Penulis: Vinna Oktavia | Editor: Aufia

Mengandung hingga melahirkan anak adalah momen yang menyenangkan dan sangat ditunggu-tunggu pasangan suami istri. Bahkan saking senangnya, terkadang orang tua telah mempersiapkan nama jauh-jauh hari sebelum sang buah hati lahir.

Apakah Bunda juga begitu? Berbicara tentang nama anak, pasti semua orang tua akan menberikan nama yang indah dan bermakna bagus. Harapannya supaya kelak anak akan memiliki pribadi sesuai namanya. 

Nah, untuk Bunda muslimah yang sedang mencari nama untuk anak laki-laki, tidak ada salahnya menggunakan salah satu dari beberapa rekomendasi rangkaian nama bayi lali-laki Islami 3 kata berikut! 

1. Muhammad Ahsan Qadir

Muhammad memiliki arti yang paling terpuji, Ahsan berarti keunggulan, sementara Qadir berarti kekuatan. Ketika ketiganya di gabungkan, nama ini memiliki arti anak laki-laki kuat dan unggul yang disertai perilaku terpuji.

Untuk nama panggilan Bunda bisa menggunakan nama Ahsan atau Qadir. Nama ini terispirasi dari salah satu pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia yang sudah banyak menorehkan prestasi, yaitu Muhammad Ahsan. 

2. Iqdam Zain Ramadhan

Iqdam berarti keberanian. Zain mempunyai arti tampan, lalu Ramadhan yaitu bulan puasa. Jika dihubungkan, nama ini artinya adalah anak laki-laki berwajah tampan dan memiliki keberanian yang lahir di bulan ramadhan.

Bunda bisa memanggilnya Zain atau Iqdam. Nama ini merupakan kombinasi dari musisi Swedia, berasal dari Lebanon yaitu Maher Zain serta pemeran Dilan, Iqbaal Ramadhan. Keren kan Bunda!

3. Zayn Parvez Mustafa

Zayn memiliki arti keunggulan, Parvez berarti perdamaian, dan Mustafa artinya terpilih. Apabila digabungkan, nama ini berarti anak laki-laki yang unggul dan terpilih untuk menjaga perdamaian.

Kalau nama bayi islami yang satu ini terispirasi dari penyanyi populer asal Inggris, Zayn Malik yang dulunya merupakan anggota One Direction. Nama panggilan yang bisa Bunda gunakan adalah Zain atau Mustafa.

4. Nadiem Ahmad Sufian

Kata Nadiem berarti teman. Kemudian Ahmad mempunyai arti terpuji, sedangkan Sufian artinya gesit. Saat disatukan namanya memiliki arti anak laki-laki yang terpuji karena gesit berteman dengan banyak orang.

Bunda mau tahu, ide nama bayi yang inda ini dari mana? Dari nama atlit bulu tangkis ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad. Tak perlu risau soal nama panggilan. Ketiga kata tersebut bisa digunakan untuk nama panggilan buah hati, Bund!

5. Ali Faizan Abdullah

Ali berarti mulia, Faizan berarti rahmat, dan Abdullah yaitu hamba Allah. Apabila digabungkan memiliki arti anak laki-laki hamba Allah yang memiliki rahmat dan sifat mulia.

Untuk nama panggilannya bisa Ali atau Faizan. Nama Ali yang paling dikenal adalah Muhammad Ali, seorang atlet petinju profesional Amerika dan juga aktivis sosial. Sedangkan Abdullah adalah nama ayah Rasulullah.

6. Omar Bilawal Munaf

Omar mempunyai arti berkembang. Selanjutnya, Bilawal artinya orang suci, dan Munaf berarti mulia. Sehingga ketika disatukan memiliki arti anak laki-laki yang diharapkan dapat terus berkembang, menjadi orang suci dan mulia di masa depan.

Ide nama ini adalah dari aktor Omar Daniel, Bund! Untuk nama panggilan Bunda bisa menggunakan kata Omar atau Munaf.

7. Danish Tahir Zidane

Danish berarti kebijaksanaan, Tahir artinya kesucian, sementara Zidane memiliki arti pertumbuhan dan kemajuan. Jika dihubungkan, artinya adalah anak laki-laki yang terus tumbuh dan maju untuk menjadi orang bijaksana dan menjaga kesucian dirinya.

Untuk nama panggilannya bisa Danish, atau Zidane. Tentu Bunda yang menggemari sepakbola tahu darimana inspirasi nama ini. Yup, dari Zinedine Zidane, pelatih sepak bola sekaligus mantan pemain bola yang dulu sempat membela Juventus dan Real Madrid. 

8. Salah Rai Miqdad

Salah memiliki arti kesetiaan. Kemudian, Rai berarti pelindung, dan Miqdad yang artinya kuat. Ketiganya disatukan sehingga mempunyai arti anak laki-laki yang kuat serta setia melindungi orang-orang yang disayangi.

Mohamed Salah, pemain sepak bola asal Mesir yang kini berseragam Liverpool adalah inspirasi dari rangkaian nama ini. Nah, Bunda bisa memanggil Rai jika memilih nama ini.

9. Reza Ahdawi Hanan

Reza mempunyai arti berbudi luhur, Ahdawi artinya menepati janji, dan Hanan berarti ramah. Saat ketiganya disatukan memiliki arti anak laki-laki bersifat ramah, berbudi luhur, dan tidak lupa menepati janjinya.

Bunda bisa memberikan nama panggilan Reza atau Hanan. Nama panggilan Reza dimiliki aktor Indonesia yaitu Reza Rahadian. 

10. Arshad Hussain Faruk

Arshad mempunyai arti sepatutnya dipandu. Hussain artinya tampan, sementara Faruk yaitu mampu membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Jika dihubungkan, ketiganya membentuk arti nama anak laki-laki berparas tampan yang dapat memandu orang-orang membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Ide nama ini dari nama aktor Indonesia, Cemal Faruk

Itulah rekomendasi nama bayi laki-laki islami 3 kata. Kira-kira nama mana yang akan Bunda sematkan ke buah hati?

Baca Juga: