Penulis: Siti Rulli | Editor: Aufia

Bertandang ke pulau Jawa, Bunda dan keluarga tidak hanya disuguhkan oleh pesona alam yang indah. Namun juga berbagai makanan khas yang dijamin enak banget. Makanan khas Jawa memang terkenal kaya rempah dan terasa nikmat.

Namun, dari sekian banyak kuliner khas Jawa berikut ini adalah deretan yang tidak boleh terlewatkan. Yuk, simak!

1. Gudeg

Gudeg menjadi kuliner Jawa yang wajib Bunda coba. Makanan ini biasanya akan Bunda temukan ketika bertandang ke daerah Yogyakarta. Gudeg merupakan makanan tradisional berbahan dasar nangka yang dimasak dengan santan dan gula.

Cita rasanya dijamin manis, nikmat dan bikin siapa saja ketagihan. Umumnya gudeg akan memiliki warna coklat yang khas dan disajikan dengan lauk pendamping seperti krecek, bacem, tahu dan lain-lain.

2. Nasi Gandul

Kuliner tradisional dari Jawa selanjutnya adalah nasi gandul. Kuliner ini sebenarnya merupakan makanan khas Pati Jawa Tengah. Makanan ini memiliki ciri khas rasa gurih yang bikin siapa saja ketagihan.

Hal ini disebabkan kuah santan dan campuran daging sapi empuklah yang menjadi ciri khasnya. Tidak terkecuali juga nasi putih yang dimasak dengan daun pandan. Sehingga rasanya dijamin berpadu sempurna ketika Bunda mencicipinya.

3. Rujak Cingur

makanan khas jawa

Selanjutnya adalah makanan khas Jawa yang cukup digemari warga Jawa Timur. Rujak cingur salah satu kuliner yang bikin siapa saja ketagihan. Sama seperti rujak pada umumnya makanan ini berisikan potongan buah dan sayuran.

Bedanya, Bunda akan menemukan cingur (mulut sapi) sebagai pelengkapnya. Jadi, dijamin rasanya kenyal, nikmat, gurih, segar dan bikin siapa saja ketagihan ketika mencobanya.

4. Rawon

makanan khas jawa

Tidak kalah iconic dengan makanan khas Jawa lainnya, rawon adalah kuliner yang cukup diminati oleh banyak orang. Rawon sendiri sebenarnya merupakan makanan khas dari Jawa Timur yang terbuat dari olahan daging sapi.

Ciri khas kuliner ini adalah memiliki kuah berwarna hitam dengan rasa gurih dan segar. Umumnya rawon akan disajikan dengan lauk pelengkap telur asin dan taburan kecambah untuk memberikan cita rasa yang makin nendang di lidah.

4. Lontong Balap

makanan khas jawa

Tidak kalah menggoda, Bunda juga wajib mencoba lontong balap ketika berada di area Jawa. Lontong balap sendiri sebenarnya merupakan kuliner dari daerah Jawa Timur. Rasanya tentu saja tidak perlu diragukan lagi, nikmat dan bikin nagih.

Umumnya lontong balap berisikan tauge, tahu, lontong, kecap, lethok, bawang goreng dan disiram dengan kuah gurih. Rasanya ketika Bunda menyuap pertama kali dijamin bikin ingin lagi dan lagi.

6. Mie Ongklok

Kalau Bunda mengaku pecinta olahan mie maka wajib mencoba kuliner satu ini. Mie ongklok, makanan khas dari daerah Wonosobo. Seperti namanya kuliner Jawa ini berbahan dasar mie yang disajikan dengan kol dan potongan daun kucai.

Bedanya mie ongklok menggunakan kuah yang terbuat dari tepung kanji. Sehingga teksturnya lebih kental. Biasanya para pecinta mie ongklok akan menikmatinya dengan tambahkan sate ataupun keripik untuk menambahkan cita rasa.

7. Nasi Pecel

makanan khas jawa

Nasi pecel juga menjadi kuliner khas Jawa yang tidak kalah menggoda. Kuliner ini umumnya akan dengan mudah Bunda jumpai pada beberapa daerah di pulau Jawa. Namun, pecel yang terkenal nikmat adalah berasal dari madiun.

Sebab, biasanya pecel dari Madiun menggunakan campuran perasan daun jeruk. Sehingga rasanya terkesan segar dan nikmat. Apalagi ketika disajikan diatas daun jati, dijamin bikin siapa saja ketagihan.

8. Nasi Liwet

makanan khas jawa

Bertandang ke Solo jangan lupa untuk mencicipi nasi liwet. Makanan khas Jawa ini berupa nasi gurih yang dimasak dengan santan kelapa. Sekilas mirip nasi uduk, namun cita rasanya lebih mild. Hidangan ini disajikan dengan sayur labu siam. suwiran ingkung ayam, telur dan areh (sejenis bubur gurih dari santan).

9. Tengkleng

makanan khas jawa

Apasih tengkleng itu? Tengkleng adalah hidangan sejenis sup yang bahan utamnya tulang kambing dan santan. Citarasanya pedas, gurih dan berempah. Kuahnya lebih ringan dan menyegarkan jika dibandingkan dnegan gulai kambing. Konon menurut tetua Solo, pada jaman dahulu, hanya orang Belanda dan para bangsawan saja yang bisa menikmati makanan ini.

10. Tiwul

Tahu nggak Bund; di daerah Wonosobo, Wonogiri, Gunungkidul, Pacitan dan Blitar ada makanan penggati nasi yang tak kalah lezat; yaitu tiwul. Tiwul sendiri terbuat dari singkong kering yang diselep. Jadi teksturnya ‘klethus-klethus‘ dengan cita rasa gurih manis. Tambah enak kalau disajikan dengan sambal dan ikan asin.

Makanan ini cocok untuk program diet, lho! Karena kadar karbohidratnya lebih rendah dari nasi. Wah… selain enak juga sehat kan!

11. Kue Horok-Horok

makanan khas jawa

Makanan khas Jawa yang satu ini bisa dibilang lumayan langka. Karena hanya bisa ditemukan di daerah Jepara.

Horok-Horok terbuat dari tepung pohon aren. Umumnya dimakan dengan soto, sate kikil, gulai hingga pecel. Boleh juga diberi parutan kelapa dan sedikit gula pasir.

Cukup beragam kan Bunda kuliner dari daerah Jawa? Jangan lupa untuk mencicipinya ya! Dijamin cita rasa tradisionalnya bikin ketagihan. 

Baca Juga: