Penulis: Siti Ruli | Editor: Aufia

Seks tidak selalu terasa nikmat, kadang muncul rasa tidak nyaman terutama saat vagina dalam kondisi kering. Makanya, dibutuhkan pelumas atau lubricant untuk membantu proses penetrasi.

Sebenarnya banyak lubricant yang beredar di pasaran, namun beberapa diantaranya mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu keseimbangan pH alami vagina. Alih-alih membantu malah dapat meningkatkan resiko infeksi.

Tentu Bunda tak ingin mengalami infeksi vagina kan? Tak ada salahnya memanfaatkan beberapa produk alternatif yang dikenal sebagai ‘pelumas alami’.

Mau tau apa aja pelumas alami yang aman untuk berhubungan seksual? Just keep scrolling! Oh iya, jangan lupa kasih tahu suami juga ya!

1. Minyak Kelapa

pelumas alami yang aman

Inilah bahan alami yang paling umum digunakan sebagai pelumas bagi wanita yang mengalami iritasi karena pelumas berbahan kimia. Apalagi minyak nabati ini berkhasiat untuk pijat vulva dan menstimulasi klitoris.

Sayangnya, Bunda tidak dapat menggunakannya bersama dengan kondom berbahan lateks. Soalnya kandungan alami dalam minyak kelapa bisa merusak kondom lateks. Alhasil bisa menurunkan peluang kehamilan hingga meningkatkan resiko penularan berbagai penyakit seksual.

2. Minyak Zaitun

pelumas alami yang aman

Pasti Bunda sudah tidak asing dengan minyak zaitun, dong! Tapi siapa sangka, ternyata bahan dapur ini juga berkhasiat sebagai pelumas alami untuk berhubungan intim? Terlebih, minyak ini dapat meningkatkan kelembaban dan mengurangi sensasi gesekan. 

Namun, sama seperti minyak kelapa, Bunda juga tidak boleh mengkombinasikan minyak zaitun dengan kondom lateks. Untuk tambahan info, segera bersihkan organ intim setelah menggunakan bahan alternatif ini! Karena minyak zaitun dapat menyumbat pori-pori kulit.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memang terkenal sebagai tanaman kaya khasiat, tak terkecuali sebagai pelumas saat bercinta. Hal ini diperkuat oleh ahli farmasi, Joe Graydon yang menyatakan lidah buaya cocok diaplikasikan ke berbagai tipe kulit termasuk vagina. Terlebih tumbuhan ini bersifat lembut, anti-bakteri, dan netral.

Tapi perlu diingat Bund, pastikan Bunda dan suami menggunakan gel lidah buaya yang 100% asli tanpa tambahan apapun.

4. Nagaimo

Mungkin namanya masih terdengar asing di telinga Bunda. Namun umbi yang mudah ditemukan di Jepang, Tiongkok dan Vietnam ini juga berkhasiat sebagai lubricant alami khususnya untuk alat kelamin pria. Soalnya teksturnya licin dan berlendir, jadi bisa membantu mengurangi gesekan saat berhubungan dengan pasangan.

5. Putih Telur

Meskipun diklaim bisa digunakan sebagai pelumas alami, tapi Bunda perlu hati-hali. Dalam dunia medis, penggunanya masih menuai pro dan kontra. Mengingat bau amis yang ditimbulkan dan resiko terinfeksi bakteri salmonella.

Namun salah seorang perawat kandungan, Maureen Stephens berpendapat bahwa mengoleskan putih telur pada vagina dengan tujuan kesuburan ternyata aman dan tidak menimbulkan efek samping. 

6. Minyak Alpukat

pelumas alami yang aman

Memang minyak alpukat tak sepopuler minyak zaitun dan minyak kepala. Tapi jangan ditanya lagi soal khasiatnya sebagai lubricant alami! Minyak nabati ini bisa menstimulasi oral seks jika oleskan pada penis. Sedangkan untuk wanita, minyak zaitun bisa merangsang vulva dan klitoris.

7. Ghee

Satu lagi bahan dapur yang bisa Bunda jadikan pelumas alami, ghee. Di Indonesia, mentega yang berasal dari India ini kita kenal sebagai minyak samin. Teksturnya yang berminyak dan licin efektif melembabkan dan menenangkan area alat kelamin pria. 

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup balurkan pada permukaan kulit penis! Ssstt, pelumas alami ini paling yahud digunakan untuk oral seks, Bund!

8. Yoghurt

Memiliki tekstur yang menyerupai gel dan halus, yoghurt juga sering dijadikan lubricant alami. Tapi Bunda harus menggunakan yoghurt alami tanpa tambahan prebiotik dan pemanis buatan. Soalnya probiotik dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada vagina.

Tapi Bunda harus tahu, belum ada riset khusus mengenai bahan alami yang satu ini. Jadi jika Bunda meragukan keamanan dan khasiatnya, Bunda bisa pilih bahan alami yang lainnya.

Banyak banget kan pelumas alami yang aman untuk berhubungan intim. Jangan lupa, hentikan pemakaian jika terjadi reaksi alergi! Bila perlu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter! Selamat mencoba, Bund!

Baca Juga:

Sumber