Penulis: Aulia Elsa | Editor: Handa

Pasti Bunda sering mengucapkan kalimat “sakinah, mawaddah, warahmah” kepada pengantin baru. Ucapan tersebut memang sering diucapkan oleh hampir semua orang untuk mengucapkan selamat kepada mempelai yang akan membangun rumah tangga.

Tapi tahukah Bunda, kalau kalimat tersebut bukan sekedar ucapan selamat loh, tapi punya arti khusus dan doa di dalamnya? Yup, ucapan sakinah, mawaddah, warahmah merupakan satu kesatuan doa yang mengandung makna baik untuk kehidupan pernikahan. Ungkapan itu juga diambil dari ayat Al Quran surat Ar-Rum ayat 21:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

Lalu apa arti dari sakinah, mawaddah, warahmah?

Sakinah

Sakinah berasal dari kata dalam Bahasa Arab yang artinya kedamaian, ketenangan, ketentraman, dan keamanan atau damai. Dari ucapan ini diharapkan untuk pasangan baru agar bisa membangun keluarga yang tentram dan terhindar dari pertengkaran, perselisihan, atau keraguan yang bisa merusak rumah tangga.

Hal ini tentunya juga harus diterapkan oleh pasangan baru agar bisa mempertahankan rumah tangganya dengan saling melengkapi dan menjalankannya dengan prinsip keimanan.

Mawaddah

Kata mawaddah juga berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti rasa sayang dan cinta yang membara atau menggebu. Dengan doa ini, pasangan baru diharapkan bisa saling mencintai dan menyayangi sampai akhir hayat.

Kehidupan rumah tangga memang harus dipenuhi cinta agar bisa saling memahami dan melengkapi satu sama lain hingga akhir hayat. Ya kan Bund?

Warahmah

Warahmah atau rahmah memiliki arti sebagai kasih, rahmat, rezeki, karunia, dan ampunan dari Allah SWT. Dalam membangun rumah tangga tentunya pasangan akan melewati banyak hal kedepannya, maka dari itu diperlukan kesabaran dan keikhlasan dalam menjalankan prosesnya. Ketika suami istri menjalankan semuanya dengan kesabaran, maka karunia dan rahmat Allah SWT senantiasa akan menyertai rumah tangga mereka. Aamiin!

Makna sakinah, mawaddah, warahmah

Mendoakan pengantin baru dengan ucapan sakinah, mawaddah, warahmah tentunya disertai dengan pengharapan untuk rumah tangga kedua mempelai. Apalagi jika sudah menjadi keluarga dan memiliki anak; kehangatan, keutuhan, dan kedamaian keluarga adalah hal yang paling diharapkan saat berumah tangga.

Hal itu juga sesuai dengan surat At-Tahrim ayat 6 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Memiliki keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah juga memiliki manfaat yang baik. Selain jadi tempat untuk berkasih sayang, memiliki keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah juga bisa mendatangkan rezeki dalam bentuk apapun.

Selain itu, keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah juga menjadi ladang ibadah dan amal shalih yang bisa membawa keluarga lebih dekat dengan Allah SWT serta dijauhkan dari api neraka.

Itulah arti dan makna dari ucapan sakinah, mawaddah, dan warahmah yang sering diucapkan untuk pengantin baru. Dengan demikian mereka bisa membangun rumah tangga yang tentram dan penuh dengan kasih sayang.

Lewat artikel ini, semoga Bunda bisa memaknai doa tersebut secara lebih dalam ya!

Baca juga:

Sumber