Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dimanfaatkan. Tidak hanya diambil dagingnya untuk hidangan, susu hingga kulit kambing juga dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Kambing juga menjadi salah satu hewan qurban pada hari raya Idul Adha.

Tapi tahukah Bunda, ternyata kambing memiliki beragam jenis dengan harga yang bervariasi. Yuk, kita cari tahu apa saja jenis kambing dan kisaran harganya!

1. Kambing Muara (Kisaran Harga Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000)

8 Jenis dan Harga Kambing di Indonesia, Ada yang Cocok untuk Kurban - kambing muara

Kambing muara berasal dari Sumatera Utara, lebih tepatnya di wilayah Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Itulah sebabnya kambing ini dinamakan kambing muara.

Jenis kambing ini memiliki ciri khas fisik berwarna coklat dengan aksen hitam. Kambing ini terlihat lebih gagah dibanding jenis kambing lainnya karena lebih berisi serta memiliki ketangkasan yang baik dan sangat lincah.

2. Kambing Marica (Kisaran Harga Rp 2.000.000 – Rp 3.500.000)

Kambing marica merupakan jenis kambing lokal yang termasuk kategori langka atau hampir punah. Daerah populasi kambing ini terdapat di Kabupaten Maros, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Soppeng, dan Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kambing marica berpotensi mampu beradaptasi dengan baik di lahan kering dengan curah hujan sangat rendah sepanjang tahun. Kambing ini mampu bertahan hidup di musim kemarau dengan hanya memakan rumput kering di lahan berbatu. Ciri khas kambing ini terdapat pada telinganya yang tegak dan relatif pendek kecil. Kambing ini juga memiliki tanduk kecil dan pendek serta terlihat lincah dan agresif.

3. Kambing Kacang (Kisaran Harga Rp 1.000.000 – Rp 2.500.000)

8 Jenis dan Harga Kambing di Indonesia, Ada yang Cocok untuk Kurban - kambing kacang

Kambing kacang merupakan salah satu jenis hewan kurban yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Tidak hanya harganya yang terjangkau, kambing kacang juga tidak mudah sakit serta perawatannya yang mudah.

Namun jenis kambing ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Bobot maksimal untuk kambing kacang jantan sekitar 30 kg dan kambing betina mencapai 25 kg. Ciri khas kambing kacang adalah bulunya yang pendek kecuali di bagian ekor dan dagu.

4. Kambing Boer (Kisaran Harga Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000)

8 Jenis dan Harga Kambing di Indonesia, Ada yang Cocok untuk Kurban - kambing boer

Kambing Boer dijuluki sebagai kambing sapi karena ukuran tubuhnya yang sangat besar. Bobot kambing dewasa bisa mencapai 150 kg. Hal ini karena kambing boer berasal dari Afrika Selatan yang dikembang biakkan di Indonesia.

Kambing Boer termasuk jenis pedaging dengan pertumbuhan sangat cepat. Ciri khas kambing ini dapat sangat jelas terlihat dari ukuran tubuhnya yang lebih besar dari jenis kambing lainnya. Namun uniknya, kambing boer memiliki kaki yang pendek.

5. Kambing Gembrong (Kisaran harga Rp 3.500.000 – Rp 5.000.000)

Kambing gembrong berasal dari Bali dan disebut hampir punah. Spesies ni merupakan bentuk persilangan antara kambing Kashmir dan Turki. Keduanya masuk ke bali sebagai hadiah untuk seorang bangsawan Bali dan selanjutnya berkembang hingga saat ini.

Ciri khas kambing gembrong adalah bulunya yang panjang lebat dan mengkilap dari kepala hingga ekor. Kambing ini perlu dicukur secara berkala agar bulu yang terus tumbuh tidak menutupi mata dan telinganya.

6. Kambing Etawa (Kisaran harga Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000)

Kambing etawa lebih sering di ternak untuk dimanfaatkan susunya. Jenis kambing ini terkenal menghasilkan banyak susu dengan rasa yang lebih enak. Ciri khas kambing etawa adalah kakinya yang pendek dengan badan cukup besar. Berat kambing etawa jantan bisa mencapai 91 kg dan kambing etawa betina hingga 63 kg.

7. Kambing Saanen (Kisaran Harga Rp 4.500.000 – Rp 7.000.000)

8 Jenis dan Harga Kambing di Indonesia, Ada yang Cocok untuk Kurban - kambing saanen

Jenis kambing ini merupakan salah satu penghasil susu terenak. Kambing yang berasal dari Swiss Barat ini memiliki tampilan yang putih dan terlihat bersih dengan bulu pendek. Ciri khas kambing saanen adalah hidungnya yang lancip serta telinga tegak berdiri. Ciri lainnya adalah kambing saanen berbulu tipis dan ekor pendek.

Bobot kambing saanen jantan dapat mencapai 91 kg dan kambing betina hingga 63 kg. Pantas kalau jenis kambing yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

8. Kambing Jawarandu (Kisaran harga Rp 1.200.000 – Rp 3.500.000)

Nama lain kambing ini adalah Bligon, Gumbolo, Koplo, dan Kacukan. Kambing Jawarandu memiliki tampilan yang hampir sama dengan kambing kacang. Hal ini karena kambing Jawarandu merupakan hasil persilangan dari kambing kacang dan kambing etawa. Persilangan ini juga membuat kambing Jawarandu dapat menghasilkan susu dalam jumlah banyak.

Ciri-ciri kambing Jawarandu yaitu memiliki tubuh lebih kecil dari kambing etawa. Bobot kambing jantan dewasa dapat mencapai lebih dari 40 kg, sedangkan kambing betina mencapai 40 kg. Kambing ini memiliki telinga yang lebar terbuka, panjang, dan terkulai. Baik jantan dan betina, keduanya sama-sama tipe pedaging dan penghasil susu.

Sekarang Bunda sudah tahu kan mengenai jenis dan kisaran harga kambing di Indonesia. Nah, sudahkah Bunda memilih jenis kambing yang cocok untuk kurban?

Baca Juga: