Penulis: Aulia Elsa | Editor: Aufia

Interior rumah terlihat membosankan dengan warna dinding yang itu-itu saja? Inilah saatnya Bunda ganti warna cat rumah! 

Kebingungan menentukan warna yang pas? Nggak usah bingung Bund, sejatinya pemilihan warna cat bisa disesuaikan dengan trend dan selera. Tak melulu terfokus pada satu warna yang monoton, kini Bunda bisa mengkombinasikan beberapa warna untuk satu ruangan.

Tak percaya? Melansir dari berbagai sumber, inilah 10 kombinasi warna cat rumah yang bisa Bunda jadikan inspirasi. Dijamin hunian akan terlihat unik dan lebih menarik! Nah, dari pada penasaran, langsung di-kepoin aja, yuk!

1. Coklat Muda dan Putih

Sebagai warna normal, putih memang bisa kombinasikan dengan berbagai warna, salah satunya coklat muda. Cocok untuk semua tipe rumah, terlebih rumah bergaya modern dan minimalis yang ingin menonjolkan kesan hangat dan elegan.

Kombinasi warna ini juga memudahkan Bunda dalam memilih furniture yang senada. Mengingat banyak furniture dengan dominasi warna coklat yang beredar di pasaran.

2. Cream dan Aqua

kombinasi warna cat rumah

Ingin hunian terlihat lebih hidup dan sejuk? Kombinasi warna yang terinspirasi dari panorama pantai berpasir putih ini bisa dijadikan opsi. Terutama untuk pemilik hunian modern di kota-kota.

Pasti penghuni rumah akan merasa damai, tenang, dan santai! Serasa sunbathing di tepi pantai.

3. Hijau Mint dan Abu-Abu

Siapa bilang warna hijau bikin rumah terlihat norak? Bunda bisa memadukan warna hijau dengan tone lebih muda, misalnya hijau mint dengan warna abu-abu. Sama seperti rasa mint, kombinasi warna ini juga membawa kesan menyegarkan. 

Alhasil ruangan akan terlihat lebih fresh, cerah dan unik. Biar makin ciamik, pilihlah warna furniture yang cerah atau senada. Misal putih maupun turunan warna hijau.

4. Hijau dan Coklat

kombinasi warna cat rumah

Terinspirasi dari pepohonan, warna hijau juga bisa dikombinasikan dengan coklat, Bund! Untuk kombinasi yang pas, Bunda bisa memadukan coklat hickory dengan hijau shamrock atau hijau emerald. Menampilkan kesan tenang dan segar, mengingatkan Bunda dengan suasana hutan pinus di pegunungan. Pokoknya serasa back to nature!

5. Kombinasi Warna Netral

Ini nih kombinasi warna yang sering dijadikan pilihan utama, warna-warna netral! Tertarik mencobanya, Bund? Aplikasikan saja warna-warna yang Bunda sukai. Tak usah ragu, karena tak ada kombinasi yang salah kalau soal warna-warna netral. Semua akan serasi saat disandingkan.

Sebagai contoh, kalau ingin menampilkan nuansa sederhana namun tegas dan elegan, perpaduan warna monokrom (hitam, putih dan abu-abu/ silver) bisa dijadikan pilihan.

Ingin kesan mewah pada hunian? Tambahkan aksen berwarna emas pada ruangan yang bercat putih.

6. Kombinasi Warna Pastel

Tak kalah menarik dari warna-warna netral, kombinasi warna pastel juga cocok untuk dinding interior rumah. Warna seperti merah muda, ungu muda, biru muda, peach dan mauve membawa sifat lembut, kalem, netral. Memberikan kesan tenang dan trendi pada hunian Bunda. Baik rumah modern maupun tradisional akan terlihat menawan dengan kombinasi warna ini.

7. Navy Blue dan Putih

kombinasi warna cat rumah

Salah satu kombinasi warna yang bisa membuat hunian lebih cemerlang dan bersih adalah navy blue dan putih. Navy blue akan menjadi pusat perhatian sementara aksen putih akan mempertajam dan mencerahkan ruangan. Dijamin rumah Bunda akan terlihat elegan, shining, shimmering, splendid.

8. Orange dan Putih

Satu lagi warna yang sering dianggap norak, orange. Namun jika pandai memadupadankan, hunian akan terlihat unik dan menawan. Mau coba? Bunda bisa mengaplikasikan warna orange dengan putih.

Dominasi warna orange membuat rumah lebih hidup, hangat, dan ceria. Warna putihnya memberikan kesan nyaman. Anak-anak bakal betah di rumah, deh!

9. Orange dan Deep Teel

Orange dan deep teal membentuk kombinasi warna yang tajam dan sekaligus hangat. Membuat hunian terasa lebih hidup dan menyenangkan. Biar makin nyaman Bunda bisa menambahkan furniture berwarna senada atau warna-warna lembut seperti putih dan coklat.

10. Sunshine Yellow dan Putih/ Abu-abu Muda

kombinasi warna cat rumah

Ingin ruangan terlihat mencolok, terang, dan ceria? Memadukan warna sunshine yellow dan putih atau abu-abu muda bisa banget dijadikan inspirasi. Warna kuning akan menghidupkan suasana, kemudian dilembutkan dengan warna putih atau abu-abu muda. 

Agar lebih menghidupkan suasana tambahkan furniture dengan warna pastel misal biru muda, salmon, dan peach. Tak lupa aksesoris dan ornamen berwarna merah atau vermilion! Perpaduan ini cocok banget buat Bunda yang menginginkan ruangan terang tapi tidak berlebihan.

Tapi perlu diingat Bund, dinding berwarna kuning dan putih butuh perawatan ekstra, karena mudah kotor.

Banyak banget kan kombinasi warna cat rumah yang keren dan memanjakan mata! So, dari 10 kombinasi di atas, warna apa yang Bunda pertimbangkan untuk interior dinding rumah?

Baca Juga: