Penulis: Putri Arya| Editor: Aufia

Hati-hati, sebaiknya Bunda tidak sepelekan sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang! Meski umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, rasa sakit yang terus menerus bisa menjadi gejala awal suatu penyakit yang lebih serius. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami kondisi tersebut. Supaya mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat!

Nah, sebelum ke dokter, berikut ini beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang. Simak, yuk! Siapa tahu bisa jadi gambaran kondisi yang sedang Bunda alami!

1. Kram Menstruasi

Nyeri atau kram menstruasi di perut bagian bawah dapat terjadi sebelum atau selama periode menstruasi. Rasa sakitnya bisa menjalar hingga ke bagian kaki. Kondisi ini biasanya disertai dengan sakit punggung dan kaki, mual, dan sakit kepala.

Kram menstruasi merupakan kondisi yang normal terjadi. Namun bila rasa sakitnya parah hingga membuat Bunda sulit beraktivitas, segera lakukan konsultasi dengan dokter.

2. Gas Usus

Kondisi ini terjadi ketika makanan tidak dicerna dengan baik dan menyebabkan penumpukan gas di usus. Menumpuknya gas dalam usus menimbulkan rasa tidak nyaman dan kembung di perut.

Masalah ini biasanya akan reda dalam beberapa jam. Namun dapat bertahan lebih lama dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti intoleransi laktosa.

3. Appendicitis (Radang usus Buntu)

Apendisitis atau radang usus buntu menjadi salah satu penyebab umum sakit perut sebelah kanan bawah. Kondisi ini terjadi akibat terjadinya peradangan pada usus buntu. Gejala khas dari penyakit ini adalah sakit perut sebelah kanan bawah yang disertai dengan demam, mual, muntah, kembung, sembelit, dan diare.

4. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium (jaringan yang melapisi rahim) tumbuh di luar rahim. Misalnya di ovarium, usus, atau di sekitar panggul.

Kista endometriosis bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pnggang. Gejala lainnya meliputi periode menstruasi yang menyakitkan, rasa nyeri saat buang air besar, kram selama menstruasi, dan nyeri setelah berhubungan seks.

5. Kehamilan Ektopik

Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi berada di luar rahim. Kondisi yang disebut juga hamil di luar kandungan ini bisa terjadi di indung telur, tuba falopi, dan leher rahim.

Salah satu gejala kehamilan ektopik adalah sakit perut sebelah kanan bawah, tapi bisa juga terasa di perut sebelah kiri. Hal ini tergantung lokasi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.

Gejala lain yang menyertai kehamilan ektopik di antaranya seperti rasa nyeri pada bahu atau leher, perdarahan ringan hingga berat pada vagina, nyeri saat buang air besar atau buang air kecil, mual, hingga diare.

6. Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi pada saluran genital. Radang panggul dapat menyebabkan sakit perut di bagian bawah, namun gejalanya seringkali ringan dan jarang dirasakan. Gejala lainnya yang menyertai di antaranya seperti:

    • Nyeri saat berhubungan seks.
    • Nyeri saat buang air kecil.
    • Periode menstruasi yang terasa berat dan menyakitkan.
    • Perdarahan di antara periode atau usai berhubungan seks.
    • Mual.
    • Demam.

7. Kista Ovarium Kanan

Kista ovarium merupakan kantung berisi cairan yang terbentuk di ovarium kiri atau kanan. Umumnya kista ovarium tidak membahayakan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun jika kista ovarium membesar bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.

Kista yang membesar juga dapat menekan kandung kemih, sehingga Bunda bisa merasa selalu ingin buang air kecil.

8. Salpingitis Kanan

Salpingitis merupakan peradangan pada saluran tuba akibat infeksi bakteri. Penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia menjadi penyebab umum penyakit ini. Pada wanita, Salpingitis dapat menyebabkan kemandulan karena merusak tuba falopi.

9. Hernia Inguinalis

Penyakit ini terjadi saat jaringan lunak dari membran yang melapisi rongga perut (omentum) atau bagian dari usus menonjol melalui titik lemah otot perut. Tonjolan ini akan terasa sangat menyakitkan, terutama saat batuk, olahraga, membungkuk, atau mengangkat beban berat.

Baik pria maupun wanita, keduanya dapat mengalami hernia inguinalis. Namun pria lebih rentan terserang penyakit ini dengan kondisi yang lebih parah.

10. Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi ketika kristal kecil kalsium, asam urat, atau bahan kimia lainnya terbentuk di ginjal. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit parah di sisi perut. Gejala lainnya seperti demam, mual. Panas dingin, nyeri saat buang air kecil, dan adanya darah dalam urin.

Itulah 10 penyebab sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang. Segera periksakan diri ke dokter jika Bunda mengalami beberapa gejala atau berisiko tinggi terserang penyakit di atas. 

Baca Juga:

Sumber

Healthline. (2022). 19 Causes of Pain in the Lower Right Abdomen Near the Hip Bone. healthline.com

Medical News Today. (2018). What is this pain in my lower right abdomen?. medicalnewstoday.com

Alodokter. (2021). Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya. alodokter.com