Penulis: Farichatul | Editor: Aufia

Sebagai pedoman hidup umat manusia, Al Quran memiliki banyak kandungan yang dapat dipelajari. Beberapa dari kandungan tersebut adalah kisah hidup dari para nabi dan rasul. Salah satu nabi dan rasul yang diceritakan dalam Al Quran adalah Nabi Sulaiman A.S. 

Dalam beberapa bagian Al Quran diceritakan bahwa Nabi Sulaiman A.S pernah memanjatkan doa kepada Allah S.W.T supaya permintaan beliau dikabulkan. Berikut ini beberapa doa beliau yang tercantum dalam Al Quran dan bisa Bunda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

keutamaan sholat dhuha

1. Doa Untuk Memanjatkan Syukur

Meskipun Nabi Sulaiman A.S adalah salah satu nabi terkaya dan memperistri Ratu Bilqis, namun tidak berarti beliau lupa memanjatkan syukur kepada Tuhan yang maha esa. Berikut ini doa yang beliau ucapkan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah yang tertulis di surat An Naml ayat 19:

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ 

Fa tabassama ḍāḥikam ming qaulihā wa qāla rabbi auzi’nī an asykura ni’matakallatī an’amta ‘alayya wa ‘alā wālidayya wa an a’mala ṣāliḥan tarḍāhu wa adkhilnī biraḥmatika fī ‘ibādikaṣ-ṣāliḥīn 

Artinya: “Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.

2. Doa Memohon Rezeki

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

 Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb Terjemah Artinya: “Ia berkata: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi” (Qs. Shad ayat 35).

3. Doa Menghadapi Binatang Buas dan Jin

Salah satu mukjizat Nabi Sulaiman A.S adalah bisa berkomunikasi dengan binatang dan jin. Tapi, tak pelak tidak semua binatang dapat beliau jinakkan begitu saja. Maka, tidak heran kalau beliau berdoa kepada Allah supaya diberi kemampuan untuk menghadapi binatang buas ini.  Berikut doa yang beliau panjatkan dalam Surat An Naml ayat 30:

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Innahụ min sulaimāna wa innahụ bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Artinya: “Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

أَلَّا تَعْلُوا۟ عَلَىَّ وَأْتُونِى مُسْلِمِينَ

allā ta’lụ ‘alayya wa`tụnī muslimīn

Artinya: “Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Doa ini dapat Bunda ucapkan ketika Bunda sedang menghadapi hewan buas seperti biawak, harimau, siamang dan digunakan untuk menangani orang kesurupan dengan cara mengusap jempol kaki kiri dan kanannya.

Nah, itu tadi Bunda beberapa doa dari Nabi Sulaiman A.S yang dipaparkan dalam Al Qur’an. Gunakan doa-doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari ya Bunda. 

Baca Juga: