Penulis: Annisa | Editor: Aufia

Korea memang dikenal dengan drama cintanya, namun drama detektif juga tak kalah serunya lho Bund. Ada kepuasan tersendiri, karena Bunda bisa merasa diajak ikut memecahkan kasus dalam setiap alur ceritanya. Berdebar, dan rasa penasaran seolah menjadi candu saat menontonnya.

Tidak hanya membuat Bunda berpikir, drama Korea detektif juga sering mengekspos masalah sosial dan masalah warga Asia. Dijamin seru dan penuh teka-teki. Berikut 7 rekomendasi drama detektif Korea terbaik yang bisa Bunda tonton lewat platform streaming online. 

1. Signal (2016)

drama korea terbaik - signal

Signal, dibintangi oleh sederet aktor papan atas mulai dari Kim Hye Soo, Lee Je Hoon, hingga Choi Jin Woong yang memang memiliki cerita sangat menarik. Tidak hanya mengangkat tema detektif, drama ini juga mengadopsi jalan cerita penjelajah waktu yang melibatkan seorang profiler kriminal bernama Hae Young (Je Hoon) yang misterius menemukan walkie-talkie yang bisa menghubungkan dengan seorang detektif bernama Jae Han (Jin Woon) yang tinggal di era tahun 2000.

Signal menjadi salah satu drama terpopuler di tahun 2016, tak heran jika drama ini berhasil meraih penghargaan kategori Drama Terbaik di Baeksang Arts Awards 2016.

2. Mad Dog (2017)

drama korea detektif

 

Mad Dog yang dibintangi oleh Yoo Ji Tae dan Woo Do Hwan, menceritakan kisah segerombolan pembela kebenaran yang dipimpin langsung oleh Choi Kang Woo ( Ji Tae). Seorang mantan detektif yang sekarang bekerja sebagai penyelidik di sebuah perusahaan asuransi,  bersama anggota setianya kerap mencoba mengungkap kasus penipuan asuransi yang tengah terjadi. 

3. Vagabond (2019)

Dicintai pada masanya karena mempertemukan dua bintang besar Korea yakni Bae Suzy dan Lee Seung Gi. Vagabond bercerita tentang seorang stuntman bernama Cha Dal Geon (Seung Gi) yang harus menerima kenyataan bahwa keponakan kesayangannya meninggal sangat tragis akibat kecelakaan pesawat yang ditumpangi. 

Namun siapa sangka, jatuhnya pesawat tersebut bukan murni kecelakaan, Cha Dal Geon yang kemudian mengetahui bahwa ini adalah konspirasi tingkat tinggi akhirnya mengusut siapa dalang di balik kematian keponakannya yang kemudian dibantu agen NIS bernama Suzy.

4. The Flower of Evil (2020)

Cha Ji-Won (Moon Chae-Won) adalah seorang detektif yang sudah menikah dan memiliki suami yang penuh kasih dan perhatian, Baek Hee-Sung (Lee Joon-Gi). Mereka sangat senang dengan pernikahan itu, dan bahkan memiliki seorang putri setelahnya.

Dari luar, Baek Hee-Sung terlihat seperti suami biasa, tetapi sebenarnya dia memiliki masa lalu yang sangat kejam dengan menggunakan identitas orang lain. Baek Hee-Sung menipu istrinya. Saat mengetahui realitanya, Cha Ji-Won kecewa, karena dikhianati. Dia mengungkap masa lalu suaminya, dan menemukan banyak fakta baru tentang pernikahannya.

5. Tell Me What You Saw (2020)

Ditayangkan pada awal tahun 2020, Tell Me What You Saw menceritakan kisah seorang profiler kriminal yang kuat bernama Oh Hyun Jae (Jang Hyuk) yang tiba-tiba menghilang tanpa jejak setelah tunangannya meninggal tragis akibat dari pembunuhan berantai.

Sedangkan Cha Soo Young (Sooyoung) merupakan seorang polisi yang berada di daerah pedesaan. Kemampuannya untuk mengingat sangat tajam terkait semua yang dia lihat. Berkat kemampuan, dia pun dipilih sebagai detektif pemula yang nantinya akan bersama Hyun Jae untuk menyelesaikan kasus kriminal.

6. Beyond Evil (2021)

Bercerita tentang Lee Dong-Sik (Shin Ha-Kyun), seorang detektif yang dulunya sangat pandai dalam pekerjaannya. Untuk beberapa alasan, dia memutuskan untuk berganti pekerjaan ke kantor polisi Manyang, dan melakukan banyak pekerjaan yang membosankan. Kehidupannya sangat sepi, hingga detektif Han Joo-Won (Yeo Jin-Goo) pindah dan ditugaskan ke Lee Dong-Sik.

Pindahnya Joo-Won membuat penasaran Lee Dong Sik. Tak lama kemudian, pembunuhan berantai terjadi di kota kecil itu. Keanehan terjadi, karena kasus tersebut ternyata pernah terjadi pada 20 tahun lalu yang mana bisa mengubah hidup Lee Dong-Sik. 

7. Mouse (2021)

Mengikuti kisah seorang perwira polisi junior bernama Jung Ba Reum (Seung Gi). Ba Reum sendiri seorang yang ramah, suka menolong, dan adil yang terlihat di awal cerita. Namun seiring bersama seorang detektif  bernama Go Mu Chi (Lee Hee Jun), dia dihadapkan sebuah kasus mengenai pembunuhan berantai yang mana tengah ditakuti seluruh negeri. Meski akhirnya berhasil menyelesaikan kasus ini, hidup Ba Reum berubah total. 

Nah itu dia Bund, 7 rekomendasi drama detektif Korea terbaik yang tidak boleh Bunda lewatkan begitu saja. Sebaiknya segera jadwalkan untuk menonton salah satunya segera. 

Baca Juga: