Penulis: Agatha | Editor: Handa

Menjadi seorang ibu sudah pasti ingin supaya nutrisi sang buah hati selalu terpenuhi dengan baik dan seimbang. Pemenuhan nutrisi sang buah hati bisa Bunda lakukan sedari Bunda mengandung sang buah hati. Tidak dari makanan saja, tetapi nutrisi yang diperlukan sang buah hati bisa dipenuhi melalui suplemen yang Bunda minum.

Suplemen yang dapat dikonsumsi oleh para Bunda, yaitu prolacta. Prolacta merupakan suplemen makanan yang digunakan untuk pembentukan sel-sel otak janin dan bayi. Suplemen ini direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi para ibu yang sedang hamil dan menyusui. Kira-kira apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi prolacta?

Kandungan Prolacta

Prolacta merupakan suplemen minyak ikan yang berguna untuk memenuhi nutrisi perkembangan otak janin dan bayi. Kandungan dalam suplemen ini terdiri dari:

  • DHA. DHA atau docosahexanoid acid merupakan salah satu kandungan dalam suplemen prolacta yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak janin dan bayi. Selain itu, DHA juga bermanfaat untuk membantu perkembangan indra penglihatan atau mata serta membantu perkembangan sistem saraf pusat.
  • EPA. EPA atau eicosaapentaenoic acid merupakan kandungan dalam suplemen prolacta yang berfungsi untuk membantu perkembangan jantung janin. Selain membantu perkembangan jantung, EPA juga berfungsi untuk meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh dan membantu perkembangan respons terhadap peradangan atau inflamasi.
  • Vitamin E. Hampir sama seperti EPA, kandungan vitamin E di dalam suplemen prolacta dapat berfungsi untuk menjaga sistem imun pada ibu selama masa kehamilan. Selain itu, vitamin E juga dinilai dapat mengurangi risiko preeklamsia.

Dosis Prolacta

Wanita hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi prolacta dengan memperhatikan dosisnya. Kandungan dalam setiap kapsul suplemen prolacta for mother sebagai berikut:

  • DHA 214 mg
  • EPA 20 mg
  • Vitamin E 10 mg

Dalam kemasan dus prolacta for mother berisi 6 strip x 10 kapsul. Dosis  yang dianjurkan untuk diminum oleh Bunda adalah sebagai berikut:

  • Bunda dapat meminumnya 1 kapsul sehari.
  • Prolacta dianjurkan untuk diminum sebelum/sesudah makan.

Manfaat Prolacta

Suplemen prolacta memiliki banyak manfaat untuk janin dan bayi. Suplemen prolacta mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung kecerdasan. Berikut manfaat yang bisa Bunda dapatkan dari prolacta, antara lain:

  • Menunjang perkembangan otak dan kecerdasan janin sehingga kecerdasan anak pada masa mendatang juga dapat terjamin.
  • Memenuhi kebutuhan vitamin E
  • Meningkatkan sistem imun
  • Membantu perkembangan indra penglihatan sang buah hati
  • Membantu perkembangan sistem saraf
  • Memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang terus menerus meningkat

Efek Samping Prolacta

Setiap obat dan suplemen yang tersedia untuk menjamin tumbuh kembang janin dan si kecil tentu memiliki efek samping masing-masing. Begitu pun dengan suplemen prolacta. Suplemen prolacta juga memiliki efek samping pemakaiannya.

Apabila suplemen prolacta dikonsumsi dengan baik dan sesuai anjuran, suplemen prolacta kemungkinan kecil tidak akan menimbulkan efek samping Konsumsi suplemen prolacta yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping, yaitu alergi yang muncul pada ibu yang hipersensitif terhadap obat.

Bagi para Bunda yang memiliki alergi terhadap omega 3 dan kandungan dalam suplemen prolacta sebaiknya menghindari untuk tidak mengonsumsi suplemen ini. Untuk mengetahui apakah ada alergi atau tidak, Bunda perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian manfaat dan efek samping mengenai suplemen prolacta. Suplemen prolacta dapat dikonsumsi oleh Bunda dan sang buah hati. Tentunya dengan obat dan dosis yang berbeda. Untuk lebih lanjutnya, Bunda bisa menghubungi dan konsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi suplemen ini.

Baca juga:

Sumber

Mother and Baby. (2017). Bolehkah Mengonsumsi Suplemen Prolacta saat Hamil?. motherandbaby.co.id

Halo Doc. (2021). Prolacta for Mother 10 Kapsul. halodoc.com 

K24 Klik. (2021). PROLACTA PLUS DHA MOTHER 10’S (per Strip). k24klik.com

Alo Dokter. (2017). Kandungan Prolacta for Mother. alodokter.com