Penulis: Elvira Yolanda | Editor: Handa

Bunda, jangan biarkan anak-anak tidak mengenal sejarah ya! Mengapa harus mengenalkan sejarah pada anak? Hal ini agar anak memiliki rasa cinta tanah air dan jiwa patriotisme.

Sebagai bagian dari tahap pengenalan sejarah, Bunda bisa mengenalkan pahlawan nasional kepada anak. Sebenarnya banyak sekali pahlawan nasional Indonesia, Bund! Bunda pasti juga pernah mendengarnya saat masih di bangku sekolah dulu.

Karena ini masih tahap pengenalan ke si kecil, berikut tim Catatan Bunda rangkumkan 6 pahlawan nasional yang paling dikenal. Simak yuk, Bund!

1. Ir. Soekarno

Peran Ir. Soekarno dalam kemerdekaan Indonesia sudah sangat jelas. Bersama teman-teman seperjuangannya beliau memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta. Oleh karena itu beliau dikenal sebagai pahlawan proklamasi. Soekarno jugalah yang pertama kali merumuskan konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Selama memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, Ir. Soekarno aktif berorganisasi dan berpolitik. Salah satunya bergabung ke organisasi Tri Koro Darmo, yang kemudian beliau ganti namanya menjadi Jong Java pada 1918. Karena keaktifan beliau dalam lingkup politik, beberapa kali beliau ditangkap dan diasingkan oleh penjajah.

2. Mohammad Hatta

Peran Mohammad Hatta sangat besar untuk kemerdekaan Indonesia. Bersama Ir. Soekarno, beliau merumuskan naskah proklamasi. Selain itu, pahlawan yang sering kita sebut Bung Hatta juga berjuang dalam hal Pendidikan. Ketika diasingkan bersama Sutan Syahrir di Bandaneira, Bung Hatta sempat mengajar anak-anak di sana. Setelah Indonesia merdeka pun, Bung Hatta masih aktif memberikan ceramah-ceramah di berbagai lembaga pendidikan.

Bung Hatta juga merupakan sosok kutu buku, saking cintanya dengan buku, ketika diasingkan beliau membawa berkerat-kerat koleksi bukunya. Bahkan saat menikah, beliau memberikan maskawin berupa buku karangannya sendiri kepada sang istri, Rahmi Rachim.

3. Sutan Syahrir

Mungkin namanya tak sepopuler Bung Karno dan Bung Hatta, namun beliau juga memiliki jasa yang besar terhadap kemerdekaan Indonesia. Saat masa kekosongan pemerintahan, Beliaulah yang mendesak Bung Karno dan Bung Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.

Setelah Indonesia merdeka, Sutan Syahrir diangkat menjadi perdana mentri pertama yang sangat ahli dalam urusan diplomasi. Tidak hanya itu, menurut Voi.id, Sutan Syahrir diangkat menjadi penasihat Soekarno dan menjadi duta besar keliling. Beliau juga yang ditunjuk untuk mewakili Indonesia dalam Perundingan Linggarjati loh Bund!

4. Ki Hajar Dewantara

Mengenalkan dunia pendidikan kepada anak, bisa dimulai dengan mengenalkan tokoh pahlawan pendidikan kepada mereka. Dan sosok pahlawan tersebut adalah Ki Hajar Dewantra. Beliau dikenal sebagai aktivis dan jurnalis pergerakan nasional yang pemberani. Melalui tulisannya, beliau mengkritik sistem pendidikan di era penjajahan, karena hanya bisa dinikmati para keturunan Belanda dan orang kaya (bangsawan) saja.

Tak hanya itu, pahlawan yang bernama asli Raden Mas Soewardi Suryaningrat tersebut juga mendirikan Perguruan Taman Siswa, yaitu lembaga pendidikan yang diperuntukkan bagi masyarakat pribumi agar bisa menikmati Pendidikan.

Atas jasa-jasanya, beliau dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Nasional, dan Hari Pendidikan Nasional diperingati tepat pada tanggal lahir beliau, 2 Mei.

5. Raden Ajeng Kartini

Bunda pasti familiar dengan nama R.A Kartini! Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai pahlawan kaum perempuan. Mengapa demikian? Karena beliau berhasil menyamakan kedudukan perempuan dan laki-laki pada masa penjajahan.

Tahukah Bunda, kalau dulu saat zaman penjajah, perempuan tidak diperbolehkan bekerja dan hanya bisa berada di rumah? Berkat R.A. Kartini lah, perempuan Indonesia memiliki hak sejajar dengan laki-laki.

Gagasan emansipasi atau persamaan hak tersebut didapat R.A Kartini karena beliau rajin membaca buku-buku, surat kabar dan majalah-majalah kebudayaan Eropa. Beliau juga rajin berkorespondensi dengan sahabatnya yang berada di Belanda. Dari sanalah Kartini menilai, hak-hak perempuan pribumi harus diperjuangkan.

6. Jenderal Soedirman

Sebelum menjadi bagian dari Pembela Tanah Air (PETA), Jenderal Soedirman pernah mengajar di Sekolah Dasar. Jenderal Soedirman mengajar hingga sampai diangkat menjadi kepala sekolah saat itu. Perjalanannya di dunia militer juga tidak kalah hebat, Jenderal Soedirman diangkat menjadi panglima besar setelah Indonesia merdeka.

Peran besar beliau dalam kemerdekaan Indonesia adalah ketika ia berhasil merebut senjata dari pasukan Jepang di Banymas. Beliau juga memimpin perang melawan pasukan Inggris serta Agresi Militer. Hebatnya perang-perang besar tersebut bisa dimenangkan pihak Indonesia dengan teknik gerilya.

Itulah keenam pahlawan nasional Indonesia yang paling dikenal. Selain keenam pahlawan tersebut, sebenarnya masih banyak pahlawan nasional Indonesia. Bagaimana Bunda, sudah siap mengenalkannya ke si kecil?

Baca juga:

Sumber