Penulis: Litalia Putri | Editor: Handa

Menjelang kelahiran si kecil, biasanya banyak barang yang perlu Bunda dan Ayah siapkan. Mulai dari perlengkapan utama hingga printilan kecil-kecil yang lucu dan menggemaskan selalu menarik perhatian untuk dibungkus. Namun, tidak semua barang sebenarnya akan terpakai loh Bunda.

Oleh sebab itu, demi memenuhi perlengkapan bayi untuk keperluan melahirkan, Bunda dapat membuat list tentang perlengkapan utama terlebih dahulu. Selain menghemat kantong, membuat daftar perlengkapan untuk kelahiran si kecil akan membuat peluang barang tidak terpakai lebih kecil. Berikut ini beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang dapat Bunda jadikan patokan untuk mempersiapkan perlengkapan kelahiran si kecil, seperti:

1. Popok

Keperluan pertama yang perlu Bunda perhatikan yaitu popok. Biasanya bayi baru lahir akan sering buang air kecil sehingga memerlukan persediaan popok yang cukup untuk beberapa hari.

Untuk menghemat pengeluaran, Bunda juga dapat menggunakan popok kain dibandingkan dengan popok sekali pakai. Pilih popok dengan bahan katun yang lembut dan mudah menyerap sehingga tidak menimbulkan iritasi pada si kecil. Selain itu, alangkah lebih baik jika Bunda juga memilih popok kain yang bertali.

2. Bedong Bayi

Bedong bayi merupakan selimut yang dapat digunakan untuk membedong Si Kecil demi kenyamanannya. Ini karena selama di dalam perut, bayi terbiasa dalam posisi yang hangat seperti di dalam bedongan. Selain untuk membedong, Bunda dapat menyiapkan selimut untuk menghangatkan Si Kecil ketika dipindahkan ke dalam ruangan yang ber-AC.

3. Baju dan Celana Bayi

Ketika membeli baju dan celana untuk bayi, Bunda perlu memilih bahan yang nyaman dan praktis untuk digunakan. Salah satunya dengan memilih baju berkancing depan dan celana yang elastis. Selain untuk membuat nyaman si kecil, memilih baju yang praktis akan membuat Bunda lebih mudah untuk memakai atau melepaskannya.

4. Kaos Kaki, Sarung Tangan dan Topi

Perlengkapan selanjutnya yaitu kaos kaki, sarung tangan, dan topi untuk melindungi si kecil dari kondisi dingin. Selain untuk membuat bayi tetap nyaman, sarung tangan juga berfungsi untuk melindungi si kecil ketika menggaruk dan melukai dirinya sendiri.

5. Kelambu

Kelambu menjadi perlengkapan selanjutnya yang perlu Bunda dan Ayah siapkan. Kelambu dapat membantu si kecil terhindar dari gigitan nyamuk ataupun serangga lainnya.

6. Tempat Tidur Bayi

Salah satu perlengkapan utama yang tidak boleh tertinggalkan yaitu tempat tidur. Bunda dapat menyiapkan alas tidur ataupun ranjang sendiri untuk bayi. Selain alas tidur, Bunda juga perlu menyiapkan sprei pengganti yang berbahan lembut.

7. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi menjadi bagian penting yang perlu Bunda persiapkan menjelang kelahiran. Bayi mempunyai kulit yang masih sensitif sehingga memerlukan perlengkapan mandi khusus yang diformulasikan untuk mereka. Selain itu, Bunda juga perlu menyiapkan bak mandi tersendiri loh.

8. Perlengkapan Ganti Popok

Bunda juga memerlukan perlengkapan untuk mengganti popok si kecil agar kulitnya tidak iritasi. Perlengkapan yang perlu Bunda siapkan seperti tisu basah, krim popok, perlak, dan kapas bayi.

9. Bib Kecil atau Celemek Bayi

Biasanya, setelah minum ASI bayi akan gumoh atau mengeluarkan air susu saat bersendawa. Untuk itu, Bunda perlu menyiapkan bib kecil yang digunakan di leher bayi untuk melindungi pakaian Si Kecil terkena muntahan tersebut.

10. Gunting Kuku, Earbud, dan Obat-obatan

Perlengkapan yang tidak kalah penting yaitu gunting kuku, earbud dan obat-obatan untuk keperluan si kecil. Meskipun Bunda sudah memiliki gunting kuku di rumah, namun untuk si kecil gunting kuku yang digunakan berbeda. Biasanya gunting kuku untuk si kecil berukuran lebih kecil dari gunting kuku untuk orang dewasa.

11. Mainan

Bunda dapat menyiapkan beberapa mainan kecil yang berguna untuk merangsang kegiatan motorik ataupun perkembangan otaknya. Biasanya mainan kerincing, bunyi-bunyian, ataupun yang dapat dipegang menjadi pilihan utama para orang tua untuk si kecil.

12. Tas

Tas merupakan perlengkapan yang tidak kalah penting untuk disiapkan. Ini akan memudahkan Bunda untuk menaruh segala perlengkapan si kecil. Sebaiknya gunakan tas yang mempunyai banyak ruangan ya Bunda untuk mempermudah jika ingin bepergian bersama si kecil.

Baca juga:

Sumber