Penulis: Vinna | Editor: Aufia

Rasa-rasanya ucapan selamat untuk pasangan pengantin kurang lengkap ya, kalau tanpa kado? Apalagi jika sang mempelai adalah sahabat,teman dekat, rekan kerja atau keluarga. Maka dari itu, kita juga harus memberikan kado untuk kedua mempelai.

Kebingungan menentukan kado pernikahan yang pas, berguna, dan tidak mengecewakan? Cari tahu lewat ulasan di bawah ini yuk! Jangan sampai ada yang terlewat ya!

Rekomendasi Kado Pernikahan untuk Pengantin Baru 

1. Uang

kado pernikahan - uang

Bunda pasti tidak asing dengan hadiah pernikahan yang satu ini! Soalnya sering kita temui di resepsi-resepsi pernikahan di Indonesia. Uang memang menjadi salah satu pilihan hadiah pernikahan yang paling tepat, agar bisa dimanfaatkan sesuai keinginan pengantin.

Nah, kalau merasa kurang sreg kalau hanya dibungkus amplop polos, Bunda bisa menggunakan amplop bermotif.

2. Album Foto Pengantin Baru

kado pernikahan - scrapbook

Ini dia kado pernikahan yang memorable, album foto pengantin! Bunda bisa minta bantuan keluarga dan sahabat kedua mempelai untuk mendapatkan foto-foto mereka. Atau bisa juga mengambilnya dari sosial media.  

Nah, kalau Bunda berencana memberikan kado pada hari H pernikahan, cukup berikan koleksi foto dari kecil hingga pre-wedding. Namun, jika Bunda memberikannya setelah hari pernikahan, baiknya foto=foto pernikahan juga disertakan.

Biar makin kece, Bunda bisa membuat scrapbook. Caranya, tambahkan komentar-komentar lucu, harapan maupun pesan di tiap fotonya. Pasti si mempelai bakal terharu saat membukanya!

3. Robot Vacuum

Mau hadiah yang unik tapi jelas berguna? Robot vacuum bisa jadi pilihan, Bund! Memang harganya lumayan mahal, namun pasti berguna dan meringankan pekerjaan rumah tangga pengantin baru. Bagaimana tidak? Lantai rumah bersih bebas dari debu tanpa harus menyapu tiap pagi dan sore.

4. Peralatan Masak (Air Fryer atau Slow Cookers)

Biasanya pengantin baru belum punya banyak peralatan masak. Jadi Bunda bisa mengisi dapur mereka dengan alat-alat masak. Slow cookers atu air fryer bisa jadi pilihan utama. Terlebih alat-alat tersebut lagi hits di kalangan influencer. Oh iya, jangan lupa tambahkan ucapan selamat ya, biar maki sweet.

5. Tanaman Indoor

Terdengar agak aneh sih, namun siapa sangka tanaman indoor juga bisa dijadikan kado pernikahan. Tapi pastikan memiliki tanaman pembersih udara, ya Bund! Jadi selain untuk mempercantik ruang, juga bisa berfungsi sebagai pemasok oksigen.

Kira-kira tanaman apa saja yang cocok? Bunda bisa memilih gerbera daisy, philodendron, sirih gading, lidah mertua, maupun aglonema. Jangan lupa kasih pot yang cantik dan menarik ya!

6. Humidifier

kado pernikahan

Alat pelembab udara ini memang lagi hits di masa pandemi ini, Bund. Banyak sekali kegunaannya, mulai dari menjaga kelembaban udara hingga mengatasi iritasi karena udara kering (misalnya pilek, bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan). Nah, karena lagi hits banget, manfaatkan momen ini untuk memberi ‘pengantin baru’ 1 humidifier sebagai hadiah!

7. Voucher Staycation atau Dinner Romantis

Selain barang dan uang, voucher staycation atau voucher dinner romantis juga bisa jadi kado pernikahan. Tujuannya biar pengantin baru menikmati momen-momen romantis bersama. Pasti mereka bakal senang banget!

Bayangin makan malam dengan latar pegunungan atau suasana sunset di tepi pantai! Apalagi kalau staycation di holet mewah, bisa sekalian honeymoon!

8. Coffee Maker

Meskipun terkesan mainstream, bukan berarti Bunda tak bisa menggunakannya sebagai kado pernikahan. Biar terlihat unik dan istimewa, Bunda bisa memberikan tambahan aksen bordir nama kedua mempelai dan quote tentang pernikahan. Pasti akan terlihat sweet!

9. Handuk Mandi

Meskipun terkesan mainstream, bukan berarti Bunda tak bisa menggunakannya sebagai kado pernikahan. Biar terlihat unik dan istimewa, Bunda bisa memberikan tambahan aksen bordir nama kedua mempeai dan quote tentang pernikahan. Pasti akan terlihat sweet!

10. Microwave

Alasan microwave dijadikan kado pernikahan karena praktis dan pasti digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat ini sangat efisien dan mudah digunakan untuk membuat, membakar, atau menghangatkan makanan. Meskipun lumayan mahal, microwave akan berguna banget buat pengantin baru.

Itulah kado pernikahan untuk sahabat atau keluarga dekat. Tapi perlu diingat Bund, pilihlah kado sesuai budget Bunda ya! Karena sejatinya kado tidak boleh memberatkan si pemberi.

Baca Juga: