Penulis: Litalia Putri | Editor: Handa

Kehilangan nafsu makan saat hamil muda banyak dialami oleh para perempuan. Sebab sebagian besar perempuan mengalami morning sickness dengan gejala mual ataupun muntah pada trimester awal kehamilan.

Untuk menjaga nutrisi tubuh tetap stabil, Bunda perlu menyiapkan asupan makanan bergizi agar perut tetap terisi. Pasalnya, selain untuk memenuhi kebutuhan kalori harian yang diperlukan, makanan yang Bunda konsumsi juga menjadi nutrisi tambahan bagi janin loh.

Maka dari itu, penting sekali untuk tetap mengatur pola makan Bunda, terutama pada trimester pertama. Menjaga pola makan juga berarti memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi loh Bunda. Berikut ini 5 makanan enak dan sehat yang dapat menjadi rekomendasi Bunda agar tetap memperoleh asupan nutrisi ketika meskipun sering mengalami mual dan muntah.

1. Sayuran

Makanan pertama yang dapat dijadikan rekomendasi untuk Bunda yang tengah hamil muda yaitu sayuran. Jenis makanan ini mengandung banyak nutrisi yang baik guna menjaga asupan kalori tetap stabil.

Selain itu, sayuran juga baik untuk menutrisi janin loh Bunda. Kandungan asam folat dan zat besi yang terdapat pada jenis sayuran berwarna hijau diketahui dapat membantu tumbuh kembang si Kecil di dalam kandungan. Untuk itu, pastikan Bunda lebih sering mengkonsumsi berbagai jenis sayuran ya.

2. Buah-buahan

Rekomendasi makanan yang baik untuk hamil muda selanjutnya yaitu buah-buahan. Kandungan vitamin C yang terdapat hampir di semua jenis buah-buahan memberikan efek yang baik bagi tubuh Bunda.

Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan asam folat juga sangat disarankan untuk Bunda. Pasalnya kandungan tersebut merupakan nutrisi yang cukup berperan penting dalam pembentukan sel otak bayi. Sehingga akan mempengaruhi kecerdasan buah hati Bunda nantinya.

Manfaat lain dari asam folat yaitu dapat mencegah keguguran dan mengurangi resiko terkena anemia. Nah, kandungan ini dapat Bunda peroleh dari buah jeruk, pepaya dan alpukat. Sering-sering mengkonsumsi ya Bun.

3. Susu dan Produk Olahannya

Susu dan produk olahannya memang mempunyai berbagai jenis manfaat yang tidak diragukan lagi. Berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu seperti protein, vitamin D, asam folat, dan kalsium berguna untuk tumbuh kembang janin loh Bunda.

Dengan mengkonsumsi susu dan produk olahannya (keju, yogurt,dll), nutrisi harian Bunda juga akan lebih mudah tercapai. Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya dapat membantu proses pembentukan tulang dan gigi janin serta memperkuat tulang dan gigi Bunda. Tunggu apalagi? Segera konsumsi ya Bunda.

4. Gandum Utuh

Rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi saat hamil muda selanjutnya yaitu gandum utuh. Berbagai jenis makanan seperti roti gandum, oats, sereal dan yang lainnya dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.

Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam gandum utuh dapat Bunda jadikan pilihan sebagai pengganti nasi. Selain mempunyai kandungan yang lebih kompleks, dengan mengkonsumsi olahan dari gandum utuh juga lebih praktis dan tidak membuat mual.

5. Telur dan Daging

Makanan terakhir yang dapat dijadikan pilihan untuk dikonsumsi saat hamil muda yaitu telur dan daging. Kandungan protein yang terdapat di dalam kedua jenis makanan ini mempunyai peranan penting dalam pembentukan otot dan jaringan pada janin loh Bunda.

Selain itu, dengan mengkonsumsi protein yang cukup juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, Bunda akan lebih kuat terhadap berbagai jenis penyakit. Oleh karenanya, jenis makanan ini juga tidak boleh tertinggal ya Bun.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat hamil muda. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu proses pembentukan tubuh buah hati. Jangan lupa untuk tetap dikonsumsi ya Bunda.

Baca juga:

Sumber

Halodoc.com. (2021). 7 Makanan Wajib Bumil di Trimester Pertama. www.halodoc.com.

Livescience.com. (2021). Pregnancy Diet & Nutrition: What to Eat, What Not to Eat. www.livescience.com.

Eatingwell.com. (2019). What to Eat When You’re Pregnant: First Trimester. www.eatingwell.com.