Penulis: Annisa | Editor: Aufia

Yasmin adalah merk pil KB yang sering digunakan sebagai alat kontrasepsi oral. Banyak yang tertarik dengan produk ini karena disinyalir tidak menyebabkan penambahan berat badan dan tidak menimbulkan jerawat, namun justru bisa menguranginya. 

Yuk, ketahui lebih lanjut tentang manfaat dan efek samping pil KB Yasmin di bawah ini, Bund!

Dosis dan Aturan Pakai Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin: Ini Dosis, Kegunaan, dan Efek Samping

Yasmin merupakan jenis pil KB yang efektif mencegah kehamilan hingga 98-99%. Pil KB Yasmin ini mengandung dua jenis hormon yang bekerja sama untuk mencegah kehamilan yaitu, esterogen (ethinyl estradiol) dan progestin (drospirenone).

Pil KB ini terdiri dari 21 tablet dengan bahan aktif yang mengandung sediaan hormon, dan 7 tablet dengan bahan non aktif tidak mengandung sediaan hormon. Namun, ada juga yang hanya mengandung 21 tablet dengan bahan aktif tanpa bahan non aktif.

Pil KB Yasmin bisa Bunda minum sebelum tidur saat malam hari. Cukup 1 tablet 1 kali sehari saja.

Pil ini mampu menekan hormon yang mendorong kehamilan dan bisa mencegah terjadinya ovulasi. Selain itu, pil KB Yasmin ini juga akan membuat rahim tidak dapat menanamkan sel telur yang telah dibuahi dengan cara menipiskan lapisan rahim dan mengentalkan lendir atau lendir di leher rahim. Akibatnya, sperma tidak bisa melewati leher rahim sehingga tidak akan terjadi kehamilan.

Manfaat pil KB Yasmin

1. Menstruasi biasa

Hormon tubuh akan menyesuaikan dengan takaran hormon yang terkandung dalam pil yasmin, sehingga menstruasi bisa diprediksi. Menstruasi akan terjadi apabila Bunda meminum pil plasebo atau tidak meminum pil sama sekali selama 7 hari.

Pil KB Yasmin juga mengurangi nyeri dan ketidaknyamanan menstruasi, mengurangi jumlah kehilangan darah per siklus, dan mempersingkat periode menstruasi.

2. Payudara sehat

Dalam penggunaan jangka panjang, pil KB Yasmin dapat melindungi payudara dari pertumbuhan non-kanker seperti kista dan tumor jinak. Selain itu, pil ini juga dapat mengurangi ketidaknyamanan payudara yang berhubungan dengan menstruasi.

3. Mengurangi anemia

Anemia terjadi karena banyaknya darah yang hilang dan berkurangnya cadangan zat besi dalam tubuh. Karena pil KB Yasmin dapat mengurangi jumlah darah yang hilang saat menstruasi, kadar zat besi dapat dipertahankan dan kejadian anemia dapat dikurangi.

4. Berat badan tidak akan naik drastis dan jerawat berkurang

Pil KB Yasmin bersifat anti androgen sehingga selain berfungsi sebagai alat kontrasepsi, juga dapat mengurangi jerawat dan rambut halus di wajah. Pil ini juga tidak akan menyebabkan penambahan berat badan karena memiliki efek diuretik yang fungsinya untuk menghilangkan penumpukan cairan tubuh.

Efek Samping Pil KB Yasmin

merk pil kb

Meski Pil Yasmin memiliki beberapa manfaat yang bermanfaat seperti di atas, Bunda juga perlu mewaspadai sejumlah efek samping yang mungkin terjadi. Meski memang, efek samping tersebut tidak selalu muncul pada semua wanita.

Berbagai efek samping pil KB Yasmin antara lain:

    • Peningkatan insiden pembekuan darah
    • Depresi
    • Perubahan suasana hati
    • Sakit kepala seperti migrain
    • Tekanan darah meningkat
    • Pendarahan dan bintik-bintik ringan di awal penggunaan
    • Gangguan kandung empedu
    • Nyeri atau bengkak di payudara
    • Mual
    • Diare
    • Sakit punggung

Sama seperti pil KB lainnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan pil KB Yasmin. Jika Bunda menderita diabetes, kanker payudara, insufisiensi adrenal, masalah pembekuan darah, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, atau tumor hati, Bunda sebaiknya tidak menggunakan obat ini.

Selain itu, bagi seorang perokok juga sebaiknya tidak menggunakan pil KB Yasmin karena risiko yang akan ditimbulkan lebih besar daripada manfaatnya. Konsultasikan juga dengan dokter Bunda jika Bunda ingin mengganti jenis kontrasepsi apa pun.

Itulah penjelasan tentang pil KB Yasmin, pastikan Bunda menggunakan pil KB ini berkonsultasi dengan dokter. Untuk memastikan Bunda memiliki indikasi dan bebas dari kontraindikasi. 

Baca Juga:

Sumber

Sehatq. (2022). Yasmin Tablet. sehatq.com

Medical News Today. (2022). Low-dose birth control: Effectiveness, risks, and side effects. medicalnewstoday.com

Drugs. (2022) Yasmin: Side Effects, Dosage & Uses. drugs.com

Dokter Sehat. (2022). Pil KB Yasmin-Manfaat, Aturan Pakai, dan Efek Samping. doktersehat.com