Penulis: Mei | Editor: Handa

Penggunaan test pack memang kerap kali digunakan untuk mendekteksi awal kehamilan Bunda. Jika Bunda positif hamil, maka hasil test pack akan menunjukkan dua garis. Bunda bisa menggunakan test pack yang berbeda untuk meyakinkan hasil tersebut.

Nah, lalu apa sih yang menyebabkan test pack bisa mendeteksi kehamilan dengan mudah? Ternyata test pack dapat mendeteksi kadar hormon HCG pada urine Bunda, lho! Selain untuk mendeteksi kehamilan, hormon HCG juga memiliki pengaruh yang penting terhadap kehamilan Bunda.

Apa sih Hormon HCG itu?

Kehamilan erat kaitannya dengan hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin. Hormon ini dibuat oleh plasenta setelah impan embrio masuk ke dalam lapisan rahim Bunda. Oleh karenanya, hormon HCG akan terdeteksi pada urine jika Bunda melakukan test pack.

Hormon HCG biasanya akan terus meningkat selama awal kehamilan atau pada trimester pertama. Akan tetapi hormon ini mulai dapat terdeteksi pada satu atau dua hari setelah impantasi berhasil. Jadi, saat Bunda melakukan tes pack, sebenarnya yang Bunda lakukan adalah mendeteksi kadar HCG dalam tubuh Bunda.

Kadar hormon HCG dalam tubuh Bunda akan mengalami fase naik turun selama masa kehamilan. Pada kehamilan normal biasanya mengandung kadar hormon HCG sebanyak 90-100.000 mIU/ml. Akan tetapi jika kadar HCG dalam tubuh Bunda terlalu tinggi atau terlalu rendah dari ukuran normal, maka ada kemungkinan bahwa kandungan Bunda mengalami masalah sehingga Bunda perlu memeriksakannya lebih lanjut.

Bagaimana Pengaruh Hormon HCG Terhadap Kehamilan?

Perlu Bunda ketahui bahwa hormon HCG hanya ada pada wanita yang sedang hamil. Selain untuk mendeteksi awal kehamilan, hormon HCG juga dapat mendeteksi kondisi lainnya, seperti:

1. Mendeteksi Usia Kehamilan

Adanya tes HCG melalui darah juga dapat dilakukan untuk mendeteksi usia kehamillan Bunda. Jadi setelah Bunda mengetahui bahwa test pack Bunda positif, maka Bunda bisa segera memeriksakannya ke dokter untuk memastikan kehamilan Bunda.

2. Mendeteksi Kelainan pada Kehamilan

Selain menggunakan urine, tes hormon HCG juga bisa dilakukan dengan menggunakan darah. Tidak hanya untuk cek kehamilan, hormon HCG juga dapat dilakukan untuk mendeteksi kelainan pada kehamilan Bunda.

Kelainan pada kehamilan yang bisa dideteksi adalah down syndrome kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik ini biasanya terjadi karena kehamilan yang terjadi di luar kandungan Bunda.

3. Mendeteksi Keguguran

Tes hormon HCG dengan darah juga dapat mendiagnosis potensi keguguran pada kehamilan Bunda. Oleh karena itu, pemeriksaan kehamilan sejak dini sangat Bunda perlukan untuk mengetahui keadaan kandungan Bunda.

4. Merangsang Morning Sickness

Morning sickness atau yang biasa disebut sebagai gejala mual dan muntah selama trimester awal kehamilan terjadi karena adanya hormon HCG. Hal ini biasa terjadi pada pagi hari atau bahkan sepanjang hari. Jika Bunda mengalami hal ini, Bunda tak perlu khawatir karena hal ini wajar dialami oleh Bunda di awal kehamilan.

Itulah paparan tentang hormon HCG dan pengaruhnya terhadap kehamilan Bunda. Untuk memastikan kehamilan Bunda akan lebih baiknya dilakukankan pemeriksaan kepada dokter kandungan. Hal ini akan menambah pengatahuan Bunda tentang berbagai hal tentang kandungan Bunda.

Baca juga: