Penulis: Vinna | Editor: Aufia

Sebenarnya apa sih kufur nikmat itu? Dilansir dari berbagai sumber, kufur nikmat adalah sikap mengingkari pemberian (nikmat) Allah SWT dengan cara meremehkan anugrah (nikmat) tersebut. Meskipun tidak termasuk dalam kufur secara aqidah, sikap tercela ini dapat mendatangkan azab. Seperti yang tertera dalam firman Allah SWT, QS. Ibrahim: 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Tanpa disadari, pasti kita pernah melakukannya kan? Terkadang kita lupa untuk bersyukur. Padahal banyak sekali nikmat dan anugrah yang telah Allah SWT berikan, baik yang kita minta maupun tidak.

Lalu bagaimana cara agar kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dan terhindar dari sifat kufur nikmat? Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja dicek, Bund!

Cara Bersyukur Kepada Allah agar terhindar dari Kufur Nikmat

1. Mengingat Nikmat yang Telah Allah SWT Berikan

cara bersyukur kepada allah

Langkah pertama yang bisa Bunda lakukan adalah mengingatkan diri sendiri akan segala nikmat yang telah Allah SWT berikan. Tentunya Bunda tahu bahwa Allah SWT menyukai umatnya yang selalu bersyukur dan ingat untuk bersyukur. Seperti dalam firman Allah, QS. Al-Baqarah: 152 yang berbunyi:

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Artinya: Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

Dari ayat di atas, dapat kita ketahui bahwa umat muslim wajib mengakui nikmat Allah SWT, dan menyambutnya dengan cara mengingat dan bersyukur kepada Allah.

Cara paling sederhana untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah adalah dengan melafalkan kalimat tahmid “Alhamdulillahsetelah mendapatkan berkah (nikmat) dan saat berzikir setelah selesai sholat.

2. Mengingat Janji Allah SWT

Sifat mustahil Allah

Allah SWT maha mengetahui apa yang terbaik untuk umat-Nya. Nah, sebagai bukti cinta Allah SWt kepada umatnya, Allah selalu memberikan janji-janji terbaik. Tentunya sebagai umat muslim, kita harus senantiasa bersyukur ketika mengingat janji-janji Allah yang telah tertuang dalam Al-Quran tersebut. Agar selalu dicintai Allah SWT dan mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Beberapa janji Allah yang bisa meningkatkan rasa syukur kita adalah seperti yang tertuang dalam firman Allah QS. Ibrahim: 7 dan QS. Al-Baqarah: 152 di atas. Yaitu:

    • Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. (QS. Ibrahim: 7).
    • Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. (QS. Al-Baqarah: 152).

3. Jangan Lupa untuk Berbagi

hadits keutamaan sedekah

Banyak cara bersyukur yang bisa kita lakukan. Misalnya, jika kita bersyukur atas nikmat umur, maka hendaknya kita menggunakannya untuk bekerja dan beribadah kepada Allah SWT. Lain halnya jika kita ingin bersyukur atas nikmat harta yang telah Allah berikan, maka kita harus menggunakannya untuk bersedekah atau berbagi.

Rizki yang berlimpah dapat diartikan sebagai tanda bahwa Allah mempercayakan hak orang lain lewat kita. Jadi kita wajib untuk mensedekahkannya. Sesuai dengan firman Allah dalam QS. Az Zariyat: 19 yang berbunyi:

وَفِيْٓ اَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّاۤىِٕلِ وَالْمَحْرُوْمِ

Artinya: Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.

Pastinya Bunda tahu bahwa sedekah tidak akan membuat kita miskin. Justru dengan sedekah, akan banyak hal positif yang akan kita terima. Beberapa diantaranya adalah dijauhkan dari siksa api neraka, akan dilipat gandakan rezekinya dan lebih bahagia.

Rasulullah SAW bersabda:

 مَا نَقَصَ مَالُ مِنْ صَدَقَةٍ

Artinya: Harta tidak berkurang karena bersedekah. (HR. Muslim)

Allah SWT juga berfirman dalam QS. Saba’: 39

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya: Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.

4. Merasa Cukup dan Selalu Bersyukur

Kita juga harus Qana’ah. Yaitu selalu merasa cukup dengan segala nikmat yang telah Allah berikan tanpa memandang kenikmatan milik orang lain. Karena seperti keterangan sebelumnya, bahwa Allah maha mengetahui apa yang terbaik untuk umatnya.

Sikap Qana’ah ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

“Jangan sekali-kali merasa selalu kurang atas kenikmatan yang telah diberikan serta jangan membandingkan kenikmatan pribadi dengan kenikmatan kebahagiaan orang lain. Maka Allah tidak akan memberikan kenikmatan senikmat apapun.” (H.R Ibnu Majah No. 3417).

5. Wajib Menjaga Nikmat dari Kerusakan

Bund, menjaga nikmat dari kerusakan juga dapat menghindari kufur nikmat. Jadi jangan sekali-kali merusak nikmat dari Allah dengan melakukan perbuatan tercela ya! Mislanya sombong, pelit dan lupa bersyukur.

6. Renungkanlah Nikmat dari Allah SWT

Tiap manusia memiliki rezekinya masing-masing. Jadi alangkah baiknya kita selalu merenungkan apa saja nikmat yang selama ini telah Allah berikan. Dengan itu, kita akan selalu mengingat Allah SWT dan senantiasa bersyukur atas kebaikan yang telah Allah limpahkan kepada kita.

7. Memanfaatkan Nikmat Allah dengan Baik

doa setelah sholat fardhu

Untuk menunjukkan rasa syukur, kita harus memanfaatkan nikmat dari Allah dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan cara beribadah dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu kita akan jauh dari sifat kufur nikmat.

Itulah 7 cara bersyukur kepada Allah SWT dan dijauhkan dari sifat kufur nikmat. Bunda sudah siap untuk mengamalkannya?

Baca Juga:

Sumber

Quran Reading. (2015). How to be More Grateful to Allah SWT. quranreading.com

Soundvision. 18 Ways to Achieve Greatness Through Gratefulness. soundvision.com

Understand Quran. Ways of Expressing Gratitude, from the Quran and Sunnah. understandquran.com