Penulis: Putri Arya | Editor: Handa

Salah satu cara cepat hamil adalah dengan mengonsumsi buah zuriat. Buah yang berasal dari kawasan Afrika Utara ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan sehingga baik dikonsumsi saat program hamil.

Meski masih asing di telinga masyarakat Indonesia, buah zuriat telah dimanfaatkan sebagai alternatif terapi beberapa pasangan untuk mendapatkan momongan. Lalu apa saja manfaat buah zuriat dan bagaimana cara mengonsumsinya untuk program hamil? Simak penjelasannya yuk, Bunda.

Kandungan Nutrisi Buah Zuriat

Buah zuriat memiliki beberapa kandungan nutrisi penting, seperti Karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, asam lemak esensial linoleat serta mineral termasuk kalsium, kalium, magnesium dan fosfor. Buah zuriat juga mengandung senyawa aktif yang bersifat sebagai antioksidan, antibakteri, antihipertensi, antidiabetes, dan kemampuan menurunkan kadar lemak dalam darah.

Manfaat Buah Zuriat untuk Program Hamil

Secara umum untuk kesehatan, buah zuriat terbukti dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Buah zuriat juga dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah dan mencegah diabetes, melancarkan pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh. Lalu bagaimana dengan manfaatnya untuk program kehamilan?

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan buah zuriat efektif untuk program kehamilan, Bunda. Beberapa penelitian yang mungkin bisa dikaitkan dengan program kehamilan yaitu kandungan antioksidan tinggi pada buah zuriat mampu mencegah risiko stres oksidatif yang berdampak pada tingkat kesuburan pria dan wanita.

Pasalnya stres oksidatif dapat merusak sel, termasuk sprema. Jadi dengan mengurangi stres oksidatif, akan terjadi peningkatan kualitas sperma sehingga peluang kehamilan turut meningkat. Begitu pula pada wanita, mencegah stres oksidatif dengan antioksidan tinggi membantu pematangan sel telur, proses pembuahan, perkembangan embrio, hingga kehamilan.

Makanan dengan antioksidan tinggi, termasuk buah zuriat terbukti mampu meregenerasi sel-sel tubuh, termasuk sel dalam sistem reproduksi. Jadi secara tidak langsung, mengurangi stress oksidatif dengan mengonsumsi buah zuriat dapat meningkatkan kesehatan reproduksi dan memperbesar peluang kehamilan, Bunda.

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

Terdapat beberapa cara mengonsumsi buah zuriat. Bunda bisa mengolahnya menjadi beberapa jenis makanan atau dengan dimakan langsung daging buahnya. Berikut ini beberapa cara mengonsumsi buah zuriat yang bisa Bunda lakukan di rumah:

1. Makan Langsung

Berbeda dengan buah pada umumnya, mengonsumsi buah zuriat terbaik adalah saat masih mentah. Semakin matang buah zuriat, maka akan semakin sulit untuk dikonsumsi. Buah zuriat matang lebih cocok dijadikan sebagai bahan campuran masakan lho, Bunda.

2. Dihaluskan

Cara lainnya mengonsumsi buah zuriat adalah dengan menghaluskannya menjadi serbuk. Tapi sebelumnya, Bunda perlu menghancurkan buah zuriat menggunakan alat keras seperti palu atau pisau yang sangat kuat dan tajam. Bunda bisa mencampur serbuk buah zuriat ke dalam minuman seperti susu atau teh. Bisa juga dengan menambahkan bubuk buah zuriat ke dalam adonan kue.

3. Rebus Buahnya

Bunda juga bisa merebus buah zuriat. Potong 2 buah zuriat menggunakan pisau yang kuat dan tajam. Potong menjadi beberapa bagian kecil, ambil bagian kulit dalam dan isinya. Selanjutnya rebus buah zuriat yang telah dipotong dalam 6 gelas air dan tunggu hingga warnanya berubah kecokelatan seperti teh. Minum air rebusan buah zuriat 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari.

4. Rebus Kulit dan Bijinya

Kupas dan potong 2 buah zuriat, ambil bagian kulit dan bijinya. Rebus kulit dan bijinya dalam 5 gelas air selama kurang lebih 15 menit hingga air berubah warna. Diamkan selama 6 jam. Selanjutnya blender buah zuriat tanpa bijinya dengan air rebusan yang sudah dibuat. Saring dan minum ramuan ini secara rutin ya, Bunda.

Untuk program hamil, Ayah dan Bunda bisa mengonsumsi buah zuriat selama 44 hari. Namun jika dalam waktu tersebut Bunda mengalami pembuahan atau hamil, segera berhenti mengonsumsinya ya.

Sumber

Alodokter. (2020). Buah Zuriat Meningkatkan Peluang untuk Hamil. www.alodokter.com

Hello Sehat. (2021). Benarkah Makan Buah Zuriat Bisa Bikin Cepat Hamil? www.hellosehat.com

Klik Dokter. (2020). Benarkah Mengonsumsi Buah Zuriat Bisa Bikin Cepat Hamil? www.klikdokter.com

Orami. (2021). 7 Manfaat Buah Zuriat dan Cara Penyajiannya, Simak Moms! www.orami.co.id