Penulis: Putri Arya | Editor: Handa

Madu memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Tidak hanya diolah dalam makanan dan minuman, madu juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit, seperti masker wajah, pelembap, bahkan kondisioner rambut.

Biasanya madu digunakan untuk mengatasi jerawat dan kulit kusam. Tapi tidak hanya sebatas itu lho, Bunda. Berikut ini 7 manfaat madu untuk kecantikan yang perlu diketahui:

1. Mengatasi Jerawat

Madu telah lama dipercaya untuk mengatasi jerawat serta memudarkan bekas jerawat. Madu juga mampu mengatasi peradangan akibat jerawat. Kandungan antibakteri dan antiinflamasi dalam madu membantu menyembuhkan jerawat.

Antioksidan di dalamnya juga bermanfaatkan memenangkan kulit. Untuk mengatasi jerawat, Bunda bisa menggunakan madu sebagai masker. Gunakan masker madu minimal 1 kali seminggu.

2. Mengobati Luka dan Luka Bakar

Selain untuk mengatasi jerawat, Madu juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk luka dan luka bakar dengan cara menggunakannya secara topikal ke kulit. Hingga saat ini madu masih digunakan untuk mengobati dan membersihkan luka. Sifat antiseptic pada madu berfungsi mencegah infeksi pada luka.

3. Mencerahkan Kulit

Percaya iri berkurang karena kulit kusam? Bunda bisa menggunakan madu untuk mengatasinya. Bunda bisa menggunakannya sebagai masker wajah. Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan madu ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit lalu bilas.

4. Melembapkan Kulit

Madu dapat menjadi sahabat baik bagi Bunda yang memiliki masalah kulit kering. Senyawa dalam madu membantu melembapkan kulit secara alami serta menjaga kelembapannya. Caranya mudah, yaitu dengan menggunakannya sebagai masker. Oleskan madu pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Mengatasi Bibir Kering

Tidak hanya mengatasi kulit kering, madu juga telah lama digunakan untuk mengatasi bibir kering, ya Bunda. Hal ini karena madu menjadi cara alami yang ampuh melembapkan bibir yang kering dan pecah-pecah.

Terutama bagi Bunda yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC dengan suhu dingin. Kurangnya cairan membuat bibir menjadi lebih mudah kering dan mengelupas. Untuk mengatasinya, oleskan madu sebagai lip mask setiap malam.

6. Eksfoliasi Alami

Madu juga kerap digunakan sebagai eksfoliasi alami. Tekstur lembut madu mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Bunda bisa mencampurkan madu dengan scrub atau oat dan bahan lainnya untuk eksfoliasi wajah.

Aplikasikan pada wajah dan beri pijatan lembut. Lakukan selama 3-5 menit lalu bilas dengan air hangat. Kulit Bunda akan terasa lebih lembut dan lembap.

7. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat madu untuk kecantikan selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan pada madu bermanfaat menunda tanda-tanda penuaan seperti kerutan di wajah.

Kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral dan asam amino dalam madu juga bermanfaat melembapkan dan menghaluskan kulit. Serta efektid menangkal radila bebas sehingga kulit terhindar dari kerusakan.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Selain untuk kulit, madu juga kaya manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan vitamin, asam amino hingg antiosidan di dalamnya sangat baik melembapkan dan menjaga kesehatan rambut. Bunda bisa menggunakan madu sebagai masker rambut atau kondisioner.

Itulah tadi ragam manfaat madu untuk kecantikan. Sebelum menggunakan madu sebagai perawatan kulit, sebaiknya Bunda melakukan patch test atau tes sampel untuk memastikan tidak ada reaksi alergi akibat penggunaan madu ya.

Baca juga: