Penulis: Irma | Editor: Aufia

Menjelang bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri, pasti banyak yang berencana untuk ziarah kubur! Tradisi menengok atau mengunjungi kuburan ini sudah mengakar erat pada masyarakat muslim di Indonesia. Bukan hanya sekedar mengunjungi saja, tujuan utamanya adalah untuk mendoakan orang yang berada dalam kubur. 

Lalu, doa-doa apa saja yang harus dipanjatkan saat berziarah kubur? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut, Bund!

Hukum Ziarah Kubur Menurut Ajaran Islam

Sebelum mengulas tentang doa ziarah kubur, tak ada salahnya Bunda mengetahui tentang hukum ziarah kubur terlebih dahulu! Menurut para ulama, ziarah kubur hukumnya sunnah. Sesuai dengan hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

Rasulullah bersabda dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, yang artinya, “(Dulu) Aku melarang kalian ziarah kubur, maka (sekarang) berziarahlah kalian ke kuburan, sesungguhnya ziarah kubur membuat kalian zuhud di dunia dan mengingatkan kalian pada akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

Ziarah kubur sendiri memiliki banyak manfaat baik untuk peziarah maupun ahli kubur. Berziarah dapat mengingatkan kita akan kematian dan kehidupan di akhirat kelak. Sementara manfaat yang akan diterima ahli kubur adalah salam dan doa baik dari para peziarah. 

Namun perlu diingat Bund, sebagai peziarah kita dilarang untuk minta doa atau pertolongan kepada orang yang sudah meninggal. Meskipun semasa hidupnya orang tersebut adalah orang yang ‘terpandang’.

Adab dan Doa Ziarah Kubur

Sebagai pedoman sebelum ziarah kubur, berikut adab dan doanya Bund!

1. Berwudhu

Sebelum berziarah, sebaiknya kita berwudhu terlebih dahulu supaya suci dari hadas. Karena saat berziarah kita akan membaca doa-doa dan beberapa bacaan dari Al-Quran.

2. Bacaan Salam

Lafal: Assalamu’alaikum ahlad-diyaar minal mu’miniina wal muslimiin. Yarhamulloohul mustaqdimiina minnaa wal musta’khiriin Wa inna insyaa alloohu bikum la-laahiquun. wa as alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah.

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.”

3. Menghadap Kiblat

Dianjurkan untuk menghadap kiblat saat berdzikir dan membacakan doa untuk ahli kubur. Hal ini sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah.

4. Membaca Surat Pendek

Surat pendek yang disunnahkan untuk dibaca adalah surat Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas. Tentu Bunda sudah hafal keempat surat tersebut kan! Adab ini sesuai dengan hadits Rasulullah berikut Bund:

Diriwayatkan al-Marwazi dari Ahmad bin Hanbal, beliau mengatakan: “Bila kalian masuk ke dalam taman makam (kuburan), maka bacalah al-Fatihah, Surat Ikhlas dan al-Muawwidzatain (al-Falaq dan an-Naas). Jadikanlah pahalanya untuk mayat-mayat kuburan tersebut, karena sungguh pahalanya sampai kepada mereka.”

5. Berdzikir

    • Bacaan Istighfar: Astagfirullahaladzim alladzi laillaha illa huwal hayul qoyyum wa atubu ilaih” 
      Artinya:Ku memohon ampun kepada Allah S.W.T Yang Maha Agung, tiada Tuhan Selain Allah SWT Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri. Ku bertaubat kepada-Nya
    • Bacaan Tahlil: “Laa ilaha illallah” 
      Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah”

6. Membaca Doa Ziarah Kubur

Berikut doa ziarah kubur singkat yang dapat Bunda baca:

Lafal: Allahumaghffirlahhu warhamhu wa’ aafihi wa’ fu anhu, wa akrrim nuzzullahu wawassi madholahu, waghsilhuu bil maa’i watssalji walbarradi wa naqqihi, minnadzunnubi wal khaatayya kammaa yunnaqqatssaubul abyyadhu minnad danassi,

Wabdillhu daarran khairran minn darrihiwwa zzaujan khairran min zzaujihi. wa addkhilhul jannatta wa aiddzu min adzzabil qabbri wa mmin adzzabinnari wafssah lahuffi qabbrihi wannawir lahufihi.

Artinya: “Ya Allah S.W.T berikanlah ampun serta rahmat kepada mereka. Beri mereka keselamatan dan beri maaflah kepada mereka. Beri kehormatan untuk mereka, luaskannya pintu masuk mereka. Mandikanlah mereka dengan air, es, serta embun. Bersihkanlah mereka dari segala kesalahan dari bagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran sehingga menjadi bersih kembali.

Gantikanlah untuk mereka rumah yang lebih baik dari rumah mereka di dunia, istri yang lebih baik dari istrinya. Berikanlah pintu masuk untuk mereka ke dalam surga beri perlindungan kepada mereka dari segala azab kubur juga dari azab neraka. Lapangkanlah untuk mereka kuburnya dan terangkanlah segala didalamnya.”

Sebagai tambahan: Bunda juga diperbolehkan untuk membaca Surat Yasin.

7. Tidak Duduk atau Menginjak Bagian Atas Kuburan

Untuk menghormati para ahli kubur, pastikan Bunda tidak menginjak atau duduk di atas kuburan. Sesuai dengan hadits berikut:

Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kalian salat (berdoa) kepada kuburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya.” (HR. Muslim).

8. Jangan Melakukan Hal yang Berlebihan

Hal berlebihan yang dimaksud misalnya saja melakukan ritual di kuburan, meratapi mayit. Serta aktivitas lainnya yang dapat mengikis keimanan, seperti meminta sesuatu kepada kuburan dan sholat di atas kuburan. Perbuatan berlebihan tersebut dikhawatirkan akan berujung pada perbuatan syirik yang justru akan menimbulkan dosa.

Itu dia rangkaian adab dan doa ziarah kubur yang bisa Bunda jadikan pedoman. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat!

Baca Juga:

Sumber

Muhammadiyah. (2021). Ziarah Kubur Mengandung Banyak Manfaat. muhammadiyah.or.id

Liputan 6. (2021). Bacaan Doa Ziarah Kubur, Hukum, Serta Tata Caranya. liputan6.com

Detik News. (2021). 7 Adab Ziarah Kubur Sesuai Sunnah dari Rasulullah SAW. news.detik.com