Penulis: Annisa | Editor: Aufia

Memiliki beragam warna yang eye catching, bunga bougenville menjadi salah satu tanaman hias yang sangat populer. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini termasuk dalam famili Nyctaginaceae atau suku kembang kertas-kertasan. Itulah kenapa, bougenville juga disebut sebagai bunga kertas.

Menariknya, keindahan bougenville justru berasal dari seludang bunganya. Yaitu daun pelindung berukuran besar yang menyelubungi bunga majemuk. Yup… sejatinya bunga bougenville adalah bunga putih kecil yang menempel pada seludang.

Spesies bunga ini bisa tumbuh subur di kawasan beriklim tropis. Batangnya berduri tajam dan bisa tumbuh hingga setinggi 10 meter. Uniknya, beberapa spesies bisa dijadikan bonsai, lho!

Tertarik menanam bougenville, Bund? Berikut 8 jenis bunga bougenville yang bisa Bunda tanam di pekarangan rumah.

8 Jenis Bunga Bougenville yang Cocok untuk Mempercantik Taman

1. Cherry Blossom

Intip! 8 Jenis Bougenville ini Cocok untuk Mempercantik Taman - Cherry Blossom

Ini dia salah satu jenis bougenville yang populer, Cherry Blossom. Bagaimana tidak? Perpaduan warna pink di satu bagian seludang dan warna putih di bagian lainnya menjadi daya tarik tersendiri. Pada beberapa bunga, warna seludangnya hampir mendekati putih.

2. Bougainvillea Barbara Karst

Bougainvillea Barbara Karst merupakan varietas bunga hibrida lain dari Bougainvillea glabra dan Bougainvillea peruviana. Daya tariknya terletak pada corak warna merah, merah tua, hingga magenta pada seludang bunganya. Uniknya, varietas bougenville yang memiliki seludang bertekstur halus ini bisa mekar sepanjang tahun, lho!

3. Bougenville Alexandra

Intip! 8 Jenis Bougenville ini Cocok untuk Mempercantik Taman - Bougenville alexandra

Pekarangan rumah Bunda akan jauh lebih anggun dan cerah jika ditanami bunga Bougenville Alexandra. Pasalnya, varietas ini memiliki kelopak daun berwarna ungu yang rimbun saat mekar. 

Pada saat tertentu, terutama saat berbunga, tanaman ini akan merontokkan daun-daunnya. Ketika bunga mulai bermekaran, mereka terlihat kompak menutupi batangnya. Indah banget!

4. Baby Victoria

Varietas yang cocok ditanam di daerah beriklim tropis ini memiliki ciri khas berupa seludang yang berwarna magenta dan ungu. Tanaman ini memiliki batang berduri dan bisa tumbuh mencapai tinggi 5 sampai 15 meter. Daunnya berupa daun tunggal berwarna hijau tua pada bagian tengah dengan aksen hijau muda pada tepi daun. 

Menariknya, Bougenville Baby Victoria memiliki bentuk daun yang variatif. Ada yang rapat, lonjong, bulat telur, dan elips. 

5. Bougenville Gold Rush

Intip! 8 Jenis Bougenville ini Cocok untuk Mempercantik Taman - bougenville gold rush

Sekilas warna kuning keemasan pada bunga ini terlihat sama dengan jenis California Gold, namun jenis Gold Rush memiliki warna kuning yang lebih cerah. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk agak runcing. Tanaman ini dapat tumbuh merambat di pohon atau tembok hingga ketinggian 20 kaki.

Nah, karena varietas ini termasuk dalam kategori tanaman rambat, sebaiknya Bunda menanamnya di dekat tembok atau lanskap lainnya. Tujuannya supaya bisa tumbuh dengan maksimal. 

6. Bougenville Afterglow

Intip! 8 Jenis Bougenville ini Cocok untuk Mempercantik Taman - bougenville afterglow

Memiliki nama latin Bougainvillea xbuttiana, varietas ini memiliki kelopak daun berwarna peach dan orange tone. Di area tropis, tanaman ini bisa mekar sepanjang tahun. 

Sementara di negara empat musim, Bougenville Afterglow memiliki siklus kehidupan yang unik. Tanaman ini akan mekar saat musim panas dan mati saat memasuki musim dingin yang ekstrem. Kemudian tumbuh lagi saat memasuki musim panas. 

Tertarik menanam Bougenville Afterglow? Varietas ini bisa tumbuh di segala jenis tanah dan tahan terhadap panas matahari.

7. Bambino Majik

Intip! 8 Jenis Bougenville ini Cocok untuk Mempercantik Taman - bambino majikBambino Majik merupakan jenis bougenville yang cocok untuk pecinta tanaman hias dengan warna lembut atau tidak terlalu mencolok. Pasalnya, bougenville jenis ini memiliki seludang bunga berwarna gradasi ungu dan putih.

Sama seperti namanya, Bambino Majik bisa menghadirkan sentuhan magic di pekarangan rumah Bunda. Oh iya, varietas ini juga bisa mekar sepanjang tahun, lho!

8. Bambino Baby Lauren

 Jika diperhatikan dengan seksama, warna bunga Bambino Baby Allison dan Bambino Baby Lauren terlihat sama. Keduanya memiliki seludang bunga berwarna ungu. Hanya saja, warna ungu pada varietas Bambino Baby Lauren jauh lebih soft. Di negara empat musim, bunga ini akan mekar di awal musim panas serta di akhir musim gugur dan musim semi.

Itulah berbagai jenis bunga Bougenville yang bisa mempercantik pekarangan Bunda. So, jenis mana yang sudah menarik perhatian Bunda?

Baca Juga: