Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia. Bentuknya yang unik dengan warna-warni yang menawan membuat banyak pecinta ikan hias ingin memiliki ikan mas koki.

Tapi tahukah Bunda, ternyata ikan mas koki sendiri memiliki beragam jenis. Bahkan, beberapa di antaranya terbilang langka dan dijual dengan harga relatif mahal, lho. Berikut ini 10 jenis ikan mas koki yang populer di Indonesia.

1. Ikan Mas Koki Oranda

Ikan mas koki Oranda merupakan salah satu ikan hias paling sering dicari karena bentuknya yang cantik dengan kepala menyerupai mahkota. Meskipun sekilas mirip dengan ikan mas koki Lionhead, tapi ikan hias ini memiliki sirip di punggung yang tidak dimiliki Lionhead. Ikan hias ini juga memiliki ekor yang lebih panjang dengan warna putih pekat yang mendominasi.

2. Ikan Mas Koki Black Moor

Meskipun warnanya dominan hitam, ikan mas koki Black Moor tetap menawan dengan ciri khas tubuhnya yang bertekstur halus serta mata yang lebih menonjol. Ikan mas koki dengan nama lain Black Telescop ini dapat tumbuh hingga 15 cm dan mencapai usia dari 6-25 tahun.

3. Ikan Mas Koki LionHead

Daya tarik utama dan menjadi ciri khas ikan mas koki Lionheads adalah gumpalan seperti buah berry yang memenuhi kepalanya. Ciri lainnya dari ikan mas koki ini yaitu tidak adanya sirip di bagian atas. Bukan tanpa sebab, Bunda. Keunikan ini dikarenakan ikan mas koki Lionheads merupakan hasil perkawinan silang Lionheads dan Ranchus asal Thailand.

Panjang tubuh ikan mas koki Lionheads dapat mencapai 10-16 cm dengan varian warna yang beragam saat dewasa. Ikan hias ini masuk dalam kategori populer di Indonesia. Tapi yang paling populer adalah ikan dengan warna kuning pucat dan putih.

4. Ikan Mas Koki Fancy Panda

Sesuai dengan namanya, Bunda pasti sudah bisa menebak ciri khas ikan ini. Ya, ciri khas ikan mas koki Fancy Panda terdapat pada warna hitam dan putih yang menempel pada tubuhnya. Selain itu, ikan mas koki ini juga memiliki tubuh yang bulat tapi tidak lonjong serta dapat mencapai panjang 20-30 cm. Namun ikan mas koki Fancy Panda masuk dalam golongan ikan langka dan dijual dengan kisaran harga yang cukup mahal.

5. Ikan Mas Koki Ryukin

Berasal dari Jepang, ikan mas koki ryukin populer karena bentuknya yang mirip Koi. Ikan mas koki ryukin memiliki bentuk tubuh pendek dengan pundak serta sirip yang melebar. Ikan mas koki ini termasuk dalam golongan ikan langka serta memiliki beberapa nama lain seperti Fringetail, Ribbontail Jepang, Veiltail, dan Fantail.

6. Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan mas koki jenis ini memiliki bentuk tubuh yang unik dan menggemaskan. Dua balon yang terdapat pada bagian sisi pipinya jadi ciri khas Bubble Eye. Tapi sayangnya Bund, karena bentuk matanya ini membuat Bubble Eye sensitif terhadap benturan yang dapat menyebabkan infeksi. Ikan mas koki Bubble Eye bisa Bunda temukan dengan berbagai warna seperti putih, kuning, dan orange, serta memiliki panjang sekitar 3-4 inci.

7. Ikan Mas Koki Celestial

Sama dengan Bubble Eye, ikan mas koki Celestial juga memiliki bentuk mata yang unik yaitu menonjol menghadap atas serta tidak memiliki sirip punggung. Namun karena keunikannya membuat ikan hias ini memiliki penglihatan dan kemampuan berenang yang tidak baik. Ikan mas koki Celestial juga termasuk jenis ikan yang jarang ditemukan di Indonesia.

8. Ikan Mas Koki Mutiara

Sekilas mirip ikan buntal ya, Bunda. Ikan mas koki jenis ini dinamakan mutiara karena bentuk tubuhnya yang bulat dan warna unik. Hal ini menjadikan ikan mas koki Mutiara sebagai dalah satu ikan hias akuarium terunik. Bagian sisiknya berbentuk bulat dengan warna orange dan panjangnya sekitar 8-12 cm.

9. Ikan Mas Koki Fantail

Ikan mas koki fantail merupakan varietas barat dari ikan mas koki Ryukin. Ikan mas koki jenis ini memiliki sirip tinggi serta ekor yang empat kali lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Ikan ini masuk dalam golongan primadona di kalangan pecinta ikan hias lho, Bunda. Hal ini karena ekor kipasnya yang mengembang dengan cantik.

Keunggulan lainnya dari ikan ini adalah perpaduan warna perak dan kuning yang mendominasi. Ikan mas koki Fantail juga mudah dikembangbiakkan dan perawatannya tidak sulit. Ukuran tubuh ikan ini dapat mencapai 10-15 cm.

10. Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan mas koki jenis ini populer karena bentuknya yang eksotis dan menggemaskan. Ciri khas lainnya terdapat di bagian sirip ekor. Berbeda dengan ikan mas koki lainnya, ikan hias ini memiliki sirip yang lebih pendek.

Ikan hias ini juga memiliki warna yang beragam seperti orange kemerahan, corak putih dan orange, atau warna hitam. Bentuk tubuh dan warnanya yang menawan membuat ikan hias ini dijuluki sebagai ikan mas koki raja.

Baca Juga: