Penulis: Farichatul | Editor: Aufia

Bunda suka drama romantis? Maka drama Thailand bisa jadi referensi. Drama dari Negeri Gajah Putih ini memang tidak sepopuler drama Korea bahkan dalam beberapa kasus drama Thailand memang hasil adaptasi langsung dari drama negeri ginseng tersebut. 

Eh tapi jangan salah sangka, meskipun begitu drama Thailand juga memiliki kualitas bagus. Apalagi insan perfilman negeri ini pintar sekali membuat cerita romantis berbalut komedi. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi drama Thailand genre romantis yang bisa Bunda tonton. Let’s take a look!

1. ATM 2 Koo ver Error Er Rak (2013-2014)

drama thailand romantis

Drama rekomendasi pertama adalah drama ATM 2 Koo ver Error Er Rak yang diangkat dari film komedi romantis berjudul ATM Er Rak Error (2012). Cerita pada drama ini melanjutkan kisah dari filmnya. Jika di versi film Jib (Preechaya Pongthananikorn) dan Sua (Chantavit Dhanasevi) masih backstreet sambil bekerja di JNBC Bank, di versi drama ini keduanya sudah menikah dan Jib menjadi ibu rumah tangga sementara Sua masih bekerja di JNBC. 

Cerita pada drama ini lantas berkutat pada kehidupan sehari-hari rumah tangga mereka yang dipenuhi pertengkaran nan lucu. Drama ini juga membahas permasalahan rumah tangga pada umumnya mulai dari kebiasaan pasangan yang menjijikkan sampai keinginan untuk memiliki keturunan. 

2. Full House Thailand Ver

Jika Bunda menyukai drama Korea, tentu Bunda sudah tidak asing dengan drama yang dibintangi oleh Rain dan Song Hye Kyo pada tahun 2004 lalu yang berjudul Full House. Karena kesuksesannya yang mendunia, drama ini lantas diadaptasi ke beberapa series termasuk versi Thailand. 

Full House versi Thailand ini dibintangi oleh aktris cantik Aom Sushar Manaying dan aktor tampan Mike Angelo dan tayang pada tahun 2014. Cerita drama ini kurang lebih masih sama dengan versi Korea-nya yaitu Aom si penulis polos yang ditipu oleh sahabatnya sendiri bertemu dengan Mike, si penyanyi arogan. 

Namun demikian, cara bertutur penulis skrip drama ini agak berbeda dengan versi aslinya sehingga lebih menekankan kesan lucu dan hangat daripada kesan naik roller coaster seperti versi Rain dan Song Hye Kyo.

3. Princess Hours Thailand Ver

drama thailand romantis

Selain full house, Thailand juga me-remake drama Korea terkenal lainnya yaitu Princess Hours atau Goong. Sama seperti versi Korea-nya, drama ini menceritakan pernikahan antara Pangeran Inn (Sattaphong Phiangphor) dan Puteri Kaning (Ungsumalynn Sirapatsakmetha) yang dijodohkan. 

Kepribadian Kaning yang ceroboh dan ceria berbeda 180 derajat dengan Pangeran Inn yang dingin dan tertutup. Akibat perbedaan sifat ini, hubungan mereka awalnya agak renggang. Konflik diperparah dengan adanya orang ketiga dalam kehidupan pernikahan mereka dan adanya ambisi ratu lama untuk menguasai istana kembali. 

4. U-Prince Series: Crazy Artist

U-prince series merupakan salah satu drama Thailand romantis yang memiliki poin penceritaan unik. Series ini terdiri dari 12 part yang masing-masing part menceritakan kisah cinta dua orang yang berbeda. Salah satu dari 12 cerita tersebut adalah crazy artist yang menceritakan kisah cinta 5 hari antara Hippy, seorang penyanyi rock dengan Mel Be, seorang mahasiswi jurusan MIPA yang kutu buku. 

Awalnya, Hippy menghampiri Mel Be yang baru saja putus dengan pacarnya hanya untuk meminta kaos bergambar the Beatles milik gadis tersebut. Mel Be lantas meminta Hippy untuk menjadi pacarnya selama 5 hari demi membuktikan kalau omongan mantan pacarnya adalah salah. 

5. Bpoop Phaeh Saniwaat (Love Destiny)

drama thailand romantis

Tidak hanya Korea loh Bunda yang jago membuat drama berlatar belakang sejarah Asia. Thailand mencoba membuat drama ini pada tahun 2018 dan berakhir dengan sukses. Love Destiny adalah drama Thailand yang menceritakan Kadesurang, seorang arkeologis perempuan yang terlempar ke dalam tubuh Karikade, seorang bangsawan kerajaan Ayutthaya di abad ke-18. 

Tidak hanya memiliki latar belakang zaman yang berbeda, sifat Karikade dan Kadisurang juga sangat berbeda. Hal ini serta kisah cintanya dengan Date adalah penarik utama drama ini. Apalagi drama ini ditulis dengan sangat baik sehingga meskipun memiliki muatan intrik politik, layer cerita tersebut tidak terasa memberatkan.

6. The Waves of Life

The Waves of Life bercerita tentang Jeerawat (Urassaya Sperbund) yang tidak sengaja menabrak Tiwadee (Prima Bhunjaroeun) sampai Tiwadee meninggal. Pacar Tiwadee yang bernama Sathit (Prin Suparat), tidak terima atas kematian pacarnya dan berniat untuk balas dendam. 

Namun nyatanya, dia malah terbawa ke dalam kehidupan Jeerawat yang rumit dan menyedihkan. Dia lantas menyadari bahwa Jeerawat sebenarnya adalah perempuan baik-baik dan pelan-pelan Sathit pun  merasa jatuh cinta pada perempuan tersebut.

Siap begadang nonton drama Thailand (Lakorn) romantis di atas Bund? Jangan lupa saksikan drama-drama tersebut melalui kanal yang legal ya!

Baca Juga: