Penulis: Irma | Editor: Handa

Usia kanak-kanak memang menjadi masa emas pertumbuhan manusia. Anak kecil belum mempunyai dosa dan suci. Selain itu, anak-anak juga cenderung lebih penasaran terhadap hal-hal disekitarnya. Pepatah lebih cepat lebih baik juga berlaku dalam menuntut ilmu. Jika belajar membaca Al Quran sedari kecil diterapkan, anak-anak diharapkan bisa membawanya hingga dewasa kelak.

Surat Al Mulk yang memiliki arti kekuasaan, berada di urutan surat ke 67 dalam Al Quran. Jumlah ayatnya terdiri 30 ayat. Sebagai pembuka dari juz ke 29, Surat Al Mulk tergolong surat penyelamat atau nama lainnya munjiyat. Ada beberapa surat penyelamat yang lain, seperti Al Waqiah, Ar Rahman, Al Kahfi, Al Fath, Al Sajdah, dan Surat Yasin.

Ayat-ayat yang terdapat dalam Al Quran merupakan petunjuk dan penerang umat muslim, termasuk Surat Al Mulk. Anak-anak juga bisa mulai diajarkan membaca surat Al Mulk atau mendengarkannya terlebih dahulu. Apalagi surat Al Mulk termasuk surat yang tergolong pendek, sehingga bisa dengan mudah diajarkan pada anak setiap harinya. Beberapa khasiat surat A Mulk, antara lain:

1. Menghapus dosa-dosa

Seperti di riwayatkan Abu Hurairoh, Nabi Muhammad S.AW. bersabda tentang surat Al Mulk: “Dalam Kitabullah (Kitabnya umat muslim) terdapat sebuah surah yang yang berisi 30 ayat. Siapa yang membacanya akan diberikan syafaat baik hingga pembacanya akan diampuni dosa-dosa yang dimiliki. Surat tersebut adalah Surat Al Mulk.”

Bunda bisa mengajari si kecil sejak dini bahwa dosa dapat diampuni dengan beragam cara. Salah satunya dengan mengamalkan dan membaca surat Al Mulk.

2. Menuntun Manusia Menjadi Makhluk yang Bertawakal

Tawakal sendiri memiliki arti menyerahkan diri kepada Allah S.W.T. Penyandaran diri ini dilakukan setelah berusaha dengan keyakinan bahwa kuasa seluruhnya berada pada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan betawakal hati bisa menjadi tentram.

Mengamalkannya untuk si kecil bisa menjadi media edukasi Bunda bahwa setelah berusaha kita perlu berserah diri kepada Tuhan semesta alam, Allah S.W.T.

3. Terhindar dari siksa ketika di alam kubur kelak

Di katakan oleh HR Abdulloh bin Mas’ ud seperti di bawah ini: “Manusia penghuni bumi yang bersedia membaca dan mengamalkan surat berjumlah 30 ayat yakni surah bernama Al Mulk setiap malam hari, akan Allah S.W.T hindarkan dari siksa kubur. Pada waktu terdahulu para sahabat Nabi Muhammad ketika masih hidup menyebutna dengan Al Mani’ah yang artinya penghalang. Surat Al Mulk terdapat dalam Al Quran, siapapun yang membaca ditiap malanya, orang itu sudah berbuat banyak kebaikan.”

4. Membela Umat Islam agar Umatnya Masuk Surga

Masuk surga merupakan balasan dari amalan-amalan baik yang dikerjakan di dunia. Salah satunya adalah dengan mengamalkan surat Al Mulk ini.

Dari Hadis Riwayat Thabrani mengatakan bahwa: “Dalam Kitab Suci umat Islam (Al Quran) ada surat yang sekiranya memiliki jumlah sebanyak 30 ayat. Surat itulah yang mampu membela barangsiapa yang membacanya. Sehingga balasannya adalah surga. Surat yang dimaksud adalah surat tabarak.”

5. Menjauhkan dari Kegiatan Maksiat

Pada surat Al Mulk dijelaskan jika menurut Allah S.W.T, orang yang benar-benar taat pada ajaran Nya adalah orang yang tetap memelihara kegiatannya. Meskipun tidak ada orang yang melihat.

Seperti yang dijabarkan pada ayat ke 12 dalam surat Al Mul yakni, “Umatnya memiliki rasa takit pada Allah S.W.T dalam kesunyian saat mereka tidak terlihat dihadapan sesama manusia. Umatnya taat pada Allah S.W.T termasuk dalam situasi yang sembunyi. Sedang dalam suasana terang-terangan, tentu umatnya akan lebih taat lagi.”

Sebagai informasi tambahan untuk Bunda, dalam sebuah hadis yang dikatakan bahwa Nabi Muhammad S.A.W senantiasa membaca surat Al-Mulk setiap hendak terlelap tidur. Pada tradisi yang lain dijelaskan jika Al-Mulk dibaca sebelum tidur, maka malaikat akan menjaganya hingga terbangun di pagi hari.

Baca juga: