Penulis: Irma | Editor: Aufia

Ngomongin soal rumah, rasa-rasanya kurang lengkap kalau tidak menyertakan dapur. Bagi sebagian orang, dapur dianggap sebagai jantungnya rumah karena memiliki peran penting. Di sinilah aktivitas memasak hingga menyantap makanan dilakukan. Melihat betapa intensnya kita berada di dapur, tak ada salahnya kalau ruangan tersebut kita desain secantik dan senyaman mungkin. 

Tertarik untuk merombak dapur tapi bosen dengan konsep dapur yang itu-itu saja? Atau, Bunda butuh konsep dapur yang fresh? Tenang saat ini desain interior dapur sudah berkembang, terlebih yang mengusung konsep minimalis yang unik dan estetik.

Penasaran dengan ragam desain dapur minimalis yang estetik dan mudah ditiru? Let’s take a look, Bund!

1. Open Plan Dapur dengan Ruang Makan

desain dapur minimalis

Hunian tidak terlalu luas? Konsep dapur open plan yang satu ini bisa jadi pilihan! Terlebih, biasanya konsep ini mengedepankan desain simple dan tanpa sekat.

Ruang makan yang menyatu dengan dapur cocok banget buat Bunda yang nggak suka ribet. Jadi, setelah memasak Bunda bisa langsung menyiapkan hidangan tanpa perlu repot-repot ke ruang yang jauh. Untuk mejanya sendiri bisa menyesuaikan selera Bunda dan, boleh kotak maupun bundar.

2. Bentuk Letter U

desain dapur minimalis

Jika rumah memiliki banyak sudut, bentuk Letter U untuk dapur bisa jadi pilihan Bun. Dengan begini, setiap sudut terisi dengan peralatan dapur. Sehingga lebih padat dan ruangan kosong tidak terbuang sia-sia.

Selain itu, Bun, konsep ini juga membuat dapur terlihat hangat dan praktis, karena biasanya bentuk Letter U untuk dapur ini biasa diaplikasikan untuk ruangan yang berukuran sempit, Bun. 

Bunda juga bisa menambah meja lipat yang menempel pada dinding. Dengan begitu, saat Bunda mau pakai, meja bisa dibuka. Nah, pas lagi nggak terpakai bisa dilipat lagi ke dinding. Ruangan jadi selalu menyesuaikan dengan kebutuhan deh, Bun.

3. Desain Dapur Minimalis Berkonsep Kontemporer

Tema yang ini unik banget, Bun! Soalnya perpaduan minimalis dan kontemporer membuat dapur terlihat berbeda dari yang lain. Ciri khasnya adalah perpaduan warna terang dengan warna gelap, sehingga membuat perpaduan warna yang dinamis.

Untuk space ruangan yang hendak diberikan warna gelap, Bunda bisa memilih cat tembok berwarna hitam, Bun. Nah, tembok itu bisa banget untuk area anak untuk berkreasi. Si kecil bisa menggambar pada dinding ketika Bunda memasak.

Untuk Bunda, bisa juga menulis catatan penting pada dinding itu deh. Jadi serba guna dan unik banget bukan? Dapur jadi terasa lebih hidup dan tidak monoton. Tentu saja pilih cat yang mudah dibersihkan atau yang mudah untuk diganti ya Bun. 

4. Desain Dapur Minimalis Memanjang

desain dapur minimalis

Untuk membuat rumah terlihat luas, terutama daerah dapur, desain ini bisa jadi pilihan utama, Bun. Deretan kitchen set dan juga kulkas yang ditata berbaris, membuat dapur terlihat rapi. 

Dapur yang rapi itu kunci agar dapur selalu terlihat cantik lho Bun! Sehingga, dapur nyaman untuk dipandang dan digunakan. Kalau rapi juga bisa mempermudah Bunda memasak karena sudah tau letak peralatan masak yang dibutuhkan, bukan? 

5. Konsep Elegan dengan Warna Monokrom

desain dapur minimalis

Untuk menambah kesan elegan, Bunda juga bisa menggunakan aksen granit pada meja. Rak kabinet yang terpoles warna gelap di bagian atas, membuat suasana dapur menjadi elegan dan mewah.  

Dapur dengan warna monokrom juga memiliki banyak keuntungan. Salah satunya tidak cepat kotor. Soalnya pemakaian warna yang gelap, jadi menyiasati ruangan ketika ada noda, Bun. 

6. Dapur Luar Ruangan atau Terbuka

Bunda senang yang natural? Butuh sedikit lampu sekaligus banyak udara? Konsep dapur satu ini paling pas sama Bunda! 

Nggak hanya bisa menyatu dengan alam, konsep dapur terbuka juga bisa bikin Bunda hemat! Lho, gimana tuh? Kok bisa? Bisa dong Bun! Soalnya konsep dapur seperti ini lebih membutuhkan sedikit lampu. Saat pagi hingga siang Bunda ingin memasak? Cahaya matahari masih tetap setia jadi penerangan utama. Jadi, nggak perlu deh buang-buang biaya listrik. 

Agar lebih aman, konsep dapur ini bisa menggunakan penyekat pintu kaca ataupun pintu pagar besi. Sehingga sirkulasi udara juga tetap terjaga. 

Itulah beberapa ide desain dapur minimalis yang simple tapi cantik. Gimana Bun? Sudah memantapkan pilihan dengan salah satu konsep dapur di atas kah? Kalau belum, Bunda bisa banget memastikan dulu bentuk ruangan atau dapur lama Bunda. Supaya lebih yakin dan pas dengan kebutuhan Bunda.

Baca Juga: