Penulis: Aliftya | Editor: Handa

Keberadaan kutu kasur (bedbugs) tidak hanya membuat alas tidur jadi terlihat kotor serta berbau tidak sedap atau apek. Lebih dari itu, ia juga dapat membuat Bunda tidak nyaman saat tidur dan bahkan mengalami gatal-gatal karena terkena gigitannya.

Oleh karenanya, hewan yang mudah berkembang-biak ini harus segera dibasmi agar tak menyebar ke sudut rumah lainnya. Nah, berikut telah Catatan Bunda rangkum beberapa cara mudah untuk mengusir kutu kasur, mulai dari menggunakan alat elektronik, hingga bahan-bahan alami maupun kimia.

1. Rutin Menjemur Kasur

Langkah yang paling sederhana untuk menghilangkan kutu di tempat tidur ialah dengan menjemur kasur di bawah sinar matahari secara langsung. Cara ini terbilang cukup efektif karena kasur tidak tahan dengan suhu panas. Nah, selama proses penjemuran berlangsung, pastikan pula jika barang-barang yang ada di kamar, seperti guling dan bantal, dipindahkan agar tungau tidak menyebar.

2. Lakukan Penguapan

Untuk cara yang satu ini, Bunda bisa memanfaatkan keberadaan ketel listrik. Setelah air yang direbus matang, uapkan air tersebut ke sepanjang kasur hingga ke sela-sela. Pastikan semua sudut terpapar uap.

3. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Jika Bunda tidak ingin repot, membeli vacuum cleaner untuk kasur bisa menjadi opsi terbaik. Seperti yang kita ketahui, alat elektronik yang satu ini memiliki kemampuan dalam menyedot kotoran yang tak kasat mata. Dengan demikian, kemungkinan kutu kasur tersedot pun makin besar.

4. Manfaatkan Gel Silika

Silika gel rupanya juga ampuh untuk menghilangkan kutu kasur lho, Bunda. Caranya cukup dengan menaburkannya ke kasur dan kamar. Nantinya, saat kutu menempel pada silika, maka mereka akan mati dengan sendirinya.

5. Gunakan Kapur Barus

Tak hanya bisa mengharumkan ruangan, kapur barus juga dapat mengusir dan mencegah pertumbuhan serangga, seperti kutu. Agar lebih efektif, Bunda juga bisa mencampurkannya dengan minyak tanah. Campuran kapur barus dan minyak tanah tersebut lalu disemprotkan ke tempat yang sekiranya menjadi sarang kutu kasur.

6. Semprot Kasur dengan Cuka

Selain bisa digunakan sebagai bahan memasak, cuka juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu. Caranya pun mudah, tanpa perlu dicampur dengan air, cukup semprotkan cuka ke area yang berkutu.

7. Gunakan Cairan Insektisida

Alternatif lain untuk mengusir kutu kasur ini ialah dengan menyemprotkan cairan insektisida. Beberapa jenis insektisida yang bisa Bunda coba ialah piretrin (insektisida botani dari bunga krisan), chlorfenapyr (membunuh kutu dengan mengganggu selnya), neonicotinoid atau nikotin buatan (merusak sistem saraf serangga).

8. Manfaatkan Kulit Durian

Kalau Bunda gemar makan durian, jangan langsung buang kulitnya. Letakkan kulit durian tersebut di dekat sarang tungau. Bau menyengat buah tersebut bisa membantu menghilangkan kutu kasur yang ada.

Itulah sejumlah cara yang bisa diaplikasikan untuk membasmi kutu kasur. Jangan lupa juga untuk rutin mencuci dan mengganti sprei serta sarung bantal dan guling ya, Bunda!

Baca juga: