Penulis: Agatha | Editor: Handa

Pernikahan merupakan momen sakral yang dijalani oleh sepasang umat manusia yang saling mengasihi dan mencintai. Doa-doa yang dipanjatkan untuk pengantin dapat mengantarkan pernikahan pengantin menjadi penuh berkah dan semakin sakral.

Doa yang ditujukan untuk pengantin juga dapat menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Memanjatkan doa untuk pengantin dinilai dapat mendatangkan keberkahan, tergantung niat yang diucapkan dalam doa.

Pengantin sendiri juga dapat memanjatkan doa bagi keberkahan dan keselamatan kehidupan rumah tangga mereka nantinya. Jadi, tidak hanya orang lain yang memanjatkan doa untuk pengantin, tetapi pengantin juga diharuskan berdoa untuk kelancaran kehidupannya.  Yuk, simak kumpulan doa yang ditujukan untuk pengantin agar kehidupan keluarga mereka menjadi lebih baik dan penuh berkah.

Doa Saat Akad Nikah

Momen pernikahan ada baiknya selalu diselimuti oleh doa-doa yang baik. Saat menjalani akad, tentunya para pengantin dan sanak keluarga tidak henti-hentinya mengucapkan doa.

Doa saat akad nikah ini ada baiknya dipanjatkan pula oleh para tamu yang hadir, seperti keluarga, orang tua mempelai, serta teman-teman yang hadir. Berikut doa yang dapat dipanjatkan saat akad nikah untuk mendoakan kedua mempelai.

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.”

Doa Setelah Akad Nikah

Setelah akad nikah berlangsung, doa juga tetap harus dipanjatkan kepada Allah sebagai wujud syukur karena telah dilancarkan akadnya. Doa setelah akad juga dapat bertujuan agar kehidupan berkeluarga semakin berkah dan dilindungi Allah. Berikut doa yang dipanjatkan setelah akad nikah.

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

Doa dari Tamu untuk Kebahagiaan Hidup Rumah Tangga Pengantin

Umumnya, ketika ada pasangan yang telah menikah, doa-doa terus dipanjatkan untuk kebahagiaan hidup pengantin. Doa dipanjatkan oleh para tamu agar pasangan yang baru saja menikah mendapat kebahagiaan dalam hidup berumah tangga, diberi keberkahan, dan diberi kemudahan. Berikut bacaan yang dapat didoakan untuk kelancaran hidup rumah tangga pasangan pengantin baru.

Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan”.

Doa Saat Malam Pertama

Semua kegiatan setelah menikah dapat dinilai sebagai ibadah, salah satunya kegiatan malam pertama. Saat sepasang suami istri menjalani ibadah malam pertama, ada baiknya juga memanjatkan doa terlebih dahulu. Hal itu supaya malam pertama yang dilakukan menjadi berkah dan terhindar dari godaan setan.

Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.

Artinya: “Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

Doa Saat Mandi Wajib

Setelah hubungan suami istri, hukumnya wajib bagi umat Islam untuk melakukan mandi besar atau mandi wajib bagi pasangan suami istri. Berikut doa yang harus dipanjatkan saat melakukan mandi wajib.

Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta’ala.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardhu karena Allah Ta’ala.”

Itulah kumpulan doa yang dapat dipanjatkan umat Islam untuk pengantin Islam. Doa-doa di atas dipanjatkan agar kehidupan suami istri dijauhkan dari segala godaan dan setan. Jangan lupa melafalkan doa ini saat mandi wajib ya, Bunda.

Baca juga:

Sumber