Penulis: Diana | Editor: Aufia

Adakah di sini yang sedang sedih karena telah melakukan kesalahan atau dosa dengan Allah? Apakah Bunda juga selalu dihantui rasa bersalah dengan Allah? Lalu mempunyai komitmen untuk bertaubat dengan menyesali perbuatan dan berkomitmen agar kesalahan atas pelanggaran ke Allah tidak diulangi lagi?

Allah masih baik dan terus tetap baik sama umatnya. Cuma terkadang umatnya aja yang sering lupa, ingkar dan lupa sama nikmatnya. Alhasil dosa terus bertambah, umur makin berkurang, bukan pahala yang nambah tapi malah timbangan sebelah kiri yang tumpang tindih sebelah. 

Ingin bertaubat secara sungguh-sungguh? Segeralah melakukan sholat taubat! Amalan sunnah ini akan mendekatkan kita kepada Allah SWT dan menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai niat dan tata cara sholat taubat, yuk langsung scroll ke bawah, Bund!

keutamaan sholat dhuha

Pelaksanaan Sholat Taubat sebagai Penggugur Dosa

Dalam islam, muslim dianjurkan untuk menggugurkan dosa-dosa sesuai dengan anjuran yang tertulis dalam Al-Qur’an dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW yaitu melakukan sholat taubat. Sebagaimana dalam surat al-Tamrin ayat 8. Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha.”

Dalam sebuah hadis riwayat al-Tirmidzi dari Abu Bakar Siddiq, dia berkata;

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَهَذِهِ الْآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِم وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اللهُ

Artinya:“Tidaklah seseorang melakukan perbuatan dosa, kemudian ia berdiri bersuci dan sholat, lalu ia meminta ampun kepada Allah kecuali Allah pasti akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini:“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa mereka kecuali Allah.”

Adapun Bunda wajib bertaubat segera setelah melakukan dosa yang dilakukan walaupun dosa itu kecil. Karena menunda taubat, maka dia juga akan mendapat doa atas penundaan taubatnya itu. Jadi,  salah satu perantara bertaubat yang bisa Bunda lakukan adalah melakukan sholat taubat terlebih dahulu. 

Syekh al-Nawawi Al-Jawi menjelaskan dalam kitabnya Nihayah al-Zain, bahwa seseorang wajib segera bertaubat sesaat setelah dia melakukan dosa walaupun dosa kecil. Apabila dia menunda bertaubat, maka dia berdosa karena penundaan taubatnya tersebut. Salah satu wasa’il atau sarana dan perantara bertaubat adalah dengan melakukan sholat taubat terlebih dahulu.

Sholat taubat nasuha adalah tobat yang diniatkan dengan komitmen penuh serta ketulusan dan kesungguhan Bunda untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Insya Allah dosa Bunda pasti akan diampunkan sebagaimana kutipan. Jadi, apakah Bunda tertarik untuk melakukannya?

Niat Sholat Taubat

Sholat taubat harus diiringi dengan keinginan bertaubat yang sangat kuat ya Bunda untuk segala kesalahan yang telah diperbuat.. Setelah itu lanjutkan dengan berwudhu dan melaksanakan sholat 2 rakaat dengan melafzakan niat ini ya Bunda.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَي

USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’ALAA. ALLAHU AKBAR.

Artinya: Aku niat shalat sunat taubat dua raka’at karena Allah ta’ alaa. Allahu Akbar.

Tata Cara Sholat Taubat 

  1. Berwudhulah sesuai sunnah agar sempurna
  2. Sholatlah dua rakaat, tata caranya sama ya Bunda dengan sholat pada umumnya
  3. Tidak ada bacaan yang khusus dalam sholat taubat. Bunda dapat membaca Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat apapun yang Bunda hafal.
  4. Berusaha khusyu ketika sholat. Karena teringat pada dosa yang sudah dilakukan.
  5. Istighfarlah dan mohon ampunan Allah setelah sholat.
  6. Tidak ada bacaan istigfar khusus dalam melakukan sholat taubat. Bacaan istighfar sama dengan bacaan istighfar pada umumnya. Misal: Astaghfirullah wa atubu ilaih.
  7. Perlu diingat, inti dari sholat taubat adalah memohon ampun kepada Allah dengan menyesali perbuatan yang telah dilakukan. Jadi, fokuskan rasa bersalah pada penyelasan terdalam di hadapan Allah dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi.

Baca Juga:

Sumber