Penulis: Farichatul | Editor: Aufia

Pengucapan ‘Tabarakallah‘ mungkin udah akrab di telinga Bunda di kehidupan sehari-hari. Biasanya pengucapannya adalah MasyaAllah lalu diikuti Tabarakallah. Tapi tahukah Bunda apa arti dari ‘Tabarakallah‘?

Nah, supaya tidak salah pengucapan Catatan Bunda merangkum informasi mengenai arti dan cara penggunaan ‘Tabarakallah‘. Langsung simak. yuk Bund!

puasa tasua dan asyura

Arti dari Tabarakallah

Secara harfiah, arti Tabarakallah adalah ‘Semoga Allah Memberkahi’. Arti ini mirip dengan arti MasyaAllah yaitu ‘apa yang dikehendaki Allah’. Tabarakallah adalah frasa bahasa Arab umum yang digunakan oleh umat muslim untuk menunjukkan rasa takjub atau apresiasi atas apa pun yang luar biasa Bunda temukan atau keindahan yang ada di dunia. 

Tapi ternyata, Bund, banyak loh orang yang keliru memakai frasa ini untuk pujian ketika merasa takjub terhadap sesuatu. Menurut sunnah Rasulullah, mengucapkan kata Tabarakallah adalah keliru. Seharusnya Bunda mengucapkan Barakallah saat Bunda ingin mendoakan seseorang.

Barakallah berasal dari bahasa Arab yang artinya ‘semoga Allah melimpahkan berkah’. Biasanya, Barakallah diucapkan saat Bunda ingin mendoakan seseorang agar Bunda diberikan tambahan kebaikan.

Setelah Bunda mendapat doa ini, jawaban yang bisa diberikan Bunda boleh dengan doa yang sama atau bisa juga doa lain. Atau biasanya  memberikan jawaban yaitu ‘wafikum barakallah’ yang berarti, ‘semoga Allah memberikan berkah kepada kalian juga’.

Rasulullah bersabda sebagai berikut:

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ، فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ، فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

Artinya: “Barangsiapapun orang yang berbuat kebaikan kepada kalian, maka balaslah orang itu. Jika kalian tidak mendapati barang sesuatu apa pun itu yang dapat digunakan kalian untuk membalas orang itu, maka doakanlah orang itu sampai kalian melihat bahwa kalian itu sudah membalas orang itu.” (HR. Abu Dawud).

Peletakan Tabarakallah dan MasyaAllah

Arti kedua frasa ini sangat mirip nih, Bund. Bunda dapat menggunakan kedua frasa ini secara bergantian ketika Bunda melihat sesuatu yang indah dan ingin mengungkapkan apresiasi untuk itu. Untuk lebih jelasnya Bunda bisa lihat contoh penggunaan kedua frasa tersebut di bawah ini.

  • Tidak ada kegembiraan yang lebih baik daripada seorang gadis kecil yang manis sebagai anak perempuanmu di dunia ini. Anak perempuanku adalah hal terbaik dalam hidupku … MasyaAllah Tabarakallah.
  • Dia cantik … Tabarakallah.
  • MasyaAllah … keponakanku yang manis, Salman. Semoga Allah memberkati dia dengan senyum ini sepanjang hidupnya.
  • Tabarakallah MasyaAllah … semoga Allah meridhoi usahamu, memberimu suami, anak-anak, dan pekerjaan yang baik.
  • Beberapa orang baik-baik saja … Tabarakallah
  • MasyaAllah … tugas saya mendapatkan nilai yang bagus meskipun nilainya tidak terlalu bagus tapi tetap bagus.

Lafal Tabarakallah di dalam Al-Qur’an

  • Surat Al A’raf Ayat 54

تَبَارَكَ ٱللَّهُ رَبُّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Tabārakallāhu rabbul-‘ālamīn

Artinya: “Maha Suci Allah, Tuhan pemilik seluruh alam.”

  • Surat Al Furqan Ayat 1

تَبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَـٰلَمِينَ نَذِيرًا

Tabārakallażī nazzalal-furqāna ‘alā ‘abdihī liyakụna lil-‘ālamīna nażīrā

Artinya: “Maha Suci Allah yang telah menurunkan Furqan (Al Qur’an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia itu menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam ini (jin dan manusia).”

  • Surat Ar Rahman Ayat 78

تَبَـٰرَكَ ٱسْمُ رَبِّكَ ذِى ٱلْجَلَـٰلِ وَٱلْإِكْرَامِ

Tabārakasmu rabbika żil-jalāli wal-ikrām

Artinya: “Maha Suci nama Tuhanmu Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Demikianlah informasi mengenai arti dan cara penggunaan Tabarakallah. Dengan ini, semoga Bunda menggunakan ucapan Tabarakallah dengan benar dan tepat ya.

Baca Juga:

Sumber

My Islam. TABARAKALLAH MEANING. myislam.org

Islam Pos. (2021). Apa Arti Kata Tabarakallah?. Islampos.com

Love Inshallah. (2021). The Meaning of Tabarakallah (تَبَارَكَ اللَّهُ). loveinshallah.com