Penulis: Vinna | Editor: Handa

Mugwort atau di Indonesia disebut Daun Baru Cina adalah tanaman tahunan yang berasal dari benua Eropa dan sebagian benua Asia dan Afrika. Bahkan sekarang Mugwort juga tumbuh di banyak negara di dunia, termasuk di Amerika Utara.

Tanaman yang juga dikenal sebagai Artemisia vulgaris ini menghasilkan bunga berwarna kuning atau kemerahan dan daun berwarna hijau tua dengan bulu perak. Mungkin Bunda masih belum banyak tahu manfaat tanaman ini. Berikut manfaat tanaman mugwort yang telah dirangkum oleh Catatan Bunda. 

1. Berguna dalam Pengobatan Moksibusi

Dalam pengobatan tradisional di Asia, Mugwort atau Wormwood digunakan dalam cara Moksibusi. Daun Mugwort atau Wormwood dibentuk menjadi batang atau kerucut seukuran dan bentuk cerutu, kemudian dibakar pada atau di atas titik akupunktur untuk melepaskan energi.

Moksibusi telah dipraktekkan selama lebih dari 3.000 tahun lalu di Tiongkok dan para pendukung mengklaim bahwa cara itu dapat memperkuat dan menghangatkan darah dan energi kehidupan manusia, dan mengobati peradangan dan kanker. Studi penelitian ini menghasilkan bagaimana asap moxa dapat meningkatkan sistem saraf otonom dan menimbulkan efek relaksasi pada tubuh.

2. Merangsang Siklus Menstruasi

Manfaat ini sangat penting bagi Bunda karena ternyata Mugwort juga dapat dikonsumsi untuk merangsang siklus menstruasi wanita. Sehingga menstruasi tidak lagi tertunda. Bahkan zaman dahulu, tanaman ini digunakan untuk menginduksi aborsi. Namun, ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari cara ini karena adanya potensi risiko yaitu dapat menyebabkan rahim berkontraksidan menyebabkan keguguran.

3. Mengobati Masalah Perut dan Usus

Manfaat Mugwort selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk merangsang enzim pencernaan dan sekresi empedu. Dalam praktik herbal di benua Eropa dan Amerika, Mugwort digunakan untuk mengobati masalah perut dan usus seperti: sakit perut, gas, diare, dan sembelit. Selain itu, Mugwort juga dapat dipakai untuk meringankan sakit kepala, mimisan, panas dingin, demam, masalah saraf, dan insomnia.

4. Membantu Mengobati Masalah Mental

Akar Mugwort dapat digunakan untuk masalah mental jika dikombinasikan dengan bahan lain seperti: masalah mental (psikoneurosis), kelelahan berkelanjutan dan depresi (neurasthenia), depresi, hipokondria, mudah marah, gelisah, sulit tidur (insomnia), dan kecemasan (anxiety).

5. Menjadi Bumbu Penyedap Masakan dan Bir

Manfaat Mugwort yang kelima adalah Mugwort digunakan untuk membumbui bir, sebelum hop dibudidayakan di benua Eropa. Mugwort juga digunakan sebagai penyedap untuk masakan olahan ikan dan daging, termasuk angsa Natal tradisional di negara Jerman.

Lalu, Mugwort juga digunakan sebagai penyedap masakan di Tiongkok, Korea, dan Jepang. Di Jepang, Mugwort digunakan untuk makanan penutup dan beberapa jenis kue beras, dan di Korea, Mugwort adalah salah satu bahan untuk membuat pancake, sup, dan salad.

6. Dapat Dibuat Teh dan Tonik

Selanjutnya, Mugwort dapat dibuat menjadi teh dengan menambahkan 1,5 sendok teh daun Mugwort ke dalam secangkir air mendidih. Kemudian seduh selama 10 menit lalu saring daunnya dan sajikan. Selain itu, akar Mugwort dapat digunakan untuk membuat tonik yang menurut banyak orang dapat meningkatkan energi.

7. Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Mugwort bisa melawan kanker yang kuat. Dalam sebuah studi penelitian, ekstrak Mugwort membunuh dan mencegah penyebaran sel kanker usus besar. Studi penelitian lain menemukan bahwa minyak esensial Mugwort menginduksi kematian sel pada sel kanker leukemia.

8. Melawan Bakteri dan Jamur Berbahaya

Manfaat Mugwort yang terakhir adalah Mugwort dapat melawan beberapa jenis bakteri dan jamur berbahaya, menurut beberapa studi penelitian. Dalam sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial Mugwort efektif melawan candida albicans, sejenis ragi yang dapat menyebabkan infeksi jamur.

Studi penelitian yang lain juga melaporkan bahwa minyak esensial menghadang pertumbuhan staphylococcus aureus, strain bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia. Terlebih lagi, studi penelitian lainnya menemukan bahwa minyak esensial efektif melawan hampir 21persen dari 616 jenis spesies mikroba.

Itulah kedelapan manfaat Mugwort, tanaman yang masih kurang akrab ditelinga para Bunda sekalian. Tetapi, Bunda tetap harus memeriksa dan bertanya pada ahli terkait Mugwort sebab masih butuh banyak penelitian lanjutan yang harus dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan ketika mengkonsumsi Mugwort bagi Bunda dan keluarga.

Sumber

Nccih.nih.gov. (2021). Mugwort. www.nccih.nih.gov

Medical News Today. (2020). What to know about mugwort. www.medicalnewstoday.com

Healthline.com. (2016). Mugwort: A Weed with Potential. www.healthline.com

Verywellhealth.com. (2020). The Health Benefits of Mugwort. www.verywellhealth.com

Healthline.com. (2021). What Is Mugwort? A Comprehensive Overview. www.healthline.com

Baca juga: