Penulis: Vinna | Editor: Aufia

Tahukah Bunda, setelah khatam Al-Quran ternyata kita dianjurkan untuk membaca doa khatam Quran. Karena salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah ketika mengkhatamkan Al-Quran. Bunda ingin tahu lebih jauh mengenai doa khatam Al-Quran dan keutamaannya? Yuk, simak!

Pengertian Khatam Membaca Al-Qur’an

doa khatam Al-Quran

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam dan menjadi pedoman dalam semua aspek kehidupan. Khatam membaca Al-Quran artinya berhasil menyelesaikan bacaan Al-Quran, dimulai Surat Al-Fatihah sampai dengan Surat An-Nas. Banyak keutamaan yang kita dapat saat membaca Al-Quran, salah satunya sebagai pelindung di hari kiamat. Sesuai dalam hadits Muslim berikut:

اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعًا لأصحابه‏

Abu Umamah melaporkan: Saya mendengar Rasulullah berkata, “Bacalah Al-Qur’an, karena itu akan datang sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya pada Hari Kiamat.”

Tata Cara Khataman Al-Quran

doa khatam Al-Quran

Setelah khatam Al-Quran apa yang harus kita lakukan? Berikut urutan tata cara atau adab yang bisa Bunda lakukan setelah mengkhatamkan Al-Quran:

1. Membaca Tawasul

Dilansir dari NU Online, tata cara khatam Al-Qur’an yang pertama adalah membaca tawasul. Membaca tawasul ditujukan kepada Rasulullah, keluarga dan para sahabatnya; juga kepada para nabi terdahulu, ulama-ulama, dan para ahli kubur.

2. Membaca 22 Surat Al-Qur’an Paling Akhir

Membaca 22 surat Al-Qur’an paling akhir dilakukan secara berurutan, mulai dari surat Ad-Duha, Al-Insyirah, At-Tin, Al-Alaq, Al-Qadr, dan seterusnya sampai surat An-Nas. Pembacaan disambung kembali ke surat pertama (Al-Fatihah), lalu surat Al-Baqarah (ayat 1 sampai 5), dan seterusnya mengikuti susunan bacaan tahlil secara umum.

3. Membaca Doa Khatam Al-Qur’an

Tata cara khatam Al-Qur’an yang terakhir adalah membaca doa khatam Al-Qur’an. Untuk bacaan lengkapnya, langsung scroll ke bawah, yuk!

Bacaan Doa Khatam Al-Quran Pendek

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Lafal:Allahummarhamna bil quran. Waj‘alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’ atrofannahaar waj‘alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.”

Artinya: “Ya Allah, tolong rahmatilah diriku ini dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagi diriku ini sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat. Ya Allah, tolong ingatkanlah diriku ini andai aku ini lupa akan ayat Al-Quran, tolong ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu serta anugerahkan kepada diriku ini kesempatan untuk membacanya saat tengah malam dan siang hari serta jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan semesta alam.

Keutamaan Khatam Membaca Al-Quran

1. Mendapat Pahala Kebaikan dari Allah

InsyaAllah dengan Bunda membaca Al-Qur’an apalagi mengkhatamkannya  Bunda akan mendapat pahala berkali-kali lipat dari Allah. Diriwayatkan dari hadits Jami` at-Tirmidhi nomor 2910, dan dikisahkan oleh Muhammad bin Ka’b Al-Qurazi, bahwa:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: “Aku mendengar ‘Abdullah bin Mas’ud berkata: ‘Rasulullah berkata: “(Barangsiapa membaca satu huruf) dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka dia menerima pahala darinya, dan pahala sepuluh yang serupa. Saya tidak mengatakan bahwasanya Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu huruf.”.

2. Sebagai Rahmat dan Penawar

Mengkhatamkan Al-Qur’an juga memiliki keutamaan menjadi penawar serta rahmat lho, Bund. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 82 berikut ini:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

Lafal:Wa nunazzilu minal-qur`āni mā huwa syifā`uw wa raḥmatul lil-mu`minīna wa lā yazīduẓ-ẓālimīna illā khasārā.”

Artinya: “Dan Kami pun kemudian turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi rahmat  serta penawar bagi golongan orang beriman, sementara itu bagi golongan orang zalim (Al-Qur’an itu) hanyalah akan menambah kerugian.”

3. Malaikat Meminta Pengampunan Kepada Allah untuk Seseorang yang Khatam Al-Qur’an

Dengan mengkhatamkan Al-Qur’an, InsyaAllah malaikat ikut meminta pengampunan kepada Allah untuk kita. Dalam Sunan Darimi, Hadist: 3526. Al Itqan, vol. 1 hal. 156 dijelaskan sebagai berikut:

Sa’d bin Abi Waqqas mengatakan: “Jika seseorang menyelesaikan Al-Qur’an di sore hari, para Malaikat meminta pengampunan untuknya sampai pagi hari, dan ketika dia menyelesaikan Al-Qur’an di pagi hari, para Malaikat meminta pengampunan untuknya sampai malam”.

4. Doa-Doa Diijabah oleh Allah

Setelah Bunda mengkhatamkan Al-Qur’an InsyaAllah, Allah SWT akan mengijabah doa-doa yang Bunda panjatkan. Hal ini tertera dalam Fadailul Quran dari Abu Bakar Al Firyabi hal. 189 yaitu:

Hakam bin ‘Utaybah berkata: Mujahid dan ‘Abdah bin Lubabah pernah memanggilku dan Salamah bin kuhayl dan berkata, ‘Kami memanggilmu karena kami sedang mengkhatamkan Al-Qur’an dan doa-doa dijawab pada saat Al-Qur’an khatam dibaca.

Sekarang Bunda sudah tahu kan keutaman dan doa khatam Al-Quran. Sudah siap untuk mengamalkannya, Bund? Jangan lupa rajin membaca Al-Quran ya, biar segera khatam.

Baca Juga:

Sumber