Penulis: Vinna | Editor: Handa

Hari ulang tahun merupakan hari yang istimewa untuk semua orang termasuk si kecil dan Bunda. Hari yang membahagiakan dan hanya diperingati satu tahun sekali ini momennya selalu tidak akan terlupakan di setiap tahunnya.

Biasanya Bunda tidak hanya memberikan hadiah atau kado saja. Tetapi juga mengucapkan selamat dan memberi doa tulus untuk orang yang berulang tahun. Begitu pula ketika si kecil berulang tahun, Bunda tentu mengucapkan selamat ulang tahun dan memberikan doa penuh kasih sayang padanya.

Doa Memohon agar Anak Menjadi Saleh

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِين

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.” (Q.S. Al-Ahqaf (35:15)).

Setiap orang tua termasuk Bunda pasti menginginkan si kecil menjadi orang yang saleh. Untuk mewujudkannya, Bunda bisa mendoakan si kecil dengan doa ini di hari spesialnya. Doa ini tidak hanya agar si kecil menjadi orang saleh, tetapi berdoa kepada Allah SWT agar si kecil kelak mendapatkan kebaikan-kebaikan dalam kehidupannya.

Mendoakan agar Anak Terus Melaksanakan Salat

رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ – ٤٠

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (Q.S. Ibrahim (14:40)).

Salat merupakan kewajiban umat Islam sehingga Bunda tentu memiliki harapan agar buah hati tetap terus melaksanakan salat hingga waktunya di dunia ini berakhir. Membaca doa ini tentunya sangat baik Bunda berikan pada buah hati di hari ulang tahunnya.

Membacakan Doa agar Buah Hati Menjadi Anak Baik

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa.” (Q.S. Ali’Imran (3:38))

Orang tua selalu mendamba dan berharap agar anak mereka menjadi anak yang baik. Sangat disarankan kepada para Bunda membaca doa dari surat Ali’Imran ayat ke-38 ini di hari ulang tahunnya agar si Kecil menjadi anak yang baik, tidak hanya baik pada orang tua tetapi baik pada semua orang.

Doa Supaya Buah Hati Diberi Kebaikan di Dunia dan Akhirat

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلأَْخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” (Q.S. Al-Baqarah (2:201)).

Doa ini adalah harapan dan keinginan dari semua orang termasuk Bunda kepada si kecil. Doa ini memiliki harapan agar buah hati selalu diberikan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. Doa ini juga untuk memohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala agar buah hati dan Bunda dilindungi dari azab api neraka.

Orang tua mendoakan anak memang tidak hanya saat mereka berulang tahun saja, namun mendoakan anak di hari kelahirannya yang istimewa pasti sangat berkesan bagi buah hati sehingga akan terkenang dalam ingatannya. Semoga doa-doa di atas bisa menjadi rujukan untuk Bunda mendoakan buah hati yang tengah berulang tahun.

Baca juga: