Penulis: Diana | Editor: Aufia

Memberikan nama pada si kecil tentunya tak boleh sembarangan. Nama diyakini sebagai doa yang kelak akan dibawa sampai mereka dewasa nanti. Makanya orang tua wajib memberikan nama yang bermakna baik untuk anaknya.

Nah, jika Bunda ingin memberikan nama bernuansa Islami pada si kecil, tak ada salahnya menggunakan nama Al-Fatih. Tak hanya pelafalannya saja yang bagus, artinya pun juga tak kalah bagus, loh.

Arti rangkaian nama bayi laki-laki fathan

Arti Al-Fatih Berdasarkan Ajaran Islam

Al-Fatih berasal dari kata berbahasa Arab yaitu Fatih yang artinya ‘sebuah pembukaan’. Nama ini juga merupakan bentuk lain dari surat pertama di Al-Qur’an yaitu Al-Fatihah. Inilah alasannya kenapa banyak penduduk Arab yang memberikan nama Al-Fatih bagi anak pertama mereka.

Bukan hanya bahasa Arab, nama Al-Fatih juga merupakan nama dalam bahasa Turki. Nama tersebut memiliki beberapa variasi penulisan, seperti El-Fatih. Nama ini juga merupakan gelar sultan Turki yang berhasil menaklukkan Konstantinopel, yaitu Sultan Mehmed II.

Karenanya, nama Al-Fatih juga identik dengan arti seorang pemimpin, penakluk, dan pemberani. Dari sisi penulisan, nama ini juga dapat diucap sebagai ‘Al-Fatih’, ‘Alfatih’, ataupun El-Fatih sebagaimana yang ada dalam bahasa Turki. 

Jadi tergantung pada situasi dan tempat dimana nama itu digunakan. Karena setiap tempat memiliki ejaan nama yang berbeda, tetapi tentu makna dari nama ini sama-sama positif dan mengandung makna yang baik ketika digunakan oleh buah hati.

Sifat dan Karakter

Dalam segi sifat dan karakter tentu nama AL-Fatih tidak lepas dari cerminan sosok jenderal nan bijaksana, berpendirian tegas, sosok yang cerdas, bertanggung jawab serta bijaksana. Siapa lagi jika bukan nama Al-Fatih ini. Sehingga seseorang yang mempunyai nama ini biasanya akan merefleksikan beberapa sifat itu juga ya bund.

Walaupun begitu, nama seseorang dari karakter tidak bisa kita nilai secara mutlak juga ya Bund karena tergantung juga pada lingkungan tempat si kecil dibesarkan. Jadi usahakan untuk orang-orang terdekat si kecil seperti keluarga, orang tua, teman harus memberikan pola asuh yang baik dan tepat ya di masa perkembangannya. 

Ide Kombinasi Nama Fatih

Bunda telah mengetahui maknanya dengan baik bukan? Tak ada salahnya untuk mencoba rangkaian nama-nama tersebut untuk diaplikasikan kepada nama si kecil ya. Bunda juga bisa mencoba memasukannya dengan nama lain yang memiliki makna yang baik juga agar doa yang terkandung dalam nama menjadi semakin luas.

Dalam segi penempatan makna pun juga dapat ditempatkan untuk nama tengah ataupun belakang. Karena tetap terdengar cocok dan bagus ya Bund. Nah untuk BUnda yang sedang mencari rangkaian nama inspiratif dari nama Al-Fatih, berikut Catatan Bunda rangkum khusus untuk Bunda ya.

  1. Adam Al-Fatih Amri: Anak laki-laki pertama yang menjadi pemimpin untuk mengurus kepentingan umat.
  2. Abdul Aliyy Al-Fatih: seorang hamba yang paling tinggi karena sifat kepemimpinannya dalam mengurus umat
  3. Fadhil Al-Fatih: Anak laki-laki yang mempunyai jiwa kepemimpinan umat yang baik serta bersifat dermawan, ramah, dan baik hati
  4. Sultan Shadam Al-Fatih: seorang pemimpin yang tegas dan gagah
  5. Ibnu Sina Al-Fatih: menjadi bayi laki-laki yang cerdas, pintar, dan bermartabat sebagai pemimpin serta penakluk
  6. Arkan Al-Fatih Ahmad: seorang anak pertama pemberani yang selalu diberkahi dengan banyak kemuliaan
  7. Al-Fatih Nazar Imam: seorang anak laki-laki yang akan menjadi pemimpin kuat dan pemberani
  8. Muhammad Al-Fatih Ali: seorang anak laki-laki pertama yang cerdas, mulia, dan sangat baik
  9. Maulana Al-Fatih Ibrahim: seorang anak-laki-laki yang akan menjadi pemimpin yang bisa melindungi orang-orang disekitarnya
  10. Fariz Al-Fatih: seorang anak laki-laki yang akan menjadi pemimpin yang menjadi sosok yang tekun dan semangat dalam bekerja.

Itulah ulasan tentang arti dan rangkaian nama dari AL-Fatih. Semoga dapat menambah inspirasi Bunda untuk nama si Kecil ya.

Baca Juga: