Penulis: Mei Nurul | Editor: Aufia

Saat menyebut hewan panda, tentu si kecil akan berpikiran bahwa panda memiliki tubuh yang besar. Padahal sebenarnya ada panda menggemaskan yang ukurannya tidak seperti panda pada umumnya, lho Bund! Ya, itulah panda merah. Panda yang satu ini memang jarang terdengar tetapi sangat menarik untuk diketahui keunikannya.

Penasaran apa saja keunikan dan fakta menarik panda merah? Nggak usah berlama-lama lagi, langsung kepoin ulasan di bawah ini!

8 Fakta Menarik Panda Merah

1. Sudah ditemukan sejak tahun 1820-an

Panda merah sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1820-an dan lebih awal dibandingkan panda pada umumnya. Kemudian, 40 tahun setelah itu, panda hitam putih baru ditemukan di dataran China.

Kedua hewan ini memiliki kemiripan meskipun memiliki genus yang berbeda. Seiring berjalannya waktu, panda merah dianggap sebagai panda sejati, sedangkan panda hitam putih dianggap sebagai keluarga beruang.

2. Panda merah berhabitat di hutan bambu

Panda merah itu sendiri banyak ditemukan di Himalaya, Burma, Nepal dan Cina Tengah. Secara umum, hewan yang satu ini menyukai hutan bambu yang beriklim sejuk, seperti di daerah pegunungan.

3. Punya ekor dan seukuran kucing rumah

Dibandingkan dengan panda hitam putih, ukuran panda merah sebenarnya lebih kecil, bahkan sedikit lebih besar dari kucing rumahan, lho Bund! Selain itu, panda merah juga memiliki ekor yang tebal dan panjang sehingga membuatnya hampir mirip dengan rakun.

Panjang ekornya pun hamper sama dengan panjang badannya. Ekor yang dimiliki oleh panda merah ini juga bisa menghangatkan tubuhnya saat tidur seperti memakai selimut. Lucu sekali kan Bund!

Ciri lainnya, panda merah memiliki bulu pada telapak kakinya yang mampu mencegahnya tergelincir saat di cabang pohon yang basah. Selain itu, bulu-bulu tersebut juga bisa menjaga tubuhnya agar tetap hangat.

Panda merah memiliki cakar pada kaki yang tidak bersifat merusak saat berjalan di tanah. Namun, tetap tajam saat digunakan untuk memanjat pohon.

4. Cara reproduksi panda merah

Musim kawin panda merah biasanya berlangsung pada Januari hingga April. Setelah kawin, panda merah betina akan membangun sarang di batang pohon seperti gua atau lubang kecil untuk melahirkan bayinya.

Masa kehamilan panda merah pun hanya sekitar 100-145 hari. Setelah itu mereka akan melahirkan anak sebanyak 1-4 ekor. Banyak juga, ya Bund!

Anak-anak panda merah akan tinggal di sarah dan menyusu panda merah betina selama hampir 90 hari. Selanjutnya, mereka akan mulai menjelajah dan makan makanan padat. Pada usia 18-20 bulan, anak panda merah akan meninggalkan induknya dan siap untuk bereproduksi sendiri.

5. Panda merah termasuk hewan omnivora

Untuk bertahan hidup, panda merah sangat suka makan bambu, terutama pada bagian daunnya. Selain daun bambu, panda merah juga bisa makan serangga, bunga, beri, telur, hingga burung. Jadi, panda merah tergolong hewan pemakan segala atau omnivora.

6. Bertingkah lucu seperti kucing

Fakta menarik lain yang dimiliki panda merah adalah tingkahnya yang lucu seperti kucing. Kelakuannya pun mirip dengan kucing, seperti senang memanjat pohon, bermain, dan bergulingan. Wao…. so cute!

7. Suaranya mirip siulan burung

Keunikan lain yang dimiliki panda merah adalah memiliki suara yang mirip dengan siulan burung. Akan tetapi sebenarnya hewan yang satu ini lebih pendiam dan jarang mengeluarkan suara. Sekalinya bersuara, Bunda pasti akan terkejut dengan suaranya yang lucu itu deh!

8.  Merupakan spesies langka dan hampir punah

Yup… faktanya, saat ini spesies panda merah hampir punah. Sangat disayangkan memang!

Bahkan, populasinya di dalam liar pun terus berkurang. Salah satu penyebabnya adalah rusaknya habitat panda merah akibat ulah manusia, seperti pembukaan lahan perkebunan dan perburuan. Hewan ini banyak diburu untuk dimanfaatkan bulu-bulunya

Akan tetapi, upaya konservasi terhadap panda merah pun tetap terus dilakukan agar tetap lestari.

Itulah 8 fakta menarik panda merah yang perlu si kecil ketahui! Yuk, Bund kenalkan hewan yang satu ini ke si kecil.

Baca Juga:

Sumber

National Geographic. Red pandas, facts and photos. nationalgeographic.com

Idn Times. Seukuran Kucing, Ini 8 Fakta Menarik seputar Panda Merah!. idntimes.com

World Wildlife. Red Panda | Species | WWF – World Wildlife Fund. worldwildlife.org