Penulis: Annisa | Editor: Aufia

Sebagian dari Bunda mungkin belum terbiasa dengan kegiatan membacakan dongeng untuk si kecil. Padahal, kegiatan ini memiliki banyak manfaat positif. Seperti melatih imajinasi anak, meningkatkan kemampuan verbalnya, menambah kosakata, hingga mengambil pesan moral yang terkandung dalam setiap dongeng. 

Dongeng anak dari cerita rakyat bisa jadi solusinya, untuk menumbuhkan minat cerita maupun membaca bagi anak. Berikut adalah 6 rekomendasinya. 

1. Cerita Rakyat Malin Kundang

dongeng malin kundang

Malin Kundang merupakan cerita rakyat dari Sumatera Barat, menceritakan seorang anak laki-laki dari seorang Ibu bernama Mande Rubayah yang merupakan adalah seorang janda. Ketika dewasa, Malin pergi ke luar negeri dan kembali bersama istrinya. Ternyata Malin berbohong, katanya ibunya bukan janda, tapi dari keluarga bangsawan.

Karena malu dengan istrinya, Malin tidak mau mengakui ibunya. Kemudian, Malin Kundang dikutuk menjadi batu. Pesan moral yang dapat disampaikan kepada anak adalah setiap anak harus menghormati orang tuanya, dan tidak boleh durhaka kepada orang tua khususnya Bunda yang telah melahirkannya. 

2. Tangkuban Perahu

cerita rakyat

Legenda Gunung Tangkuban Parahu Semua orang tahu bahwa Gunung Tangkuban Parahu ada di Jawa Barat. Mengisahkan tentang Sangkuriang yang berhasil bertemu dengan Dayang Sumbi, yang merupakan ibu kandungnya, setelah bertahun-tahun berpisah. Sangkuriang kemudian ingin menikahi Dayang Sumbi karena dia tidak tahu bahwa itu adalah ibunya. 

Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah putranya dan menolak pernikahan itu. Lantas, Dayang Sumbi membuat perjanjian dengan Sangkuriang guna membuat sebuah bendungan dan perahu besar yang mana harus selesai dibangun dan dibuat sebelum matahari terbit. Sangkuriang pun menyetujui permintaan itu, dan dia juga dibantu oleh kekuatan magis untuk membangunnya.

Dayang Sumbi mengetahui rahasia Sangkuriang, dan meminta bantuan penduduk desa untuk membuat suasana seperti saat matahari telah terbit. Sangkuriang pun kecewa. Kemudian merusak bendungan sungai, dan menendang perahu tersebut hingga terbalik. Perahu pun terombang-ambing akibat banjir besar, dan akhirnya menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Pesan moralnya adalah bersikaplah jujur jika hidup akan lebih mujur. Tidak hanya itu, seseorang juga harus bisa menahan emosinya supaya tidak merugikan seseorang.

3. Bawang putih dan bawang merah

Kisah Bawang Putih dan Bawang Merah dimulai dengan White yang tinggal bersama ayahnya dan ayahnya pergi bekerja dan dia menemukan seorang wanita yang akan menjadi istrinya. Calon istri adalah seorang janda yang memiliki anak bernama Merah, setelah menikah dan ayah kulit putih meninggal. Namun, Putih diperlakukan buruk oleh keluarganya sendiri.

4. Keong Mas 

cerita rakyat

Keong Mas adalah salah satu legenda cerita rakyat Jawa Timur. Dongeng ini bercerita mengenai bernama Candra Kirana yakni seorang putri dari Kerajaan Daha yang akan dilamar oleh seorang pangeran tampan bernama Raden Inu Kertapati. Lantas, Dewi Galuh pun merasa cemburu, dan memerintah penyihir untuk mengutuk Candra Kirana menjadi Keong Mas.

Saat ia menjadi Keong Mas, ia pun dibesarkan oleh seorang nenek. Hingga pada akhirnya berita tersebut tersebar ke telinga pangera dan kemudian mencari Candra Kirana, dan keduanya pun akhirnya bertemu.

Pesan moral dari dongeng Keong Mas adalah bahwa perbuatan jahat suatu saat akan  akan terbongkar juga pada akhirnya. Berbuatlah baik pada seseorang, supaya hidup lebih damai dan aman. 

5. Danau Toba

Legenda Danau Toba Danau Toba di Sumatera Utara juga menjadi legenda. Ternyata Danau Toba bercerita tentang seorang petani yang bertemu dengan seekor ikan. Ikan tersebut seorang putri cantik yang terkena kutukan sebab melanggar aturan dari kerajaan. Mereka pun menikah, dengan syarat petani harus berjanji untuk merahasiakan bahwa dia adalah seekor ikan. 

Mereka pun dikaruniai seorang putra. Anehnya, putra mereka tidak pernah merasa kenyang. Hingga suatu hari, Ibu menyuruh sang anak untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya. Namun, dia malah memakannya. Lantas, petani itu marah dan mengatakan bahwa anak itu adalah anak ikan. Petani itu menyadari kesalahannya, tetapi sudah terlambat. Tiba-tiba, istri dan anak-anaknya menghilang. Kemudian air keluar sangat deras sehingga membentuk danau yang kini dikenal sebagai Danau Toba.

Pesan moral dari cerita ini pada anak adalah jadilah seseorang yang bisa dipercaya, jika sudah diberi janji untuk merahasiakannya. 

Nah itu dia 6 rekomendasi dongeng anak dari cerita rakyat yang menarik dan penuh pesan moral. Bunda mau bercerita yang mana dulu nih?