Penulis: Putri Arya | Editor: Handa

Siapa tak kenal dengan film India? Film India atau Bollywood memiliki ciri khas yang melekat hingga saat ini, seperti tarian dan nyanyian yang bahkan selalu terngiang-ngiang di telinga. Industri film di India juga terbilang produktif karena mampu memproduksi film hingga ribuan judul pada tahun 2009 lalu.

Nah, kalau Bunda bosan dengan film Hollywood atau Korea, tidak ada salahnya untuk menonton film Bollywood. Dijamin deh alur ceritanya tidak membosankan, bahkan beberapa juga ada yang masuk Box Office, loh!

Penasaran kira-kira apa saja film India yang seru untuk ditonton bersama keluarga? Yuk, simak artikel berikut!

1. Kuch Kuch Hota Hai

Kuch Kuch Hota Hai merupakan film romantis India terbaik dan terpopuler hingga saat ini. Diperankan oleh Shah Rukh Khan, Rani Mukerji dan Kajol, film yang memiliki alur cerita menyayat hati ini telah mendapatkan berbagai penghargaan. Film yang bercerita tentang cinta segitiga antara Rahul, Anjali dan Tina ini pun sukses besar dan populer di Indonesia.

2. Mohabbatein

Diproduksi tahun 2000, film ini menyabet berbagai penghargaan di FilmFare Awards. Bahkan lagu-lagu di film ini menjadi playlist yang paling banyak dicari. Dibintangi Shah Rukh Khan, Amitabh Bachchan, dan Aishwarya Rai, Mohabbatein bercerita tentang kisah cinta diam-diam antara Raj Aryan Malhotra (diperankan Shah Rukh Khan) dan Megha (Aishwarya Rai).

3. Dilwale Dulhania Le Jayenge

Dilwale Dulhania Le Jayenge melambungkan nama Shah Rukh Khan dan Kajol sebagai bintang utama. Tidak hanya mendapat beragam penghargaan, film ini juga dianggap sebagai film fundamental yang mengubah perfilman Bollywood. Film ini berkisah tentang cinta seorang pria dan wanita muda yang bertemu ketika melakukan inter-railing di Eropa.

4. Article 15

Dirilis pada tahun 2019, film ini mengangkat isu tentang kasta di India yang masih terjadi hingga saat ini. Drama kiminal ini terinspirasi dari kisah nyata seorang polisi jujur yang berjuang memberantas kejahatan akibat adanya kasta dan diskriminasi. Spoiler Bunda, film ini juga diwarnai dengan insiden kematian!

5. Jodha Akbar

Tidak hanya serialnya yang sukses, film layar lebarnya pun turut mencuri perhatian. Jodha Akbar berlatar belakang klasik modern yang menceritakan tentang pernikahan antara raja kerajaan Mughal Akbar (Hritik Roshan) dan putri Rajput Jodhaa (Aishwarya Rai). Pernikahan terjadi karena aliansi strategi politik menjadi perkawinan sederajat.

Lantas, apakah pirnikahan tersebut akan berakhir bahagia? Atau malah sebaiknya? Daripada Bunda penasaran, yuk segera tonton filmnya!

6. Barfi!

Barfi! Merupakan film drama komedi India dengan latar tahun 1970-an. Film ini bercerita tentang Murphy “Barfi” Johnson, bocah tuna rungu daan hubungannya dengan dua wanita, Shruti dan Jhilmil yang autis. Dalam film ini, Bunda bisa melihat akting memukau Priyanka Chopra yang totalitas berperan sebagai penyandang autis.

7. 3 Idiots

Film drama komedi yang dibintangi Aamir Khan ini mendapat kesuksesan hampir di seluruh dunia. Di India sendiri, film 3 Idiots berhasil mendapat pendapatan terbanyak kedua sepanjang masa. Film 3 idiots bercerita tentang 3 mahasiswa. Alur kisahnya maju-mundur mengikuti perjalanan tiga mahasiswa tersebut.

Film ini menyuguhkan banyak pelajaran mengenai nilai-nilai kehidupan, seperti perbuatan baik yang dapat membekas di hidup orang lain serta menciptakan perubahan yang berarti. Film ini juga memberikan sindiran halus tentang sistem pendidikan yang salah. Cocok banget deh untuk ditonton bareng keluarga!

8. My Name Is Khan

Sedikit berbeda dari film lainnya yang dibintangi Shah Rukh Khan dan Kajol, film ini memiliki alur cerita yang lebih berat dan sensitive, dibumbui dengan agama dan politik. Film ini langsung sukses di India dan Amerika Serikat saat perilisannya di tahun 2010.

Film ini menceritakan tentang penderita sindrom Asperger yang menetap di Anerika Serikat Rizwan Khan (Shah Rikh Khan) yang mendapat perlakukan diskriminatif karena seorang muslim. Kehidupannya berubah sejak anak sambung Rizwan meninggal karena bullying. Mandira (Kajol) menyalahkan Rizwan dan meminta Rizwan untuk menemui presiden Amerika untuk menyatakan dirinya bukan teroris karena beragama Islam.

9. Bajrangi Bhaijaan

Dibintangi Salman Khan dan Kareena Kapoor, film ini memiliki kisah yang menyayat hati. Film yang disutradarai oleh Kabir Khan ini turut ditayangkan dalam 20th Busan International Film Festival (BIFF). Bajrangi Bhaijaan juga menjadi film India terpopuler kelima sepanjang sejarah perfilman dengan perolehan mencapai 46,43 Juta US Dollar.

10. PK

Film PK bercerita tentang seorang alien dengan tubuh manusia bernama PK (Aamir Khan). Ia datang ke bumi untuk melakukan sebuah penelitian. Sayangnya saat tiba di bumi ia kehilangan alat untuk komunikasi dengan pesawat luar angkasa yang mengantarnya. Menariknya, film ini mengangkat topik seputar dogma keagamaan secara satiris dan mampu menghibur penontonnya.

Bunda, itu dia 10 film India terbaik sepanjang masa. Dari 10 film India terbaik di atas, Bunda sudah pernah nonton yang mana? Atau film mana yang paling ingin Bunda tonton bersama keluarga?

Baca juga: