Penulis: Vinna | Editor: Aufia

Akhir pekan atau waktu liburan, merupakan saat yang paling tepat untuk mengenalkan lingkungan sekitar ke si Kecil. Mengenalkan flora dan fauna adalah salah satu contohnya. Tak harus ke kebun raya atau kebun binatang, Bunda bisa mengenalkannya lewat alat peraga berupa gambar.

Berbicara tentang belajar hewan, ovipar merupakan salah satu jenis hewan yang bisa Bunda kenalkan ke anak. Apa itu hewan ovipar? Apa saja contohnya? Simak artikel di bawah ini Bund! Siapa tahu bisa jadi bahan untuk edukasi anak.

Pengertian Hewan Ovipar

Berdasarkan cara berkembang biaknya, hewan dibagi menjadi 3 jenis, Bund. Berikut ini penjelasannya.

  • Ovipar: hewan yang bereproduksi dengan cara bertelur.
  • Vivipar: hewan yang bereproduksi dengan cara melahirkan.
  • Ovovivipar: hewan yang bereproduksi dengan cara bertelur, tapi telurnya berkembang dan menetas di dalam tubuh betina. Biasanya disebut hewan bertelur melahirkan.

Ciri-Ciri Hewan Ovipar

Umumnya hewan ovipar memiliki ciri-ciri sebagai berikut, Bunda:

  • Tidak mempunyai kelenjar susu.
  • Tidak menyusui anaknya.
  • Embrio tumbuh dan berkembang dalam cangkang, baik cangkang keras maupun lunak.
  • Tidak mempunyai daun telinga.
  • Bertelur dalam jumlah yang banyak dan telur dikeluarkan dari tubuh induk.
  • Ada yang mengerami telurnya ada pula yang tidak.

Apa Saja Contoh Hewan Ovipar?

Beberapa jenis hewan ovipar sangat sering kita temui di lingkungan rumah. Namun, memang ada beberapa jenis yang hanya bisa kita lihat fotonya. Penasaran apa saja, ini dia

1. Aves

hewan ovipar

Aves atau burung merupakan ovipar kelas vertebrata (hewan bertulang belakang) yang jumlah spesiesnya paling banyak. Selain semua jenis burung, anggota aves lainnya adalah ayam, itik, angsa, bebek, kalkun dan pinguin. Oh iya, Bund, semua aves adalah hewan ovipar, jadi tidak ada aves yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

2. Ikan

jenis ikan cupang

Hampir semua jenis ikan juga merupakan ovipar. Uniknya hewan yang hidup di air ini bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan telur dalam satu siklus perkembangbiakan. Sayangnya tidak semua telur dapat menetas. Alasannya beragam, dari tidak sempat dibuahi hingga dimakan predator.

Nah, guna menjaga telurnya dari predator, ikan memiliki cara yang unik saat bertelur dan melindungi telurnya. Ada yang bertelur di dalam lubang galian hingga di rerimbunan tumbuhan air, namun ada juga sih yang bertelur saat berenang kesana kemari.

Ada juga lho, jenis ikan yang menyimpan telurnya di mulut. Beberapa jenis ikan ovipar yang sering kita jumpai antara lain; ikan ikan mas koki, ikan cupang, ikan koi, ikan arwana, ikan zebra dll.

3. Reptil

hewan ovipar

Tak semua reptil berkembangbiak dnegan bertelur, ada juga reptil yang tergolong ovovivipar. Reptil yang tergolong ovipar antara lain kadal, cicak, tokek, buaya, penyu, kura-kura, ular (spesies tertentu misalnya kobra, king kobra, piton, mamba, dll)

Mungkin Bunda bingung bagaimana caranya reptil yang hidup di dua alam bertelur. Nah, untuk reptil yang hidup baik di darat maupun di air (misanya kura-kura, buaya) akan menuju darat dan menggali lubang ketika akan bertelur.

4. Arthropoda

Tahukah Bunda apa itu arthropoda? Arthropoda adalah hewan invertebrata (hewan tanpa tulang belakang) yang kakinya bersendi. Atau biasanya kita sebut sebagai hewan berbuku-buku/ hewan beruas-ruas. Contoh arthropoda ovipar adalah kepiting, lobster, udang, serangga (kupu-kupu, nyamuk, kumbang, kalajengking, rayap, semut, laba-laba) dll.

5. Amfibi

Hampir semua amfibi merupakan hewan ovipar. Berbeda dengan reptil, meskipun ada amfibi yang hidup di dua alam (katak, misalnya), namun mereka bertelur di dalam air. Hal ini karena telurnya berupa telur lunak dan butuh kelembaban. Sama seperti ikan, amfibi juga bertelur dalam jumlah yang banyak, Bund!

Uniknya, amfibi berjenis katak mengalami fase metamorfosis atau daur hidup. Di mana telurnya menetas di air, fase berikutnya berupa kecebong masih hidup di air dan bernafas dengan insang. Kemudian setelah dewasa baru lebih sering hidup di daratan dan bernafas menggunakan paru-paru. Menarik kan, Bund!

Selain katak, amfibi yang termasuk dalam ovipar lainnya adalah kodok (sebenarnya sih termasuk keluarga katak juga), dan salamander.

6. Mamalia

Bunda pasti bertanya-tanya, kok mamalia berkembangbiak dengan berteur? Faktanya, memang ada mamalia ovipar, Bund! Yaitu platypus berparuh bebek dan echidna (landak semut) yang pemalu asal Australia.

Bunda, itulah ulasan tentang hewan ovipar yang lumayan lengkap. Gimana, Bunda tertarik untuk mengenalkannya ke si Kecil?

Baca Juga:

Sumber

Gramedia. Hewan Ovipar: Pengertian, Jenis, Beserta Contohnya. gramedia.com

Biology Dictionary. (2017). Oviparous – Definition and Examples. Biologydictionary.net

Study. Oviparous Animals | Characteristics & Examples. study.com