Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Ternyata tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun bidara juga memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Daun dari pohon bernama latin Ziziphus mauritiana ini kerap digunakan dalam pengobatan tradisional seperti diabetes dan masalah pencernaan.

Tapi tahukah Bunda, ternyata pohon bidara juga diistimewakan dalam Islam, lho? Ingin tahu apa keistimewaannya? Ini dia:

Makna Daun Bidara Dalam Islam

Dalam Islam, bidara disebut sebagai pohon penghuni surga. Hal ini tertulis dalam Al Quran surat Al Waqi’ah ayat 27-31 sebagai berikut:

وَاَصْحٰبُ الْيَمِينِ ەۙ مَآ اَصْحٰبُ الْيَمِيْنِۗ – ٢٧

فِيْ سِدْرٍ مَّخْضُوْدٍۙ – ٢٨

وَّطَلْحٍ مَّنْضُوْدٍۙ – ٢٩

وَّظِلٍّ مَّمْدُوْدٍۙ – ٣٠

وَّمَاۤءٍ مَّسْكُوْبٍۙ – ٣١

Lafadz:

(27) wa aṣ-ḥābul-yamīni mā aṣ-ḥābul-yamīn

(28) fī sidrim makhḍụd

(29) wa ṭal-ḥim manḍụd

(30) wa ẓillim mamdụd

(31) wa mā`im maskụb

Artinya:

(27) Dan golongan kanan, siapakah golongan kanan itu.

(28) (Mereka) berada di antara pohon bidara yang tidak berduri,

(29) dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),

(30) dan naungan yang terbentang luas,

(31) dan air yang mengalir terus-menerus.

Manfaat Daun Bidara

Bidara menjadi salah satu tanaman herbal dengan ragam khasiat dan manfaat. Senyawa anti-inflamasi, antibakteri, hingga antiseptik di dalamnya membuat daun bidara kerap dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional.

Bunda ingin tahu apa saja manfaat daun bidara? Ini dia:

1. Mengendalikan Gula Darah

manfaat daun bidara

Siapa sangka, ternyata daun bidara telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi diabetes. Penelitian yang diterbitkan dalam Pahrmaceutical Biology tahun 2010, menyatakan bahwa Ziziphus Mauritiana atau pohon bidara dapat membantu mengelola diabetes dengan cara mengatur kadar gula darah.

Bunda ingin mendapatkan manfaatnya? Cukup konsumsi teh daun bidara atau air rebusan daun bidara secara rutin.

2. Mengatasi Insomnia

Kandungan Flavanoid dan Saponin dalam daun bidara terbukti dapat mengatasi insomnia. Sebuah penelitian menunjukkan flavonoid mampu meningkatkan waktu tidur, yang dihabiskan dalam tidur gelombang lambat dan tidur REM.

3. Meredakan Kecemasan

Efek buruk dari kurangnya waktu tidur adalah masalah kecemasan atau anxiety disorder. Karena kandungan dalam daun bidara mampu mengatasi masalah tidur. Jadi secara tidak langsung juga akan mengurangi masalah kecemasan.

4. Melancarkan Siklus Menstruasi

Siapa yang haid atau menstruasinya tidak lancar? Ternyata mengonsumsi air rebusan daun bidara secara rutin dapat membantu melancarkan menstruasiloh. Selain itu daun bidara merupakan antiseptik yang bisa membersihkan area kewanitaan dari masalah keputihan dan bau tak sedap. Wah, nggak ada salahnya dicoba nih, Bund!

5. Mengatasi Masalah pencernaan

manfaat daun bidara

Manfaat daun bidara juga dapat dirasakan oleh penderita kesehatan lambung. Daun herbal ini telah lama digunakan untuk mengobati gastrointestinal.

Sebuah penelitian menunjukkan daun bidara dapat mengurangi asam lambung serta mengobati tukak lambung. Penelitian lainnya juga menunjukkan daun bidara efektif mengatasi masalah sembelit.

6. Mengatasi Sariawan dan Bibir Pecah-pecah

Antioksidan pada daun bidara bermanfaat untuk kesehatan mulut. Senyawa tersebut berfungsi mencegah bakteri jahat masuk mulut, sehingga bisa mengatasi sariawan dan bibir pecah-pecah.

7. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang mengurangi rasa percaya diri, ya Bund! Nah, untuk meningkatkan kepercayaan diri, Bunda bisa memanfaatkan daun bidara untuk mengatasi jerawat. Kandungan anti-inflamasi dan antibakterinya ampuh membantu mengatasi pertumbuhan jerawat.

Daun bidara juga bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Mau tahu caranya? Pertama-tama, haluskan beberapa lembar daun bidara, tambahkan sedikit perasan lemon. Lalu, oleskan pada area kulit yang berjerawat, diamkan 15 menit dan bilas hingga bersih.

8. Mempercepat Kesembuhan Luka

Selain jerawat, bekas luka juga bikin nggak PD. Namun, kandungan anti-inflamasi dan antibakteri pada daun bidara dapat mengatasinya. Senyawa tersebut membantu mempercepat penyembuhan luka dan meregenerasi kulit.

Tak hanya luka gores, ternyata kandungan glikosida dalam daun bidara bisa membantu menghilangkan bekas luka bakar. Cukup haluskan beberapa lembar daun bidara dan oleskan pada area luka secara perlahan.

9. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun bidara juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Senyawa saponin, flavonoid, dan polisakarida bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh. Jadi bisa dicoba sebagai immune booster di era penademi seperti sekarang.

Itulah makna dan manfaat daun bidara menurut ajaran Islam. Semoga bermanfaat ya Bund!

Baca Juga:

Sumber