Penulis: Annisa | Editor: Aufia

Siapa sangka, romantisnya drama korea membuat kita menggandrunginya, bahkan sampai terkena demam hallyu. Menariknya, beberapa penggemar juga belajar kosa kata bahasa Korea lewat drama atau film. Tak terkecuali kosa kata panggilan sayang bahasa Korea yang ternyata sangat beragam.

Melihat betapa romantisnya panggilan sayang dalam drakor, apakah Bunda juga tertarik untuk mencobanya? Jadi memanggil pasangan tidak hanya dengan sebutan “yang” atau “sayang” saja. Ada variasi lain yang tentunya bisa bikin hubungan makin harmonis.

Nah, kalau Bunda tertarik, berikut 10 panggilan sayang bahasa Korea yang bisa Bunda gunakan. Kira-kira apa saja, ya? Langsung kepoin artikel ini Bund!

1. Jagiya (자기야) – Sayang

Kata sayang yang sudah tidak asing bagi pecinta drama Korea, jagiya atau chagiya merupakan panggilan sayang yang paling lumrah digunakan oleh masyarakat Korea. Tak hanya pasangan muda yang belum menikah, namun banyak juga pasangan suami istri yang menggunakannya. Selain menggunakan versi panjangnya, Bunda juga bisa menyingkatnya menjadi jagi. Bunda penggemar drakor pasti sering mendengarnya kan?

2. Oppa (오빠) – Pacar atau Suami

Panggilan sayang yang tak kalah populer di Korea adalah oppa. Sebenarnya julukan ini digunakan untuk menyebut ‘kakak lelaki’, namun tak jarang beberapa pasang kekasih juga menggunakannya. 

Eits, tapi ada aturan untuk menggunakannya ya, Bund! seperti yang sudah Catatan Bunda jelaskan, oppa memiliki arti ‘kakak lelaki’. Jadi panggilan sayang tersebut hanya bisa digunakan untuk memanggil suami yang usianya lebih tua dari Bunda ya!

3. Yeobo (여보) – Sayang

Mirip dengan jagiya, yeobo juga bisa diartikan sebagai honey atau darling dalam bahasa Inggris. Namun, julukan ini lebih sering digunakan oleh pasangan yang sudah menikah.

Penggunaannya juga fleksibel, sebab bisa untuk panggilan wanita atau pria. Jadi bisa digunakan oleh suami untuk memanggil Bunda, atau saat Bunda memanggil suami. Panggilan sayang ini terdengar romantis banget, loh Bund! Tertarik untuk mencobanya?

4. Nae Sarang (내사랑) – Cintaku

Hayo siapa yang panggilan sayangnya My Love atau Milop? Tak ada salahnya kalau mulai sekarang menggunakan julukan Naesarang.

Panggilan yang diklaim mirip jagiya ini secara tidak langsung memang berarti cintaku (my love, dalam bahasa Inggris). Duh, romantis banget ya Bund! Dan kabar baiknya, julukan ini bisa digunakan baik untuk memanggil kekasih perempuan maupun lelaki.

5. Naekkeo (내꺼) – Milikku atau Kekasihku

panggilan sayang bahasa korea

Ingin menggunakan panggilan untuk mengekspresikan sikap posesif? Bunda dapat menggunakan julukan naekkeo. Secara harfiah, julukan ini berarti “milikku” atau “kekasihku”.

Yang paling menggemaskan panggilan ini biasanya diungkapkan dengan nada yang imut dan lucu. Pas banget kalau Bunda menggunakannya pas lagi ‘romantis-romantisan’ berdua dengan suami. Selain itu, Bunda juga bisa menggabungkan nama doi dengan “kkeo” untuk menyatakan dirinya sebagai kekasih Bunda. 

6. Wangjanim (왕자님) – Prince

Sama seperti oppa, panggilan ini khusus untuk pria saja. Kata awal “wangja” berarti pangeran dan “nim” merupakan gelar untuk lebih menghormati. Meskipun terkesan formal, namun akhiran panggilan ini dapat memberikan kesan ramah dan peduli.

7. Ae-in (애인) – Sayang

panggilan sayang bahasa korea

Meski jarang terdengar saat nonton drakor, panggilan ini juga sering digunakan oleh pasangan, loh Bund! Dalam bahasa Indonesia, julukan ini setara dengan “kekasih”. Selain pasangan, nama panggilan ini juga bisa digunakan untuk menyebut kekasih orang lain karena sifatnya yang lebih netral. 

8. Anae (아내) – Sayangku atau Istriku

Panggilan anae juga terdengar kurang familiar. Namun, panggilan sayang ini sering digunakan dalam kondisi tertentu seperti ketika sedang menghadiri acara formal dan banyak orang. Karena memiliki arti ‘istriku’, jadi hanya suami yang bisa menggunakannya untuk memanggil istri tercinta.

9. Seobangnim (서방님) – Suamikupanggilan sayang bahasa korea

Untuk melengkapi anae yang berarti istriku, Bunda bisa menggunakan seobangnim untuk memanggil suami. Dalam bahasa Indonesia, julukan ini berarti ‘suamiku’. Biar hubungan makin romantis, yuk praktikkan dua panggilan sayang tersebut.

10. Aegiya (애기야) – Sayang

Memanggil pasangan dengan sebutan “kekasih” mungkin terdengar kuno, ya Bund? Oleh karena itu, Bunda bisa menggantinya dengan aegi atau aegiya. Julukan ini juga setara dengan sebutan “sayang”. Sstt, selain informal, panggilan sayang ini juga melambangkan betapa intimnya hubungan Bunda dengan pasangan loh!

Itu dia 10 panggilan sayang bahasa Korea yang bisa Bunda dan suami gunakan, biar makin romantis. Kira-kira panggilan sayang mana yang akan Bunda dan suami pilih?

Baca Juga: