Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Baik disengaja atau tidak, Bunda mungkin akan mengalami robek di area perineum saat proses persalinan berlangsung. Jika hal ini terjadi, dibutuhkan penanganan medis berupa jahitan sesuai dengan luas area vagina atau perineum yang robek. Luka jahitan pasca melahirkan membutuhkan perawatan khusus agar lebih cepat pulih.

Lantas bagaimana jika terjadi masalah dan jahitan terlepas? Kenali ciri jahitan setelah melahirkan normal lepas sekaligus bagaimana cara merawatnya, yuk Bund! Langsung scroll ke bawah, ya! Jangan sampai ada yang terlewat!

Berapa Lama Jahitan Sembuh Pasca Melahirkan?

Ciri dan Cara Merawat Jahitan Setelah Melahirkan Normal Lepas

Waktu yang dibutuhkan hingga jahitan sembuh biasanya sekitar 2-4 minggu untuk menyembuhkan area vagina dan bagian belakang perineum. Namun tingkat kesembuhan berbeda pada setiap orang dan bisa saja Bunda membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jahitan episiotomi umumnya akan sembuh di bulan pertama setelah kelahiran si kecil. Namun Bunda juga perlu bersiap untuk risiko memar dan pembengkakan yang bisa saja terjadi.

Bunda yang telah mendapatkan jahitan pada operasi Caesar di kehamilan pertama, biasanya membutuhkan waktu sembuh sekitar 6 minggu. Namun tak jarang dalam beberapa kasus proses penyembuhan membutuhkan waktu hingga 12 minggu.

Cara Merawat Jahitan Pasca Melahirkan Normal

Cara Terbaik merawat jahitan episiotomi adalah dengan menjaganya tetap bersih dan kering. Cuci dan bersihkan perineum dengan air hangat usai buang air kecil. Lalu tepuk-tepuk area tersebut dengan lembut menggunakan kain lap bersih atau tisu toilet. Selain itu, Bunda juga harus mengganti pembalut secara teratur agar area vagina tetap kering dan nyaman.

Tidak hanya itu, beberapa tips perawatan jahitan pasca melahirkan ini juga perlu Bunda lakukan di rumah agar cepat sembuh:

  1. Kompres dingin perineum dengan es yang dibungkus selembar kain tipis selama 10 menit. Aplikasikan kembali setiap jam atau sesuai dengan kebutuhan. Bisa juga dengan menempatkan kantong es pada lapisan dalam pembalut.
  2. Jaga kebersihan perineum dengan mandi setiap hari.
  3. Berbaring selama 20-40 menit setiap jam selama 24 jam pertama pasca melahirkan untuk mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan.
  4. Berbaring miring untuk membuat tubuh lebih nyaman, terutama jika Bunda mengalami nyeri punggung bawah.
  5. Tahan duduk dengan posisi kaki bersilang, atau posisi duduk apapun yang memungkinkan labia terbuka lebar. Hal ini membantu mengurangi ketegangan pada jahitan dan perineum.
  6. Latih dasar otot panggul dengan lembut setiap jam untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan.
  7. Bergerak dengan hati-hati, hindari mengejan, menahan napas, atau mengangkat barang berat termasuk balita.
  8. Hati-hati ketika menarik dasar panggul sebelum bergerak, mengangkat, batuk, atau bersin.

Jahitan bisa larut dan akan lepas antara 1-3 minggu pasca melahirkan. Bunda mungkin akan menemukan beberapa jahitan pada tisu toilet dan di kamar mandi.

Ciri-ciri Jahitan lepas Pasca Melahirkan Normal

Bau menyengat, keluarnya darah hingga nanah merupakan tanda paling terlihat ketika ada masalah pada jahitan perineum. Bunda juga bisa mengalami demam dan rasa nyeri teramat sangat saat jahitan terlepas.

Ciri-ciri jahitan lepas pasca melahirkan normal lainnya yang bisa terjadi di antaranya seperti:

  • Pembengkakan di area vagina
  • Adanya celah di antara jahitan
  • Pendarahan atau keluar gumpalan darah pada vagina
  • Keputihan berlebih dengan aroma tak sedap
  • Gangguan buang air kecil, muncul rasa nyeri atau sensasi terbakar ketika buang air kecil

Bunda yang telah menjalani prosedur operasi Caesar pada kehamilan pertama lalu menjalani prosedur normal pada kehamilan kedua berisiko lebih tinggi mengalami keluarnya gumpalan darah pada vagina.

Beberapa penyebab umum yang membuat jahitan lepas pasca melahirkan normal di antaranya seperti:

  • Benang terputus sebelum waktunya
  • Simpul benang terbuka karena kurang kuat
  • Terjadi trauma (seperti jatuh atau terpeleset)
  • Infeksi

Perawatan Jahitan Lepas

Ciri dan Cara Merawat Jahitan Setelah Melahirkan Normal Lepas

Cara mencegah jahitan lepas pasca melahirkan normal adalah dengan merawat luka jahitan tetap bersih. Bila perlu, lakukan kompres antiseptik atau menggunakan salep antibiotik. Temui bidan atau dokter spesialis kandungan jika luka jahitan terasa semakin perih dan nyeri.

Merawat jahitan pasca melahirkan normal memang gampang-gampang susah ya, terlebih jika belum berpengalaman. So, jika Bunda merasa mengalami ciri jahitan setelah melahirkan normal lepas seperti di atas, segera lakukan perawatan luka ya!

Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter jika gejala di atas tidak mereda!

Baca Juga:

Sumber