Penulis: Putri Arya | Editor: Aufia

Tahukah Bunda, segala sesuatu di bumi termasuk dalam kategori materi yang selanjutnya bisa didefinisikan sebagai zat yang menempati ruang dan memiliki massa. Materi sendiri dapat digolongkan ke dalam tiga wujud yaitu cair, padat, dan gas. Selain itu, materi atau zat ini diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu zat tunggal dan zat campuran.

Lalu apa itu pengertian zat tunggal dan zat campuran? Apa saja contoh zat tunggal dan zat campuran dalam kehidupan sehari-hari? Simak uraiannya berikut ini yuk, Bund!

Pengertian Zat Tunggal

pengertian contoh zat tunggal dan campuran

Zat tunggal atau zat murni merupakan zat yang hanya terdiri dari satu jenis partikel dan memiliki struktur tetap atau konstan. Zat tunggal diklasifikasikan lebih lanjut sebagai unsur dan senyawa. Misalnya oksigen, zat tunggal yang tidak berwarna dan tidak berbau.

1. Unsur

Tahukah Bunda apa itu unsur? Unsur merupakan zat yang hanya terdiri dari satu jenis atom. Unsur termasuk dalam zat tunggal atau murni karena tidak dapat dipecah atau diubah menjadi zat baru, atau bahkan dengan menggunakan cara fisik maupun kimia. Sebagian besar benda yang termasuk unsur adalah logam, non-logam atau metaloid.

2. Senyawa

pengertian contoh zat tunggal dan campuran

Senyawa juga merupakan zat tunggal ketika dua atau lebih elemen digabungkan secara kimia dalam rasio tetap. Namun zat-zat ini dapat dipecah menjadi unsur-unsur yang terpisah dengan metode kimia.

Berdasarkan awal mula pembentukannya, senyawa dibagi menjadi dua yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik. Senyawa organik berasal dari makhluk hidup dan beberapa merupakan buatan. Sedangkan senyawa anorganik berasal dari mineral atau bebatuan.

Karakteristik Zat Tunggal

Sebuah benda dapat dikatakan zat tunggal jika telah memenuhi sejumlah karakteristik berikut ini:

    • Sebagian besar zat tunggal bersifat homogen yang hanya mengandung satu jenis atom atau molekul.
    • Zat tunggal memiliki komposisi yang konstan atau seragam di seluruh bagiannya.
    • Biasanya ikut serta dalam reaksi kimia untuk membentuk produk yang bisa diprediksi.
    • Zat tunggal memiliki titik didih dan titik leleh yang tetap.

Contoh Zat Tunggal

pengertian contoh zat tunggal dan campuran

Sesuatu yang merupakan zat tunggal dapat Bunda temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian besar unsur adalah zat tunggal. Beberapa contoh zat tunggal di antaranya sebagai berikut ini:

    • Emas dan berlian, termasuk cincin, kalung, dan gelang
    • Tembaga yang biasanya terdapat pada kabel listrik
    • Oksigen, gas yang dibutuhkan manusia untuk bernapas
    • Klorin, bahan pemutih pakaian
    • Senyawa garam atau Kristal dan soda kue

Lalu, apa Pengertian dan Contoh Zat Campuran?

Zat campuran merupakan suatu zat yang tidak murni dan terdiri dari beberapa jenis elemen yang digabungkan baik secara fisika maupun kimia. Secara sederhana, zat campuran adalah zat tidak murni yang mengandung dua atau lebih zat kimia. Zat campuran dibagi menjadi 2 yaitu zat campuran homogen dan heterogen.

Zat campuran homogen disebut juga dengan larutan, secara komparatif tidak berubah dalam konfigurasi atau konstan. Misalnya jika Bunda mencairkan gula dengan air dan mencampurnya hingga gula larut dalam air.

Sedangkan zat campuran heterogen memiliki konfigurasi yang bervariasi dari satu tempat ke tempat lain dalam sampel. Misalnya jika Bunda meletakkan sedikit gula dalam wadah, lalu menambahkan sedikit pasir dan mengaduknya beberapa kali. Artinya, campuran ini tidak mempunyai konfigurasi yang sama dalam satu wadah.

Perbedaan Zat Tunggal dan Zat Campuran

Zat tunggal dan zat campuran memiliki sejumlah perbedaan yang dapat terlihat dengan jelas. Zat tunggal tidak dapat dipecah atau dipisahkan menjadi produk baru. Sedangkan zat campuran dapat dipisahkan dengan metode pemisahan yang berbeda.

Perbedaan selanjutnya adalah dari sifat fisik dan kimia zat tunggal adalah konstan. Sementara zat campuran memiliki sifat fisika dan kimia yang berbeda-beda. Perbedaan terakhir yaitu zat tunggal hanya terdiri dari satu unsur. Sedangkan zat campuran merupakan gabungan dari dua zat atau unsur.

Baca Juga:

Sumber