzikir Ketika Akan Tidur

Dzikir sebelum tidur mempunyai dampak yang luar biasa sebagai doa penghapus dosa. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

Apabila ada diantara kamu berjalan menuju kasur, dan mengucapkan ‘La ilaha illallah wahdahu la syarikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodir’, Subhanallah, walhamdulillah, wa la ilaha illallah wallahu akbar’, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya meski sebanyak buih di lautan di dunia ini.” [HR. Ibnu Hibban no. 3414].

Itulah kumpulan doa penghapus dosa yang bisa Bunda amalkan ketika meminta ampunan Allah SWT. Insya Allah akan diijabah oleh Allah SWT selagi hambanya memohon ampun dan bertobat dengan sungguh-sungguh, karena Allah SWT maha pengasih dan penyayang.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga:

Sumber

Islam NU. (2020). Tiga Macam Dosa dan Cara Meleburnya. islam.nu.or.id 

An Nur. (2021). Amalan-Amalan Penghapus Dosa. an-nur.ac.id 

Muslimah . Dzikir-Dzikir Penghapus Dosa. muslimah.or.id